TIPS MENGUNJUNGI CUCHI TUNNEL

foto saat di cuchi tunnel, Vietnam




Selesai wisata religi ke Cao Dai Temple, kami melanjutkan  perjalanan tour ke kawasan Cuchi Tunnel yang berjarak sekitar 90 menit  setelah dari Cao Dai. Perjalanan terasa membosankan karena supir mengemudi mobil dengan kecepatan lambat. Jarak tempuh yang seharusnya bisa ditempuh dengan waktu 30 menit membengkak menjadi dua kali lipatnya.

Akhirnya kami tiba di sebuah perkebunan yang menjadi lokasi Cuchi Tunnel. Sebelum masuk ke dalam, kami harus membeli tiket masuk sebesar 60.000 Dong. Kemudian bersama tour leader kami mulai menjelajahi kawasan perkebunan yang memiliki terowongan dengan panjangnya sekitar 200 km. terowongan tersebut digunakan untuk penampungan gerilya selama perang tentara Vietnam yang disebut Vietkong dengan Tentara Amerika. Kono katanya terowongan ini tembus sampai Kamboja.  

Terowongan-terowongan ini dibangun saling terhubung satu dan yang lainnya, serta memiliki bunker untuk perawatan kesehatan tentara yang terkena serangan senjata, memasak untuk komsumsi tentara, juga tersedia ruangan untuk makan dan ruang pertemuan.

Rasa penasaran membuat saya nekad masuk ke dalam terowongan yang cukup sempit itu. Udara dingin lembab dan pengap mulai terasa. Meski ada sistem sirkulasi udara agar jaman itu tentara yang berada di dalam terowongan tidak kehabisan oksigen. Dan juga saat memasak makanan, tentara juga membuat lubang udara untuk mengeluarkan asap dari torowongan dengan cara menyamarkan lubang asap dengan tempat pembakaran sampah. Konon katanya tentara Amerika sangat takut memasuki kawasan ini karena begitu banyak ranjau-ranjau jebakan.

Selain terowongan bawah tanah, juga ada beberapa jebakan-jebakan yang mematikan musuh. Jika terkena ranjau tersebut maka tentara Amerika langsung tewas seketika akibat terkena jebakan yang terbuat dari besi runcing menyerupai bambu runcing. Besi-besi runcing tersebut dibuat dari sisa-sisa bahan peledak bom yang tidak berfungsi, maka bahan dasarnya yang sebgian terbuat dari besi padat diolah kembali menjadi besi runcing. Kemudian besi runcing tersebut dibuat dilubang yang menjadi perangkap untuk musuh.

Selama satu jam lebih berada di Cuchi Tunnel dan mencoba masuk ke dalam terowongan bawah tanah, saya dapat merasakan bagaimana sengitnya pertempuran antara tentara Vietnam dan Amerika kala itu. Melihat sisa-sisa peninggalan jaman perang saja bulu kuduk bisa berdiri. Karena kala itu tidak ada artinya nyawa. Yang ada bagaimana caranya bisa memerdekakan Vietnam dari penjajahan Amerika.

Ya, jika berkunjung ke Vietnam, Cuchi Tunnel wajib untuk ditelusuri, agar kita bisa memahami bagaimana pahitnya peperangan itu. Hanya saja, yang saya herankan, kenapa tempat-tempat bersejarah di Indonesia tidak dibuat seperti Cuchi Tunnel? Bisa menjadi objek wisata yang memiliki unsur edutaiment yang besar.

Tanpa terasa liburan saya ke negara Ho Chi Minh berakhir dan saya begitu menikmati negara ini. seluk beluk wisatanya yang begitu beragam, juga makanan yang begitu nikmat dan pas dilidah membuat saya tidak resah mencari makanan.

TIPS MENGUNJUNGI CUCHI TUNNEL

1. Berhubung lokasinya berada di sebuah perkebunan outdoor, sebaiknya kenakan pakaian yang menyerap keringat (kaos, hotpans, celana pendek  atau pakai yang simple-simple saja). Percaya deh, Anda pasti akan kepanasan dan berkeringat. 



2. Pakai sandal jauh lebih baik ketimbang sepatu. Kalaupun memakai sepatu, sebaiknya pakai yang sneackers atau kets. jangan sepatu boots atau yang ber sol tebal. 



3. Jangan bawa barang yang berat-berat, seperti tas yang berisi perlengkapan trip. Sebaiknya tas backpack anda di titip di dalam mobil atau bila perlu saat berangkat dari penginapan, bawa saja tas kecil berisi "senjata" untuk hape dan kamera. Alias charger dan batere.



4. Meski saat tour ke Cuchi akan dikasih minuman, itu akan diberikan saat tour usai. Sebaiknya bawa minuman sebelum menjelajahi Cuchi. meski disana juga ada yang menjual minuman. Tapi, membawa minuman juga menghemat pengeluaran bukan?



5. Bawa perlengkapan untuk foto, seperti kamera atau hape dengan resolusi kamera yang tinggi. Jangan lupa bawa cahrger atau power bank. 



6. Ada baiknya Anda berkenalan dengan grup (dadakan) yang satu mobil dengan Anda saat ke Cuchi Tunner, dengan demikian teman Anda di luar negeri semakin banyak. Saling bertukar informasi jauh lebih baik ketimbang saling diam-diaman. 




Berani menerima tantangan????


terowongan yang wajib dimasuki...sensasinya maha dahsyat


patung2 menyerupai tentanga vietkong


me, liza, glen dan vietkong


naik Tank


sumpah...di dalam rada-rada serem juga.....


me n Liza


foto di lokasi cuchi tunnel, Vietnam

Comments

Popular posts from this blog

10 Pantai Indah Yang Wajib diKunjungi Saat Ke Sulawesi Selatan

TERNYATA PIJAT ++