DISIPLIN WAKTU DI S'PORE


Bus Tingkat di S'pore

Alasan apa yang sering kita lontarkan ketika kita terlambat datang ke suatu acara atau pertemuan? pasti jawabnnya," maaf, gue terlambat karena macet..!!"

Itu sudah menjadi ciri khas orang Indonesia. JAM KARET dengan mengkambing hitamkan MACET!
Tapi jangan pernah coba-coba kamu mencari alasan macet ketika berada di negeri orang. Yang ada kamu akan dilempar ke got sampah karena suka mencari kambing hitam. 

Budaya disiplin memang sudah diterapkan di negara-negara tetangga kita. Contohnya di KL, S'Pore, Vietnam dan juga Thailand (4 Negara yang baru saya kunjungi), mereka menerapkan kedisiplinan yang sudah menjadi budaya dalam berkendaraan. 

Seperti contoh ketika gue dan teman membawa rombongan Tour ke Phuket. di Phuket kita menyewa Tour guide lokal yang siap mengantar jemput kami selama di Phuket. 
Bayangkan saja, ketika kami berjanji akan memulai tour jam 8 pagi, tour lokal dan mobil carteran sudah standby di depan hotel pukul 07.30 Pagi. Jadi ketika jarum jam sudah beranjak ke angka 08.00 pagi. maka kami harus siap berangkat.

Tapi apa yang terjadi...???

Ibu-ibu yang ada dalam rombongan tour masih asyik masyik tertidur di dalam kamar. ada juga yang sibuk berdandan sementara belum lagi di hitung berapa menit mereka breakfast. jadi, menurut rombongan jam 08:00 pagi itu akan ngaret sampai jam 10. maka mereka bergerak ala slow motion!

Parah bukan..??

Sampai akhirnya, karena budaya NGARET sudah mendarah daging, si tour lokal tidak ambil peduli dengan rombongan yang terlambat. karena dia menjalankan kesepakatan jadwal. Maka mereka ditinggal di hotel. Karena sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati jam 08:00 harus berangkat, maka jam segitulah tour dimulai. 

Akhirnya ibu-ibu yang terlambat ngomel-ngomel. tapi menurt gue berlakukan sistem ON TIME di negara orang menjadi SHOCK THERAPY bagi orang Indonesia yang suka ngaret dan lelet.

Ketika gue dan teman tiba di S'pore, kami harus bergerak sedikit lebih cepat dibanding saat berada di Indonesia. karena jika kami hendak naik MRT, maka jadwal keberangkatan sudah tertera di atas kepala kita kapan si MRT tiba di stasiun yang kita tunggu. dan berapa menit jarak tempuh yang akan kita lalui. semua serta tepat waktu dan juga disiplin waktu. Tidak ada istilah TERLAMBAT dan MACAT!

Bagiamana dengan naik bus di S'pore?

Begitu juga dengan bus di S'pore. Jika di Indonesia bus sering dijadikan TUMBAL keterlambatan dan macet, beda dengan di S'pore. Disini (lagi-lagi) tidak ada kendaraan yang dianak tirikan. Semua serba tepat waktu. Seperti gambar di bawah ini, adalah jadwal kedatangan dan keberangkatan bis-bus yang sengaja di letakkan di setiap halte bus dimana kita menunggu bus. Disitu tertera nomer bus yang akan kita naiki. kapan kedatangannya (berapa menit lagi bus tiba?) juga bus tersebut membuat simbol gambar kursi roda atau tidak. Jika bus tersebut ada gambar (simbol) kursi roda, maka bus tersebut bisa dinaiki bagi orang yang cacat (yg pakai kursi roda). jika tidak ada, penumpang yang cacat bisa menunggu bus berikutnya.  jadi semua penumpang diperlakukan sama dan tidak ada diskriminasi. BAik yang fisiknya normal atau cacat. pemerintah menyediakan kendaraan untuk mereka.  

Keterangan-keterangan tersebut sangat membantu bukan ?

Bagaimana dengan Indonesia..? Khususnya Jakarta yang menjadi biang kemacetan? 
Hmm.... Meski kita sudah naik TrasnJakarta (Busway), tapi, jaminan untuk ONTIME masih diragukan. bahkan kenyamanan berada di dalam bus 'khusus' itu pun semakin sulit dinikmati. terlalu over loaded dan sumpek..!!

Jadwal keberangkatan dan Kedatangan
PArahnya lagi, Busway yang memberlakukan tempat duduk khusus perempuan saja semakin tidak berlaku. penumpang laki-laki tidak peduli dengan peraturan tersebut. Asal duduk saja. BAhkan orang cacat dan orangtua dan hamil sering diabaikan...

Hmm... Kapan ya negara kita bisa seperti di negara tetangga dalam menerapkan displin waktu? Tanpa alasan apa pun...

Comments

  1. Ntar kalo sistim transportasi di Indonesia udh kya Singapura, tpi prlu waktu brpuluh2 tahun kynya untuk itu.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

Cerita tentang Seorang Ibu Tukang Pijat di Atas Kereta