SULITNYA NUKAR RUPIAH DI NEGERI ORANG

uang kertas sepuluh ribu rupiah

Sebelum memutuskan traveling ke luar negeri, biasanya gue sudah mempersiapkan diri untuk hal-hal kecil seperti, menukarkan mata uang Rupiah ke mata uang negera yang hendak gue tuju. Atau untuk mencari aman, gue menukarkan rupiah ke dollar saja. Karena mata uang dollar sangat "diterima" disetiap money changer di negara manapun. Berbeda dengan Rupiah, terkadang ada beberapa negara yang tidak menyediakan penukaran uang dalam bentuk rupiah. 

Selesai urusan tukar menukar mata uang, baru deh gue langsung deh TENG GO..!!!! 

Kenapa itu harus gue lakukan? dan mungkin hampir semua traveler akan melakukan hal yang sama. Karena gue punya kisah  yang bisa dibilang apes atau seru. Waktu itu, gue dan travel-mate sedang melakukan perjalanan ke Phuket, Thailand.  Setelah beberapa hari disana, kami kehabisan stok Baht. Sementara di dompet kami masing-masing masih menyimpan rupiah yang jumlahnya lumayan lah untuk beberapa hari. Karena masih beberapa hari lagi di Phuket, akhirnya kami memutuskan menukar rupiah yang ada di dompet ke Baht. Kami mulai ngider mencari money changer disekitaran Patong beach. Satu persatu kios penukatan uang kami datangi dan menanyakan apakah mereka menerima mata uang rupiah untuk di tukar. Rata-rata menolak dengan alasan tidak menyediakan penukaran rupiah. Cukup sulit memang menemukan Money Changer yang ada lambang bendera Indonesia diantara bendera-bendera negara besar lainnya. (itu pertanda mereka menerima mata uang negara tersebut untuk ditukar ditempat mereka)

Setelah lelah berjalan,sampai kawasan Bangla Road (kawasan yang sangat ramai kalau malam hari) akhirnya kami menemukan Money Changer yang menerima rupiah  masih di kawasan Patong Beach (prapatan Bangla Road).  melihat ada lambang merah putih di kios tersebut, kami langsung kegirangan (mirip anak kecil baru mendapat mainan).
Gue langsung berinteraksi dengan petugas Money Changer (seorang perempuan muda). Setelah menyakini kalau mereka menerima rupiah, gue langsung menyerahkan rupiah gue sekitar 1.5 juta dengan kelipatan tidak sempurnah lewat lubang loket yang ada di depan gue. Selain kelipatan uang Rp.100 ribu, gue juga menyerahkan kelipatan  Rp.50.ribuan dan Rp.10-ribuan.  (yang jelas total uang yang mau ditukarkan sebanyak Rp.2.juta)

mata uang rupiah kelipatan sratus ribu

Ketika uang sudah ditangan petugas, jangan kira gue dengan mudah langsung menerima tukaran rupiah ke Baht. si petugas dengan teliti memeriksa satu persatu rupiah yang ada di tangannya. Siteliti dengan  sangat teliti. mulai dari mencocokkan uang yang ada di tangannya dengan gambar rupiah tiap-tiap keliptana  yang ada di buku daftar mata uang seluruh dunia milik mereka (Itu merupakan buku pegangan bergambar mata uang asing). Petuas meneliti mulai dari kode seri yang tertera di tiap-tiap uang yang ada ditangannya, sampai warna rupiah yang ada ditangannya dengan gambar yang ada di buku panduan. Jika ada yang dianggap aneh dan mencurigakan, uang tersebut langsung ditolak dan dianggap palsu. Ribet banget bukan?? 

Kesimpulannya, uang kelipatan Rp.10.000 baru yang gue diserahkan tadi langsung ditolak dengan alasan warnan uang tersebut berbeda (ya iyalah, karena uang 10.000 baru itu belum ada gambarnya di buku mereka. JAdi deh dianggap aneh dan palsu.) Begitu juga dengan kelipatan lainnya yang dianggap tidak cocok dengan warna di buku panduan langsung ditolak mentah-mentah. Meski gue sudah menjelaskan kalau uang tersebut uang baru, namun dia tidak mau tahu. bagi dia jika berbeda dengan gambar di buku sama dengan uang palsu.

Capek dehhhh!!!!

Hmmm, begitu deh, gara-gara mata uang kita terlalu sering gonta ganti warna dan memunculkan logo dna gambar baru pada rupiah, ternyata sangat berpengaruh saat kita hendak menukarkan rupiah di luar negeri. Mata uang kita sering dianggap nggak konsisten, karena rata-rata mata uang negara asing jarang melakukan pergantian warna di kelipatan mata uang mereka. Karena itu bisa merugikan bagi penggunanya.

Berikut ini, gue memberikan beberapa Tips, agar saat traveling Anda bisa aman menggunakan uang di luar negeri

1. Sebelum berangkat traveling ke luar negeri (negara mana pun), ada baiknya terlebih dahulu Anda menukar rupiah Anda ke mata uang negara tujuan. Supaya saat tiba di negara tersebut, Anda tidka perlu celingak-celinguk nyari money changer untuk nukar rupiah Anda. 

2. Buat jaga-jaga, jika uang yang kamu tukar tadi kehabisan, tukar juga mata uang rupiah anda ke Dollar. Itu menjadi solusi terbaik, jika Anda kehabisan stok uang di negera yang Anda kunjungi, Anda tidak perlu menukarkan rupiah yang sulit diterima. Anda tinggal menukarkan dollar Anda disetiap moeny changer. mereka pasti langsung menerimanya. 

3. Simpan yang rapi. jangan sampai uang yang sudah Anda tukar terlipat-lipat. Ada beberapa negara yang sangat teliti dengan keaslian mata uang yang And atukarkan. Jangan sampai uang yang hendak Anda tukar di tolak karena wujudnya yang lucek alias tidak kinclong.

4. Kalau sedang ebrada di pusat perbelanjaan,sebaiknya jaga hati dan jaga mata, untuk menjaga isi dompet Anda tidak terkuras dengan mudanya. Alias, jangan lapar mata ya... 

5. Pergunakan uang Anda sepinter mungkin. Jangan beli yang tidak penting.

sedang menukar rupiah di money changer Phuket

Comments

  1. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Agunx: promo blog mulu ya...kasih komen kagak..!!

    ReplyDelete
  3. Wah mas ke patong ya, kemaren saya jg wkt tgl 1 maret ke sana lho..hehe

    Btw mas nuker 2jt dpt brp?
    Kmaren saya jg nuker rupiah di Bangkok tp rugi besar!! >.<
    Klo nuker di indo 1jt bs dapet 3200an Baht tp di sana saya cm dpt 1990 Baht..

    ReplyDelete
  4. indra: iya nih sudah hampir 8 hari ngider2 phuket...nuker duit teman saya sih, emang lebih rugi..tapi gpp karena kepepet...kehabisan duit hehhehehhe...

    ReplyDelete
  5. yang terakhir maksudnya apa gan? Hehe..
    ngemeng2 nice share gan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

Cerita tentang Seorang Ibu Tukang Pijat di Atas Kereta