Tradisi Tutup Tahun Orang Minahasa

Ini hari kedua di tahun baru 2012, masih ada sepenggal pengalaman menarik saat pergantian tahun menjelang. Banyak momen-momen yang sebelumnya tidak pernah gue rasakan, justru gue melihatnya menjadi unik saat berada di kota Manado dan sekitarnya (juga Tondano). konon tradisi ini sudah berakar dan menjadi tradisi yang setiap tahun dilakukan. sementara gue? sekembalinya ke ibukota, mungkin tradisi yang mereka lakukan tidak akan pernah gue saksikan lagi. 

Seperti apakah tradisi-tradisi itu..??

1. Menjelang tanggal 31 Desember, dari pagi hari para ibu dan bapak sudah sibuk bersiap-siap untuk ke pasar belanja keperluan untuk dimasak. mulai dari daging, buah-buahan, serta olahakn makanan lainnya yang akan dihidangkan saat pergantian tahun dan memasuki tahun baru.

2. Setelah dari pasar, kaum ibu saling bantu membantu dengan (ibu tetangga atau kerabat) memasak di dapur. karena masakan kali ini versi jumbo alias masak besar-besaran. 

3. Anak-anak, remaja dan juga orang dewasa tidak ketinggalan ngantri di toko penjual kembang api, petasan dan benda-benda yang bisa diledakkan saat pergantian tahun (kecuali BOM).

4. menjelang malam hari, banyak warga (khususnya umat Kristiani) berbondong-bondong pergi ke makam (kuburan) keluarga, kemudian disana mereka membersihkan kuburan, memberi kembang untuk diletakkan dikuburan,  memasang lilin, main petasan, kembang api dan berdoa. Konon katanya, hampir setiap momen pergantian tahun mengunjungi makam wajib dilakukan. 

5. Menjelang detik-detik pergantian tahun, anak-anak, remaja, dewasa dan juga orangtua sudah bersiap-siap di depan rumah untuk menyalakan kembang api, petasan dan terompet. sebagian melakukannya di lapangan terbuka. 

6. Petasan dan kembang api saling bersahut-sautan antar tetangga. suaranya cukup brisik dan bikin gendang telinga menjerit. baru kali ini gue menyaksikan momen menyalakan kembang api dan petasan yang mirip adu senjata dan Bom. karena kembang api yang dinyalakan bukan kembang api kecil atau sedang, melainkan kembang api berukuran raksasa yang pancaran sinarnya sangat indah. 

7. Adegan salam-salaman antar keluarga, sanak saudara dan juga tetangga terdekat pun dimulai. saling cipika cipiki...

8. Acara makan malam (tepatnya tengah malam) bersama keluarga. jika ada yang sudah kenyang ya tidak dipaksa untuk makan. hanya momen ini juga cukup menarik untuk mengikat kekerabatan yang semakin erat. 

9. Tetangga saling berdatangan di malam pergantian tahun untuk menikmati makanan yang sudah dihidangkan. samibil minum bir atau minuman khas daerah setempat. (cap tikus atau saguer).  

10. Hingga menjelang dini hari, semua acara penyambutan tahun baru pun usai. saatnya kembali keperaduan dan tidur...... untuk siap menyambut tahun baru..tahun 2012...

Inilah beberapa pantauan yang gue lihat selama gue berada di kota Minahasa, jika ada yang salah atau yang kurang mungkin bisa di share...!!

Anak-anak, ABG dan orangtua beramai-ramai memborong petasan dan kembang api

Memasak makanan lezat kewajiban disetiap pengujung tahun

Terompet mungkin 'benda' wajib dipengujung tahun

Mengunjungi Makam (kuburan) dimalam menjelang pergantian tahun adalah hal yang baru gue rasakan 

pesta kembang api yang maha dahsyat

Saling bersalam-salaman antar sesama tetangga dan kolega

Comments

Popular posts from this blog

Cerita tentang Seorang Ibu Tukang Pijat di Atas Kereta

10 Pantai Indah Yang Wajib diKunjungi Saat Ke Sulawesi Selatan