3 B = BUNAKEN-BOULEVARD-BUBUR MANADO




Ada tiga ITEM yang konon katanya wajib dicicipi saat berada di Manado. istilah 3B tidak hanya berlaku diajang kontes kecantikan yang berarti  Brain-Beauty-Behaviour. Tapi beda dengan Manado yang memakai istilah itu juga. 3B itu berarti Bubur Manado-Bunaken dan Boulevard. meski ada satu B yang sering diplesetkan dari BUBUR menjadi BIBIR Manado. alias kalo nggak mencicipi bibir cewek manado kurang klop katanya... Benar kah..??

setelah berada di Manado, gue pun mulai beradventure ria kesegala aspek kehidupan, kuliner hingga alamnya. mulai dari menikmati tradisi Hari Minggu yang wajib libur dari segala aktivitas dan diganti dengan aktivitas beribadah. Maklum, manado juga terkenal dengan KOTA SERIBU GEREJA.  Kemuidan, gue mencoba mencicipi BUBUR MANADO yang bener-bener YUMMY. Meski bubur buatan sodara sendiri, namun soal rasa nggak kala 'endes' dari bubur-bubur yang ada di rumah makan. bahkan jauh lebih NENDANG soal rasa. maklum, diracik dari tangan manado asli.  untuk satu piring nggak cukup deh..!!!

Usai makan bubur, gue juga mencoba menikmati sensasi B kedua yaitu Boulevard. menjelang sore, saat matahari mulai membenamkan diri, sambil makan bakso di pinggir jalan Bulevard. detik-detik menjelang matahari terbenam juga membuat gue terpesona. Ternyata nggak kalah dengan SUNSET di Kuta Bali. kamera gue pun tidak mau ketinggalan mengabadikan momen demi momen Sunset di Boulevard. Hmmm...... Awesome!

Kemudian, satu B yang wajib harus kudu dikunjungi adalah BUNAKEN. kebetulan sodara gue menyediakan akses kapal cepat menuju Bunaken, sehingga tanpa perlu ngantri dan duduk berlama-lama di dok kapal, gue bisa menikmati indahnya  wisata alam bawah laut Bunaken. Berangkat dari BARRACUDA Resort ke Bunaken hanya butuh waktu 20 hingg 25 menit saja. maka, gue bisa bercebur-cebur ditengah laut (tetep dikawal sama pemandunya).  Tapi, pemandangan yang menyedihkan saat ditengah laut, gue melihat begitu BANYAK SAMPAH gentayangan dipermukaan laut. jelas itu sampah pengunjung BUNAKEN yang seenak UDELnya membuang sampah dilaut (kalo ada gue bisa gue benamkan tuh orang yang buang sampah sembarangan). Selain itu, saat gue mencoba SNORKELING, pemandangan bawah laut nan indah juga banyak yang memprihantinkan. banyak terumbukarang yang rusak, patah akibat terlalu sering diinjak pengunjung wisata bawah laut ini.  kurangnya kesadaran akan MENJAGA KELESTARIAN ALAM  bawah laut membuat lambat laun wisata alam BUNAKEN akan ditinggalkan peminatnya. 

Kenapa begitu sulit menjaga keindahan yang sudah diberikan TUHAN...????


Menikmati pemandangan bawah laut BUNAKEN

Melahap sajian makanan'khas' BUBUR MANADO atau TINUTUAN

Menikmati indahnya suguhan SUNSET diseputaran kawasan Bulevard

Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

Cerita tentang Seorang Ibu Tukang Pijat di Atas Kereta