Kuliner Berastagi : Cicipi Wajik & Pecal Peceren


Kuliner Berastagi

Pernah ke kota Medan? Tentu pernah mendengar nama kota Berastagi bukan? Ya, kalau di Jakarta, Ibaratkan kota Bogornya deh. Atau kawasan puncak. Karena, kota Berastagi itu sama seperti Puncak Bogor. Berada di dataran tinggi dan berhawa dingin. Jika dari kota Medan, dibutuhkan waktu sekitar 1 - 2 jam menuju Berastagi. Karena terkadang jalan menuju kota objek wisata tersebut cukup padat.

Berastagi juga terkenal dengan kota kembang atau bunga. Karena disana banyak tumbuh bunga-bunga cantik beraneka warna. Juga buah-buahan dan sayur-sayuran. Siapa yang tidak kenal buah markisa? Asalnya kan juga dari Berastagi. Pokoknya Kota Berastagi itu T.O.P B.G.T deh...

Selain terkenal dengan buah, sayur dan bunga-bungaan, Berastagi juga terkenal dengan aneka kulinernya. Kota Berastagi yang kendal dengan budaya Karo-nya (Karena penduduknya banyak bersuku Karo dan Batak) Ya, kuliner khas Batak Karo akan banyak dijumpai disana. Yang paling terkenal adalah Ikan mas Arsik. Ini makanan khas disini (Meski di Tanah Batak juga ada ikan mas  Arsik-nya). Tapi, disamping ikan Mas Arsik, kalau mau ke Berastagi, Anda juga wajib mencicipi kuliner-kuliner lainnya seperti Wajik dan Pecal. 

Kuliner berastagi


WHAT??

Emang Pecal dan Wajik khas Karo??

Ya, gue juga tidak tahu asal muasal kenapa wajik dan pecal itu begitu terkenal di Kota Berastagi.

Yang jelas, makanan ini sangat kondang disini. Orang-orang yang ingin berkunjung ke Berastagi, biasanya pasti menyempatkan diri untuk singgah dan mencicipi makanan WAJIK dan PECAL yang ada di kedai atau warung Peceren. Banyak yang bilang, wajik dan pecal berasal dari tanah Jawa. Tapi, gue tidak mau berdebat asal muasal makanan ini. Yang jelas,Wajik Peceren sudah sangat melegenda di kota Berastagi.  Kalau hendak ke Berastagi, Anda akan menjumpai warung Wajik dan Pecal Peceren ini, karena berada dipinggir jalan utama menuju kota Berastagi. Tepatnya persis di depan Hotel Green Garden Berastagi. 

Tidak hanya wajik dan pecal yang Anda jumpai disini, aneka jenis kue-kue basah yang dibuat lagsung dan disuguhkan dalam keadaan hangat pun ada disini. 

Menikmati makanan ini dengan udara yang mulai menusuk tulang tentu sangat nikmat. Apalagi jika Anda mmesan kopi susu khas Tanah Karo.  Selain kopi susu, Teh manis susu pun bisa Anda pesan disini. Kalau mau minuman yang segar-segar, jangan ragu memesan jus terong belanda yang benar-benar asli diolah ditempatnya. Terong belanda yang merupakan salah satu buah yang berasal dari kota Berastagi, tentu sangat mudah mendapatkannya. Maka, disini pun Anda bisa memesan Jus terong belanda yang segar. 

Warung peceren Berastagi



Wajik Peceren


Pecel peceren berastagi


Tahu bumbu

Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

Cerita tentang Seorang Ibu Tukang Pijat di Atas Kereta