Kuliner Manado : NASI JAHA Yang Bikin Nagih

Nasijaha Kuliner Khas Manado

Seperti biasa, setiap akhir tahun gue pasti memilih traveling ke beberapa kota atau negara untuk merayakan pergantian tahun. Untuk tutup tahun kali ini, gue memilih pergi ke Manado. kebetulan gue punya saudara yang tinggal di Tondano. Ya, kakak gue menikah dengan orang Manado, dan mereka pun tinggal disana. 


Kesempatan untuk berkujung disambut gembira oleh kakak, suami dan anak-anaknya. Seperti biasa, kalau sudah berkumpul, kami akan menghabiskan hari-hari libur dengan mengisi berbagai kegiatan. Mulai dari menjelajahi tempat-tempat wisata, hingga menjejal kuliner khas manado. Aneka jenis makanan kha Manado gue suka. Entah kenapa lidah gue begitu akrab dengan makanan Manado. Anda bisa menyebutkan jenis-jenis makanan Manado, pasti gue suka. Kecuali makan Babi, Anjng dan hewan-hewan piaraan lainnya. Gue mengharamkan memakan daging Anjing karena bagi gue Anjing bukan untuk di makan tapi untuk dipelihara. Sedangkan babi, gue tidak bisa makan karena alergi. 


Salah satu makanan kesukaan gue selama di Manado adalah NASI JAHA. Meski sepintas seperti LEMANG khas Sumatra, Tapi NASI JAHA punya khas sendiri. Nasi Jaha terbuat dari Ketan dan santan, kemudian dimasak di dalam bambu yang dipanggang di atas kayu bakar. 

Untuk menyambut Natal dan Tahun Baru, Kakak dan suaminya memasak Nasi Jaha di halaman rumah mereka yang luas. Karena penasaran, gue pun ikut nimbrung melihat dan membantu proses pembuatan Nasi Jaha. 


Mau Tahu Resep Nasi jaha?  Berikut Resep yang diberikan kakak gue untuk bisa di praktekkan di rumah. 

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah, Kukus ketan dan beras selama beberapa menit. Dianjurkan tidak lebih dari 10 menit.  Selama ketan di kukus, And ajuga bisa mengerjakan bumbu lain untuk dicambur dengan ketan nanti. Santan, bumbu masak yangs udah dihaluskan , daun pandan, serai, daun jeruk diaduk-aduk sampai merata dan jangan sampai santannya pecah. Selanjutnya, tuangkan santan ke dalam campuran beras tadi. Aduk kembali hingga rata lalu kukus hingga matang.

TIPS MEMBUAT NASI JAHA

1. Ambil selembar daun pisang, taruh bahan-bahan adonan yang sudah dicampurkan  ke dalamnya, gulung sambil dipadat

2. Setelah padat, masukkan adonan ke dalam bambu, Kemudian bakar di atas bara sampai matang.

3. Jangan lupa babu beriki Nasi Jaha di bolak balik di atas bara agar matangnya merata.

4. Tunggu hingga 30 hingga 1 jam sampai bambu terliahat menggosong, pertanda nasi jaha di dalamnya juga ikut matang. 

5. Kalau sudah matang, Nasi Jaha diangkat, tunggu sampai dingin. 

6. Nasi Jaha siap dihidangkan....

Selamat menikmati.....



Nasijaha Manado


Nasijaha Manado


Nasijaha Manado

Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

Cerita tentang Seorang Ibu Tukang Pijat di Atas Kereta