MONEY CHANGER BERJALAN


Pemandangan seperti ini biasanya sering kita lihat di daerah Kota (dekat stasiun kereta Kota) di kota Jakarta. banyak para money changer 'berjalan' yang duduk manis menunggu 'mangsa' (mangsa atau custumer ya..??) di pinggir jalan. Mulai dari halte hingga berdiri-diri di depan stasiun kereta. Bahkan mereka tidak sungkan menawarkan jasa mereka ke siapa saja yang kebetulan lewat di depan mereka. 

Menurut gue, pekerjaan ini sah-sah saja. selama mereka melakukannya dengan baik. dan sangat wajar jika, ketika kita hendak menukarkan uang 'besar' menjadi 'recehan' mereka meminta uang lebih sebagai uang jasa. Baiasanya setiap kita menukar uang dengan kelipatan Rp.1 Juta, maka mereka akan menaikkannya sekitar Rp.20.000 atau lebih hingga 50 ribu. Ya, tergantung kita menawarnya saja.  Karena dengan cara demikianlah mereka mendapat uang lebih tadi. 

Banyak juga yang tidak suka dengan profesi mereka dengan berbagai macam alasan. mulai dari dianggap memalak, atau takut uang mereka uang palsu atau ketakutan-ketakutan lainnya. Padahal sesungguhnya mereka tidak pernah memalak atau memaksa. Karena jika kita tidak ingin menukarkan uang pada mereka toh mereka juga tidak pernah marah atau memalak!

Menjelag hari-hari besar, seperti Lebaran, Natal atau menjelang Imlek dan hari besar lainnya. Jasa mereka akan semakin dibutuhkan untuk menukarkan uang besar menjadi recehan. kemudian uang receh tersebut akan dibagi-bagikan ke sanak saudara. tidak heran jika kita melihat begitu banyak ibu-ibu atau bapak-bapak menenteng tas yang isinya uang recehan, kemudian ditangan mereka juga terlihat sedang menggenggam tumpukan uang kertas dengan kelipatan kecil. (Rp. 2000, Rp.10.000,- Rp.20.000,- dll).

Kalau dipikir-pikir, dengan keberadaan mereka kita cukup dimudahkan untuk menukar uang ketimbang kita harus ngantri berjam-jam di bank hanya untuk menukarkan uang recehan.


So, ada yang salah kah dengan profesi mereka..???




Comments

  1. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya Indonesia

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

Cerita tentang Seorang Ibu Tukang Pijat di Atas Kereta