TENTANG PEMBANTU

foto from: google
kalo membahas tentang PRT a.k.a Pembantu Rumah Tangga, tentu buanyaaakkkkk banget suka dukanya. Apalagi pembantu bagi mereka-mereka yang tinggal di ibukota (Jakarta dsb-nya). tentu makin ribet ceritanya. Apalagi kalo si PRT diambil dari yayasan penyedia PRT, bertambah ribet deh masalahnya.....

Bayangin aja, beberapa teman gue yang tinggal di Jakarta selalu mengeluh tentang pembantu. mulai dari pemalas, nggak ngerti nyeterika, lelet, bahkan baru saja tiga bulan bekerja sudah ada alasan mau pulang kampung karena ada sodara yang menikah. Setelah itu dijamin halal si pembantu nggak balik-balik lagi.  Trus, terpaksa deh nyari pembantu lagi lewat yayasan.
"Lu kan tau, untuk mengambil pembantu di yayasan saja kita harus bayar Rp. 600 ribu. eh, belum lagi bekerja serius sudah menghilang..." curhat teman gue..

Intinya, buanyaakkkk banget PRT-PRT yang bernaung  DI BAWAH LINDUNGAN YAYASAN   (bukan Dibawah Lindungan Ka'Bah) selalu punya trik untuk bisa pergi dan gak balik-balik lagi, kemudian balik ke yayasan trus dapat duit deh. Disini yayasan-yayasan bajingan itu emang sudah pasang strategi pertiga bulan si PRT harus bisa keluar atau pergi. karena dengan demikian si PRT tadi bisa dapat duit lagi kalo dia bekerja ditempat yang baru lagi...

Intinya begitu deh info yang gue dapat dari salah satu pengelola jasa pembantu 'abal-abal'.

Begitu juga dengan beberapa kiah keluarga gue yang tinggal di Jakarta. Mungkin ada puluhan pembantu yang bekerja dirumahnya kemudian menghilang dengan alasan 'ada kawinan' di kampung.
Busyet dah... alasan kok klise dan dimana-mana sama.
Sampai akhirnya, kakak gue jera pake pembantu yang diambil dari YAYASAN. Karena kedoknya sama. nggak ada yang bekerja dengan tulus. (kalo pun ada ya itu rezeki elo...)

Kali ini kakak gue punya pembantu yang kebetulan tetangganya juga. Namanya ANA. usianya sih sudah 40 tahun. punya anak dua. perokok berat dan juga latah berat. Jadi kalo gue sudah nginap dirumah kakak trus pas ketemu sama si ANA ini, selesai deh dia gue kerjain dengan latah beratnya. Kalo sudah digodain dengan latahnya, keluar deh kalimat-kalimat sakti dari mulutnya. dan itu bisa diulang berkali-kali. (ntar deh gue upload video-nya. iseng-iseng gue rekam cuy hahhahahah...)

Si Ana ini sebenarnya rajin dan pembersih. hanya saja dia punya sifat PEMALAK alias suka minta! bayangin aja, kalo gue sedang nginap di rumah kakak, pasti deh dia suka bilang begini," BRO...MINTA DUIT DONG..BELI ROKOK..." (busyet dah, pembokat aja panggil BRO)

awal-awalnya sih sering gue kasih 5000, 2000, 3000 bahkan pernah 10.000. tapi lama-lama kok ketagihan. dan parahnya lagi, itu bukan kali pertama dia minta duit. siapa saja yang datang ke rumah kakak gue pasti DIPALAK dengan sebutan BRO...!!!
"Kadang aku malu lho, kalo teman-temanku datang eh dimintain duit sama si Ana kayak nggak digaji saja sih dia tuh..." ucap kakak gue kesal.
Menurut kakak gue, setiap bulannya dia digaji sebesar Rp. 600.ribu hanya setengah hari kerja. kerjanya juga cuma mencuci, nyeterika dan masak. setelah itu beres dia boleh pulang.  tapi, setiap ada orang datang kerumah pasti dimintain duit. bahkan sampe tukang pos sekali pun dia mintain duit.....(dikiranya teman si kakak juga...wakakkakaka..!!! )

Begitulah sangkin susahnya mendapatkan pembantu yang bener-bener baik, kakak gue hanya bisa pasrah melihat ulah si Ana. bahan sangkin kesalnya, saat Natal dan tahun baru kemaren, kebetulan di rumah kakak gue banyak tamu, (ada sekitar 20 tamu) dan ke 20 tamu itu dimintain duit. karena malu, kakak gue langsung menegur si Ana atas ulahnya yang memalukan itu. bahkan si kakak berjanji akan memecat Ana jika melakukan tindakan bodoh itu lagi. Bayangin aja, pas Natal kemaren dari hasil memalaknya saja dia bisa dapat 500 ribu. dengan bangga dia bilang," kemaren pas tamu datang, aku bisa dapat 500 ribu lho..."
Jelas dong kakak gue kaget dan sangat-sangat malu. dan ingin memecatnya.!!

Busyet dah.... ada-ada saja ulah pembantu di ibukota. mulai dari suka Ngutil, pemalas, suka teleponan kalo ditinggal dirumah, doyan pacaran, dyan menggoda suami majikan,  doyan makan, suka memakai baju majikan, suka membawa makanan dari rumah bahkan sampai bermental Preman.....

Ini kisahku....mana kisahmu...??? (Iklan kaleeee...!!!)

Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....