Posts

Showing posts from December 18, 2011

Day 1 @Manado

Image
Nyampe di Bandara, gue sudah dijemput my lovely sista, her husband and ponakan tersayang. mereka begitu antusias menyambut kedatangan gue untuk yang kedua kalinya sejak mereka menetap di Tondano. Ditambah lagi gue emang bener-bener pengen merayakan NATAL bersama keluarga. karena selama ini gue merayakan NATAL ala koboy yang nggak jelas keberadaannya. party bersama teman-teman atau pelesiran ke Bali atau ke mana saja gue suka. jadi SENSASI NATAL bener-bener nggak pernah gue rasakan sejak gue menjadi Single fighter!

Mata sebenarnya pengen melanjutkan tidurnya. Rasa kantuk juga masih menyerang tubuh gue. tapi, karena sudah di dalam mobil dan asyik ngobrol ngalur ngidul, rasa kantuk dikesampingkan dulu. kami mencari sarapan pagi yang sepertinya WAJIB dilakukan. Tujuannya adalah ke kawasan Wakeke tempat kuliner yang banyak macemnya. kami masuk ke resto PELANGI (resto ini juga ada di Jakarta sekitaran belakang Sarinah). gue memilih nasi Kuning (Enak benerrr...sayang nggak sempat di foto lang…

GOING TO MANADO FOR X'MAS

Image
Tanggal 22 Des, pukul 22:00 WIB
Gue sudah standby di Bandara SHIA (tau kah kamu kalo Soetta itu disebut SHIA..iya nih, gue baru Ngeh!), sementara gue berangkat dari Bandung menuju SHIA pukul 19: 00 WIB. berharap nyampe di bandara sekitar pukul 24:00 WIB.
maklum, penerbangan gue ke Manado bener-bener late night flight. itu juga gara-gara teman gue yang mengurus segala keperluan tiket gue (buka www.mendadakturis.com), menawarkan late night fligt dengan harga murah (sekitar 1juta-an gitu deh-tiket ke Indonesia timur tuh bener-bener mencekik leher ya..mahal-mahal bangetttt...)

Tapi gue bersyukur naik pesawat di tengah malam, jadi bisa merasakan suasana dan sensasi penerbangan dikala kebanyakan orang sudah terlelap dalam tidurnya. sementara gue masih menunggu pesawat yang akan menerbangkan gue ke kota Minahasa itu. gue mencoba membunuh kejenuhan dengan HENDAK membaca buku yang baru gue beli sebelum melakukan TRIP ke MANANO. tapi sayang, dua buah buku setebal bantal yang gue beli di Gramed…

SERUNYA PASAR ANTIK TRIWINDU SOLO

Image
Sehari setelah berada di Solo, Gue mulai explore kota yang sempat dipimpin bapak Jokowi ini. Mulai dari Kulinernya, budayanya, hingga ke pasar tradisionalnya hanya untuk sekedar mencari batik Solo. Gue juga menyempatkan diri datang ke kampung batik Kauma. Tidak hanya memilah-milih batik yang bagus, gue juga melihat langsung proses pembuatan batik. Mulai dari batik tulis dan batik print. 
Setelah semua dijelajahi, gue dianjurkan datang ke Pasar Antik Triwindu di jalan Diponegoro atau persis di depan Pura Mangkunegara. Solo. Kebetulan gue penggemar barang-barang Antik. Asal muka gue tika antik alias jadul. bersama sahabat, gue menjelajahi pasar Antik yang benar-benar menjual barang-barang jadul dan kuno. Menapat informasi dari si mang Bejak, pasar ini diresmikan oleh bapak Jokowi. Atas kebaikan beliau juga Pasar yang dulunya letaknya bukan disini, berkat hasil dialog dan diskusi dengan pedagang barang-barang kuno, akhirnya mereka bersedia dipindahkan kesini dan tempatnya jauh lebih layak…

KULINER SATE KAMBING BU Hj.BEJO, SOLO

Image
Jika sedang berada di Solo, tidak afdol rasanya kalau Anda tidak menjejal kuliner khas Solo. Sangat banyak aneka jenis kuliner yang menggoda selera. Salah satunya adalah Sate Kambing Bu Hj Bejo. Nama itu begitu menggema hampir disetiap ingatan orang. Bahkan, ketika gue menanyakan kuliner yang  enak di Solo pada seorang tukang becak, dengan sigap bapak paruh baya itu mengatakan," Sudah ke Warung sate kambing Bu Hj Bejo?" ucapnya dengan logat Jawa Solo yang kental.  Karena penasaran, Gue pun langsung menyuruh bapak  tukang becak mengantarkan gue Jalan Sungai Sebakung, No 10, Kedung Lembu, Pasar Kliwon Solo, tempat warung Sate kondang itu berada. 

Selain Sate, kami juga memesan tongseng. Meski rasa tongsengnya tidak beda jauh dengan tongseng-tongseng yang pernah gue cicipi, Tapi, tongseng disini juga boleh dikatakan oke deh. Karena tetap menggugah selera gue dan teman. 

Keraton Surakarta

Image
Jalan-jalan keliling Keraton Surakarta. tapi sayang saat gue datang Keraton sedang tutup. jadi hanya bisa ngider disekitar Keraton saja tanpa harus masuk ke dalamnya.....seru juga !!!!








Kori Kamandungan dilihat dari arah halaman Kemandungan Lor dengan Bale Roto didepannya dan Panggung Sangga Buwana yang menjulang tinggi sebagai latar belakang.


Explore Kampung Batik Kauman -Solo

Image
Hari ketiga di Solo, gue mencoba destinasi lain yang sepertinya wajib untuk dikunjungi. sebenarnya destinasi ini bener-bener unpredictable. soalnya, pagi itu gue hanya pengen mengunjungi Keraton Solo. maka, naik becak deh gue dari hotel Ibis ke Keraton dengan ongkos PP Rp. 20 ribu. (lumayan murah sih, karena jaraknya lumayan jauh)
Nyampe di Keraton ternyata TUTUP! Sialan!!! Katanya sih karena hari itu Jumat, keraton emang nggak dibuka untuk umum. Sempat desperated juga sih, sudah jauh-jauh kesini eh malah tutup. Tapi, si Mas becak cukup cerdik, dia menawarkan gue ke pasar Klewer dan Kampung Batik Kauman (yang jaraknya emang berdekatan).

BACA JUGA : KULINER SATE KAMBING HJ.BEJO
Maka nyampe deh gue di sebuah perkampungan, yang disebut kampung Batik Kauman. Tepatnya di kelurahan Kauman, kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta. (tuh kan, dekat dengan pasar Kliwon). Konon katanya, kelurahan ini mendiami area seluas 20.10 hektar. Menurut data, di kampung Kauman terdapat 735 kepala  keluarga denga…