Gunung Lokon Meletus (lagi)

Gunung Lokon dan Asap Tebalnya
Ini kali kedua gue melakukan trip ke Manado (tepatnya Tondano). yang pertama di pertengahan Juli 2011 lalu, kemudian sekarang ini (sejak 23 Desember sampe 05 Januari 2012 nanti). saat kedatangan pertama ke Tondano, gue disambut dengan bergemanya berita gunung Lokon meletus. pada saat itu kabut, asap dan debu tebal terlihat sangat jelas di kediaman keluarga di Tondano. bahkan parahnya lagi, debu vulkanik juga mengotori semua kaca rumah, mobil dan lantai.
pemberitaan di tv juga tidak henti-hentinya melakukan live report dari lokasi kejadian dengan 'adegan' si reporter melaporkan sambil memakai masker. (drama bener!)

kali keduanya, gunung Lokon meletus, tepatnya kali kedua gue merasakan dan menyaksikan gunung Lokon meletus. soalnya gunung Lokon terkenal dengan aktivitasnya yang sering meletus. jadi bagi warga setempat mendengar letusan kecil maupun besar sudah hal yang biasa. tapi bagi gue sebagai pelancong, meletusnya gunung Lokon menjadi suatu sensasi baru bagi perjalanan gue.  dan saat gue berada di tondano, lagi-lagi asap tebal menyelimuti langit biru. semua tampak putih keabu-abuan. itu pertanda gunung Lokon kembali menunjukkan aktivitasnya.
kabut tebal di Boulevard Manado
Efek dari letusan demi letusan yang terjadi, membuat hampir seluruh kota Manado, Tondano, Tomohon dan sekitarnya menjadi berkabut. ditambah lagi cuaca yang terus tidak bersahabat karena hujan yang toada henti. bahkan pernah turun hujan tiga hari berturut-turut. damn! i can't go anywhere....

Yang jelas, di akhir tahun 2011 ini, Gunung Lokon menorehkan sejarah lagi kalau dia telah mengeluarkan laharnya saat pergantian tahun menjelang. dan membuat banyak warga harus rela mengungsi sementara demi mencari keselamatan dari bahaya yang mengancam.

Apakah di tahun 2012 Gunung Lokon akan berkecamuk lagi..? kita lihat saja nanti...

Comments

  1. wah, kayanya gak mau kalah sama buni petasan nih ;)

    ReplyDelete
  2. stupid monkey: iya nih..... unjuk kebolehan juga tuh gunung...hehheheh

    ReplyDelete
  3. Anonymous20:05:00

    Kalo yang terakhir kayaknya gak diselimuti awan tebal d Tondano, Manado. dan abu vulkaik tidak banyak yang berterbangan :)

    Sebab saya salah satu wartawan di meda online nasional yang memberitakan itu.

    "Tapi mantap dah... tulisan yang bagus"



    Salam,
    Roger Wenas
    nasional.vivanews.com/news/read/275259-manado--bitung--tondano-aman-dari-abu-lokon

    ReplyDelete
  4. roger wenas: kebetulan saya menulis seperti apa yg saya lihat dengan dibuktikan dengan foto2 yang saya abadikan pada saat saya menulis juga.... (foto terlampir di bog).... tapi mungkin tidak sedahsyat yg seperti yang kamu liput saat warga mengungsi kali ya....

    eniwei thanks for visit my blog...

    kebetulan saya juga jurnalis....

    salam balik dari saya...... ; )

    VB

    ReplyDelete
  5. Semoga aja di tahun 2012 ini nggak terjadi lagi berbagai bencana, kasian, banyak korbannya

    Blogwalking ya gan... kalo berkenan, mohon kunjung dan follow balik ke blog saya di review-newgadget.blogspot.com makasih ya :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 Pantai Indah Yang Wajib diKunjungi Saat Ke Sulawesi Selatan

Cerita tentang Seorang Ibu Tukang Pijat di Atas Kereta