CAO DAI TEMPLE --->Ho Chi Minh


Hari ketiga di HCMC planning gue dan teman-teman ikut paket tour 'half day' ke beberapa lokasi yang sama sekali belum pernah gue bayangkan. Cao Dai Temple dan  Cu Chi  Tunnel. Meski pernah beberapa kali melihat di majalah tapi belum bisa membayangkan kalo kaki gue belum sah menginjakkan kawasan tersebut.
bersama rombongan bule-bule kita naek mobil mini fan 10 orang (hanya gue dan 2 teman yang turis asia) ..sasaran pertama adalah ke CAO DAI TEMPLE di Tay Ninh, sekitar 100 km dari HCMC. dari kejauhan gue sudah terpesona melihat bangunan penuh warna itu. di atas bangunan bertingkat tersebut ada patung Budha dan juga Sapi yang menjadi simbol keagamaan. Cao Dai adalah  Tempat ibadah dari CAODAISM yang merupakan kepercayaan syncretism. Artinya, kepercayaan yang menggabungkan unsur-unsur agama besar di dunia. ya, seperti Agama Budha, Hindu, Kristen, Islam, konfusius dan agama lain yang ada di dunia. Cukup UNIK bukan? sebuah tempat ibadah yang bisa berbaur dari agama satu dengan yang lain...

Kalo sempat terjadi di negara kita, wah bisa-bisa pasukan PEMBUAT ONAR langsung mengobrak-abrik tuh gedung dan menganggap HARAM, KAFIR dll dll..seharusnya kita belajar dari sini, bahwa kita NGGAK USAH terlalu HEBOH atau sibuk Ngurus kepercayaan orang lain dan menganggap kepercayaan yang kita anut lebih baik dari keprcayaan orang lain. mending ambil hikmah dari KERUKUNAN beragama.... That's It...!!!!

Ketika gue masuk ke dalam kuil yang sangat colourful tersebut, di depan pintu sudah dismabut dua orang pria berseragam putih-putih. meski tidak bisa berbahasa Inggris, namun sikap ramah mereka sudah memiliki arti yang dalam...
MAta gue langsung terperangah melihat ada beberapa patung tokoh agama yang dipercaya. patung-patung tersebut besanding berdampingan melambangkan kerukunan.. (awesome...!!)

Tepat pukul 12 siang, mereka melakukan ibadah yang menurut gue sangat unik. ibadahnya juga menggabungkan lima kepercayaan agama yang ada. mereka menjalankan ibadahnya sangat khusuk, kita boleh menyaksikan mereka beribada dengan catatan harus hening!

Hmmm...cukup menarik bukan...!!
satu hal, penganut aliran Cao Dai sangat ramah dan berfikiran positif. karena mereka sangat percaya KARMA!




Cao Dai Temple


Cao Dai Temple..

Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....