Oh, Supir Taksi Gemah Ripah

foto: Bandungtoday.com
Tadi pagi gue dibangunkan dengan hape gue berdering. gue lihat nomer dilayar monitor berkode 022- berarti dari wilayah Bandung. Meski sedikit ngantuk gue tetap menjawab telepon tersebut. Eh, ternyata yang nelpon pemilik alias Bos  taksi Gemah Ripah (sori gue lupa nama bapak tersebut.)
Yang jelas gue kaget kok bisa ditelpon. tapi gue langsung ingat karena kemaren siang, gue naik Taksi Gemah Ripah dari pool  Bus Primajasa ke rumah. waktu itu gue baru nyampe dari Manado, kemudian langsung naik Primajasa ke Bandung.

Nyampe di pool Primajasa Bandung gue melihat ada taksi yang sedang ditegur karena bermasalah ditempat parkir pool Primajasa. kemudian si supir menawarkan jasanya ke gue...
"Taksi  mas...?"

Gue dan keponakan langsung menanyakan alamat yang gue tuju, kemudian si supir  tau alamt tersebut dan langsung membuka bagasi dan kami pun naik ke dalam taksi tersebut.
Gue duduk di depan gue perhasilakn identitas si supir bernama M. Manurung. jelas dia orang Batak dan kebetulan gue juga ada campuran Bataknya. tapi gue ogah saja berbasa basi nggak penting. apalagi kalo sampe nanya-nanya marga segala.. duh, ribettttt..!!! (Secara gue nggak ngerti apa-apa soal silsilah)

Nggak nyampe 30 menit, taksi sudah nyampe di depan rumah gue, argo tertera Rp. 20.700,- seperti biasa penumpang taksi di indonesia suka ngasih duit lebih, sehingga kebanyakan mental supir taksi di Indoensia bermental tempe alias suka minta ongkos lebih. Dan siang itu gue juga ngasih Rp. 22.000...

TAPI APA YANG TERJADI......
si Supir bertampang TIDAK SEDAP dilihat itu malah meminta lebih! dengan nggak ada sopan-santunya dia bilang begini..
"Nggak cukup tuh. biasanya batas minimal bayar Rp.30.000.."

Jelas gue kaget dan tidak suka diperas seperti itu. dari mana ada patokan tarif yang seenak udelnya? kecuali gue MEMESAN TAKSI tentu ada minimum Pay dan itu juga tidak membengkak seperti itu.

"Sejak kapan ada peratran seperti itu mas? dan saya bukan orang baru di Bandung ini. saya tinggal di Bandung ya! dan saya sering pakai taksi GEMAH RIPAH.."
"Pokoknya kurang. harus Rp.30.000."

Dengan ngotot dan karena sedang hujan, gue mengasih dia 5000 lagi. jadi kalo ditotalkan ongkos yang seharusnya gue bayar 20.000 dikasih 22.000 eh malah minta 30.000... LUAR BIASA BUKAN..???
tapi meski gue kasih Rp. 27.000, bukan berarti gue KALAH dengan gertakan dia. gue malas ribut-ribut tidak jelas begitu di depan umum (Mana di depan rumah lagi rame orang...)

Nyampe di rumah, gue langsung ambil handphone dan menelpon ke Custumer Service GR dan diterima oleh seorang perempuan. gue langsung MEMUNTAHKAN semua kekesalan gue terhadap si supir taksi bermental BANGSAT...M. MANURUNG itu....
kemudian si CS mencatat semua keluhan gue, dan berjanji akan menindak lanjutin perbuatan si supir kampungan tadi....

NAH..kalo diurut kenapa si BOS Gemah Ripah menelpon gue, ternyata dia dengan bijak sana langsung merespon keluhan custumer-nya. dan dia sempat minta maaf atas pimpinan karena sikap dari karyawannya yang tidak berkenan. bahkan si bos tersebut juga menjelaskan, jika tidak ditindak lanjutin maka perusahaannya yang sudah dirintisnya dengan susah payah, akan bisa HANCUR hanya gara-gara sikap dan mental segelintir karyawannya yang tidak profesional. kemudian si Bos juga akan memanggil si supir kampungan tadi dan akan memberikan sanksi atau apalah itu yang berlaku diperusahaan tersebut...

Jujur gue SALUT sama si Bos Gemah ripah karena dia meluangkan waktunya menelpon custumernya yang mungkin bagi banyak owner keluhan malah diabaikan sehingga menumpuk puk puk.. tapi si bos GR dengan sikap bijaksana meresponin keluhan setiap ada custumer yang mengeluh atas sikap karyawannya (khususnya SUPIR)...

Hmm.... disini gue bukan PUAS karena si Supir kampungan tadi akan diberikan sanksi..tapi seperti kata si bos GR, jika kita bersikap baik, maka penumpang juga akan menyikapinya dengan baik. bahkan bisa mengasih tips lebih meski tidak di minta. dan gue juga TIDAK meminta untuk dihormati tapi ya jangan bermental PREMAN kalo sadar mencari nafkah menjadi supir.
ya istilahnya.... WHAT U GIVE IS WHAT U GET.....!!!!

Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....