HATI-HATI BELANJA DI NEGERI ORANG (LAPAR MATA DOMPET MELAYANG)

Tas merk terkenal jadi rusak kena SILET saat belanja

Kejadian kecopetan, tas disilet atau dijambret saat berada di pusat-pusat keramaian tentu kerap terjadi di negeri ini. Biasanya yang sering menjadi korban adalah ibu-ibu yang terlihat begitu panik saat berada di pusat berbelanjaan atau keramaian lainnya, sehingga mereka suka lupa diri. Jadi korban deh..!! 

Tapi, apakah di luar negeri kita bisa lolos jadi incaran penjahat..?

Belum tentu....

Karena yang namanya kejahatan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. tidk peduli itu negara terkaya sekali pun. jadi yang patut diwaspadai adalah, berhati-hatilah saat hendak pergi ke pusat keramaian.

Kejadian Naas tas di silet dialami oleh seorang ibu yang kebetulan berangkat bersama-sama dengan rombongan Trip yang dipandu teman gue dan gue sebagai partnernya dengan tujuan trip ke Vietnam, Hanoi dan Halong Bay.

Sebelum berangkat ke negara paman Ho Chi Minh,  gue sudah mewanti-wanti agar ibu-ibu harus lebih hati-hati membawa tas atau dompet atau juga alat elektronik. Karena banyak info yang gue dapat dari tour guide lokal kalau turis-turis sering kecopetan, kena jambret saat sedang menyebrang jalan raya tiba-tiba tasnya di jambret oleh pengendara sepeda motor yang sudah mengintai. Banyak juga, penipuan-penipuan berkedok 'SKSD' (baca tulisan gue sebelumnya tentang SKSD)

Selesai menjelajahi Ho Chi Minh City, kami lanjut ke Hanoi dengan tujuan halong Bay....

Tiba di Hanoi,  rombongan ibu-ibu kembali 'lapar mata' untuk belanja di night market Hanoi yang ada disekitar  jalan Hang Dao, Hang Ngang, Hang Huong, Hang Giay. 
Sebagai catatan, night market disini buka setiap weekend. Mulai hari Jumat, Sabtu sampai Minggu. 
Sebagai catatan, rombongan ibu-ibu ini sudah belanja habis-habisan sewaktu di pasar Ben Thanh HCM City. Bahkan mereka sempat beberapa kali nukar dolar mereka ke Dong (busyettt dollar mereka kok kagak abis-abis ya..? banyak benerrrr!!!)

Sebelum ngider Night Market yang super duper ramenya, gue dan teman mengingatkan agar jangan bawa tas atau dompet yang terlalu mencolok. Bawa duit secukupnya saja. (emang bawa duit berapa aja kagak bakalan cukupppp.... namanya juga ibu-ibu)

Alhasil, rombongan ibu-ibu ngider deh ke Night market. Sebenarnya menurut gue, apa yang dijual disitu sama aja dengan apa yang ada di Pasar Ben Thanh. Hanya saja, kalo dibilangi para ibu-ibu suak MURKA. mending gue diem aja deh....biar mereka menikmati petualangan mereka di pasar malam.

Sampai akhirnya, usai belanja, dan saat mereka tiba di hotel, salah seorang dari rombongan terlihat lemah letih lesu kayak kurang energi. 
eh, ternyata tas DIOR-nya disilet saat mereka sedang lapar mata di pasar malam tadi. dan apesnya puluhan ribu uang dollar raib...
3 juta uang rupiah raib juga...
dan  pecahan mata uang Dong juga raib...  
raib bersama dompet yang ada di dalam tas tersebut....

Apa mau dikata?
Semua sudah terjadi...
Apa yang gue khawatirkan menimpa rombongan ibu-ibu.

Padahal, sebelum keluar dari hotel sudah diwanti-wanti agar membawa uang secukupnya atau dompet yang tidak mencolok...

Syukurnya lagi (orang Indonesiakan paling demen nih bersyukur)... 
syukurnya lagi, paspor si ibu tidak ikut di copet kalo sempat ikut dicopet ya alamat bisa berlama-lama deh ngurus paspornya.

So, bagi-bagi tips dikit nih.. meski tipsnya basi:

1. Jika traveling atau shopping ke luar negeri, ada baiknya mata itu dikasih kacamata kuda. biar nggak lapar mata lirik barang disana dan sini.

2. Jangan, membawa uang sekaligus di dalam dompet. ada baiknya simpan sebagian di dalam koper yang rekunci di dalam hotel.

3. Prioritaskan mana yang akan dibeli. jangan asyik mikirin oleh-oleh buat supir, anak supir, istri supir, anak tetangga, kerabat dikantor, sanak saudara dll..dll.. Emang lo kira elo sinterklas yang demen bagi-bagi hadiah..?

4. Ingat bagasi. kalau over weight tentu kamu akan mengeluarkan biaya lagi untuk membayar bagasi yang berisi oleh-oleh sanak saudara.

5. Jalan-jalan ke luar negeri bukan menjadi momen untuk belanja dan belanja. ada baiknya jalan-jalan itu ya jalan-jalan. menikmati negara yang dikunjungi. bukan mengunjungi mall to mall... 

6. Ingat... yang namanya shopping mall, JAkarta itu sudah JUARA deh. komplit dan bagus-bagus. jadi kalau keluar negeri ngapain capek-capek cari mall lagi? Cari suasana lain dong... Nggak bosen apa ke mall mulu..??

Bagasi yang dibawa biasanya buka beda saat datang dan pulang...always OVER 


Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

Cerita tentang Seorang Ibu Tukang Pijat di Atas Kereta