CERITA TENTANG TOPI

Topi Hadiah
Sudah tau kan kalo gue sangat suka pake topi...?
Sudah tau juga gue koleksi topi..?
Sudah tau juga beloommm.... Kalo topi gue juga sering hilang entah kemana...?
Kalo belum tau juga.. cepat baca tuntas isi blog gue dari awal sampe akhir...!!!
Cepatt!!!

Pokoknya semua serba topi deh.....

Trus, apa hubungannya dengan gambar di atas..??
Hmm....
baiklah gue cerita dikit tentang topi yang ada di foto itu....ceritanya agak konyol sih menurut gue.

Waktu itu gue dan teman-teman lagi di Vietnam....
Siang-siang kelaparan mau cari makan yang Halal. Kebetulan beberapa teman-teman nggak bisa makan kalo nggak ada label HALAL-nya....

Trus...
Nemu deh sebuah kafe yang kalo malam kayaknya  resto merangkap tempat dugem juga. soalnya nuansa ruanganya gelap (interior dominan warga hitam. trus foto-foto di dinding juga gambar-gambar penyanyi rock dan cewek berbusana seksi...ada meja bar..dan deretan botol-botol minuman beralkohol.

Teman gue bilang begini....
"Kita makan disini aja. katanya halal... dan makanannya cuma ada nasi goreng ayam dan tom yam seafood..."
Ya sutralah.... yang penting nggak mati kelaparan. (paling sebel sih jalan sama orang yang rewel sama makanan)

Masuk ke kafe di layani sama dua pelayan dari wajahnya mereka masih 20 early gitu deh. (satu cewek dan satu cowok).

Si cewek langsung nyodorin daftar menu. Si cowok beres-beres meja yang masih terlipat.
Trus, kami ngajak bicara pake bahasa Inggris. tapi kedua manusia ini hanya senyam senyum senyam senyum...
padahal kita nanyanya simple...
"Can u speak English..???
(smile.....)
"Hei... we want to order fried rice..."
(Smile...)
"Hei...Do u understand what we say..?"
(Senyum....)

Yang jelas apa pun yang kami tanya (bahkan mencela2 mereka) tapi mereka tetap tersenyum. gue dan teman-teman sempat mikir, jangan-jangan bisu..?

Karena tidak adanya komunikasi dua arah, jadi bingung dong. mau pesan makanan aja susah. mau ngajak ngobrol apalagi. jadi gue dan teman-teman hampir putus asa trus pengen cabut dari kafe itu.

Tidak berapa lama muncul deh seorang bapak berwajah Vietkong (asal bukan bencong). kemudian dia menyapa kami pake bahasa inggris dengan logat Vietnam...
"Can i help u..?"
"yeah,. "

Akhirnya komunikasi lancar, orderan juga langsung di catat. kemudian gue nanya dong ke si bapak yang ternyata owner kafe tersebut.. translate-nya seperti ini.. (kali aja ada diantara elo yang gak ngerti juga bahasa Inggris...)
"Dua orang itu anak-anakmu pak..?"
"Bukan..mereka karyawan saya..."
"Kok nggak bisa bahasa Inggris..?'
"Hmmm.... gimana ya.... disini emmang rata-rata susah berbahasa Inggris.."
"Trus, kenapa nggak disuruh belajar..? apalagi negara kamu kan banyak dikunjungi turis2.."
"Sudah saya suruh sih.. tapi mereka ogah-ogahan.."
"Trus, kenapa bapak bisa bahasa Inggris..."
"Karena saya belajar..dan saya juga suka traveling. makanya saya sedikit2 bisa..."
"Oooo..senasib dong kita...bahasa inggrisnya belajar secara pasaran..."

30 menit kemudian makanan datang...

Sambil makan, si pelayan yang laki-laki senyum-senyum gitu deh ke arah kami. Maksudnya senyum polos gitu deh.. mungkin dia mikir, ini mahluk dari mana sih..? makanya kok rakus2 banget... Trus gue tulis dong di kertas pake bahasa inggris.." you have to learn speak english. coz you are still young. .."

dia senyum-senyum lagi..
"lu ngerti gak apa yang gue tulis..?"
(senyum...)
"Lu sedeng/gila ya...?"
(Senyum..)

Gue dan teman-teman tertawa melihat tingkahnya. bener-bener polos bangetttt....

Selesai makan, si bocah ini mengasih topi ke gue. trus gue coba dikepala gue eh pas...
trus dia senyum-senyum lagi...
gue kan nggak ngerti maksudnya senyum apaan..
"Ini topi punyamu..?"
(senyum..)
"Trus, lu kasih ke gue..?"
(Senyum...)

Karena nggak ngerti apa maksudnya, gue mengembalikan topi tersebut ke dia. kemudian kami hendak meninggalkan kafe tersebut...
Tidak berapa lama...si bos-nya manggil gue dan bilang...
"Hei dia bilang topi ini untuk kamu...kenang-kenangan.."

Kaget dong....
Jujur aja gue nggak ngerasa berbuat baik pada dia kok malah dikasih topi.  Trus topinya kupake lagi dan dia mengacungin jempolnya yang artinya..BAGUS...!

Aduh.. bener-bener terharu...!!

Dibalik keterbatasannya dalam berkomunikasi ternyata dia punya hati yang baik....kini topi pemberian si bocah lugu itu menjadi salah satu koleksi topi gue....

Thank u for the Topi, 'lugu' boy...









Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

Cerita tentang Seorang Ibu Tukang Pijat di Atas Kereta