KULINER SATE KAMBING BU Hj.BEJO, SOLO

Jika sedang berada di Solo, tidak afdol rasanya kalau Anda tidak menjejal kuliner khas Solo. Sangat banyak aneka jenis kuliner yang menggoda selera. Salah satunya adalah Sate Kambing Bu Hj Bejo. Nama itu begitu menggema hampir disetiap ingatan orang. Bahkan, ketika gue menanyakan kuliner yang  enak di Solo pada seorang tukang becak, dengan sigap bapak paruh baya itu mengatakan," Sudah ke Warung sate kambing Bu Hj Bejo?" ucapnya dengan logat Jawa Solo yang kental.  Karena penasaran, Gue pun langsung menyuruh bapak  tukang becak mengantarkan gue Jalan Sungai Sebakung, No 10, Kedung Lembu, Pasar Kliwon Solo, tempat warung Sate kondang itu berada. 

Suasana warung sate kambing Haji Bejo tampak dari depan.

Tiba di Jalan Sungai Sebaku, becak langsung berhenti persis di depan warung sate Bu Hj.Bejo. Busyetttt, sepanjang pelataran parkir penuh mobil dan motor . Sempat sungkan juga mau mampir. soalnya siang itu suasana sangat ramai. 
"KAlau jam makan siang memang selalu penuh. Kalau mau bersabar ya nunggu saja, Mas," Saran si bapak becak. Kebetulan lagi gue dan teman juga belum lapar-lapar banget. Akhirnya kami memutuskan jalan-jalan dulu sampai pengunjung Warung Bu Hj sepi. Tujuan kami ya ke pasar yang terdekat dari situ. Lumayan nyari batik. 

Dandang tempat meracik tongseng.


Satu Jam kemudian kami kembali ke Warung Sate tersebut. Pengunjung pun sudah berangsur sepi. Gue dan teman langsung masuk ke dalam. Saat masuk, kami langsung disambut sepasang suami istri yang sejak tadi duduk di depan pintu masuk Warung. si Istri mengenakan kebaya dan sanggul sedangkan si suami mengenakan pakaian jawa Khas. Lalu, mereka melantunkan lagu-lagu jawa diiringi irama musik gitar atau kecapi ya?  yang pasti sepasang suami istri ini benar-benar sangat menghibur kami saat menunggu pesanan. 
Sepasang suami istri ngamen di depan warung sate
Pesanan gue datang, Sate Buntel. Daging ayam yang dibuntel-buntel pada sepincuk lidi. Sate Buntel sangat terkenal juga disini. Selain bentuknya yang unik, rasanya juga sangat nikmat. Dagingnya renyah dilidah. dibuat dari cincangan daging kambing yang dikasi bumbu rahasia, lada dan kecap lalu dibuntel ditusukan dan dibungkus dengan lemak, setelah itu langsung dibakarKetika dibakar itulah terjadi proses dimana si lemak melumer kemudian meresap kedalam sate. Sehingga hasilnya membuat Anda bisa nagih dan nagih lagi. Untuk satu porsi Sate buntel dibandrol sekitar Rp. 35.000. Ya, worth it lah...

Konon katanya, sate buntel ini juga menjadi salah satu makanna favorit Bapak Jokowi setiap kali pulang ke Solo. 
Gambar sate Buntel khas Solo

sate buntal di panggang

Selain Sate, kami juga memesan tongseng. Meski rasa tongsengnya tidak beda jauh dengan tongseng-tongseng yang pernah gue cicipi, Tapi, tongseng disini juga boleh dikatakan oke deh. Karena tetap menggugah selera gue dan teman. 

Tongseng di Warung Sate Kambung Bu Hj Bejo, Solo
Selain sate Buntel dan Tongseng di Warung ini Anda juga bisa memesan hidangan lainnya dalam bentu sate seperti: Sate daging, sate jeroan, garmas, tengkleng hingga gule kambing pun tersedia disini. Kemudian, untuk minumannya, selain teh manis atau teh tawar, Anda juga bisa memesan minuman khas mereka seperti es beras kencur dan es gula asem. Hmm..... dijamin nagih deh..
Satu porsi tongseng dibandrol Rp. 30-35 ribu saja

Jika Anda sedang berada di Solo, dijamin Anda pasti akan singgah ke tempat ini. Selamat berkuliner di Solo.

Selain Kuliner sate Hj Bejo, Anda juga bisa mencicipi Gudeg Ceker disini, Anda juga bisa mengunjungi Pasar Barang Antik Triwindu Atau juga mampir ke kampung Batik Kauman dan juga ke Museum Manusia Purba

Tongseng Hj. Bejo Solo
Soup Kambing

sosok ibu pengamen di depan warung sate Hj. Bejo Solo

Comments

  1. Bungkus siji mas'e
    ojo pedes2x...

    alaaaaaaahhh.. mingini tok iki :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cerita tentang Seorang Ibu Tukang Pijat di Atas Kereta

10 Pantai Indah Yang Wajib diKunjungi Saat Ke Sulawesi Selatan