JAJANAN TRADISIONAL ala KARIMUNJAWA

Pembeli dan Pedagang 
Apa yang kamu lakukan jika sedang traveling ke seuatu kota atau desa atau bahkan negara yang belum pernah kamu kunjungi? apakah hanya menikmati pemandangan dan suasanan kota/desa atau negara itu saja? sambil berdecak kagum dan mengabadikan diri kamu dengan background dimana kamu sekarang berada. kemudian memposting dan membeberkan akan keindahan tempat yang sedang kamu kunjungi itu...???

Kalo menurut gue itu hal yang BASI dan nggak KREATIF. Karena untuk sekedar mengagumi keindahan dan mengabadikannya saja, mungki ratusan majalah, situs traveling bahkan blog-blog pribadi sudah 'gentayangan' membeberkan keindahan tempat yang kamu kungjungi itu. so, nothing special rite..???
Untuk itu, coba mencari sensasi lain dan beda dari sensasi-sensasi yang sudah dilakukan para traveler. terserah elo deh, mau mencari sensasi dari sudut pandang apa yang ingin kamu kulik.  mau soal kebiasaan, tradisi, makanan, budaya, religi atau mahkan hal-hal yang berbau mistis sekalipun. sejauh rasa penasaran kamu bisa terobati dan bisa menambah wawasan kamu...

Begitu juga dengan gue. setiap melakukan TRIP kemana saja, yang selalu gue cari adalah 'apa yang beda' meski sebenarnya sama. apa yang unik dan apa yang menurut elo bisa dijadikan bahan cerita di blog kamu atau bahkan cerita ke teman-teman kamu. tidak hanya sebatas keindahan semata.   

Seperti pagi itu, sebelum bergegas meninggalkan karimunjawa, gue menyempatkan diri 'mengider' kota Karimun yang sebenarnya sangat kecil itu. di pagi itu gue melihat seorang nenek tua sedang asyik menjajakan dagangannya.  Melayani pembeli yang sudah pasti saling kenal satu sama lain. (secara kotanya kecil bangettttt..!!). 
rasa penasaran gue membuat gue menyamperin si nenek yang sedang asyik 'meracik' cemilan yang menjadi dagangan khasnya. gue amati dengan seksama (dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya...) cemilan apa gerangan yang dijual si nenek.
"Jual apa ini nek..?"
"jajanan khas disini.."
"Apa namanya...?"
"Hmmm... apa ya..? seperti lupis yang terbuat dari ketan gitu.."
"Oooooo..."

Gue perhatikan ketan yang  dilapisi daun pisang  mirip LONTONG. Kemudian ada juga ketan berwarna kuning. gue pikir itu kue yang terbuat dari tepung...sangkin penasarannya, gue sempat mengabadikan ketan kuning tersebut melalui kamera Blackberry gue dan gue kirim foto ketan kuning tersebut ke teman di Jakarta sebagai bahan tebak-tebakan..."makanan apakah ini..??

"Kalo yang kuning ini apa nek..?"
"Ketan juga. tapi dicamur kunyit sehingga berwarna kuning?"
"Hmmm.... tapi rasanya sama juga..?"
"Iya..."

Setelah bertanya-tanya (maklum cuy..mantan wartawan..naluri bertanyanya selalu aja nongol..!) kemudian gue pun penasaran soal rasa. gue pengen mencicipi seperti apa sih ketan ala Karimunjawa ini..?

"Berapa sebungkus nek..?"
"Cuma 2000 saja.."
  
Berhubung gue berdua sama teman akhirnya gue pesan dua bungkus saja.  duit 5000 menjadi taruhannya. tanpa kembalian karena menurut gue masih tergolong MURAH..!!!
nyampe di Home Stay, cemilan itu gue makan bersama teman-teman di Home stay. dan ternyata rasanya sama seperti LUPIS yang dilumurin gula aren cair dan kelapa parut. rasanya juga NYUMMY kok... 

Meski kata si nenek cemilan itu menjadi makanan khas di Karimun,  di beberapa daerah juga gue pernah menemukan makananyang sama. hanya saja beda kemasan. tapi tidak ada salahnya kita mencoba bukan? agar kita juga tau seperti apa makanan tersebut..

So, setiap melakukan TRIP kemana saja.. silahkan mencoba sensasi jajanan ala daerah setempat, agar kamu juga bisa menikmati sensasi yang serupa tapi tak sama...
    

Pembeli dengan sabar menunggu si pedagang membungkus pesanannya

Cemilan ci bungkus daun pisang dan ditusuk pake pincuk (lidi)

Ambil lahhh....!!

Meski berjualan di jalan SUDIRMAN Karimun. tapi jangan harap lalu lintas macet ya.... sepiii

Sudah berpuluh-puluh tahun si nenek mengabdi pada dagangannya... saluttt!!

Bongkahan ketan kuning... NIKMAT Benerrr..!!

Gula aren cair di dalam periuk kecil

Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....