SELAMAT TINGGAL FORMULIR KARTU IMIGRASI

Contoh kartu imigrasi yang wajib diisi setiap berpergian keluar negeri

Tanggal 28 Maret kemaren gue melakukan perjalanan ke luar negeri bersama teman dan rombongan. Saat tiba di counter check in, gue mulai sibuk mengurus tiket dan segala keperluan lainnya. Mulai dari bayar bagasi dan juga Airport tax 150 ribu.

Eniwei, airport tax itu berfungsi untuk apa ya...? Kenapa di negara-negara lain tidak ada pembayaran2 seperti ini..?

Singkat cerita urusan tiket, bagasi dan airport tax beres!

Gue mulai mencari formulir kartu Imigrasi atau juga kartu embarkasi dan debarkasi. Fungsinya sih sebagai alat kontrol saat kita keluar masuk  dari negara kita dan juga ke negara lain. tapi, kenapa formulir kartu tersebut sudah tidak ada di meja yang biasanya menyediakan formulir kartu tersebut ya...?

Habis kah...?

Akhirnya gue bertanya ke salah satu petugas yang sedang berwara-wiri kayak seterikaan melintas di depan gue.
"Mas, formulir kartu imigrasinya habis ya...? kok nggak ada..?"

Dengan sigap, lantang dan tegas si petugas langsung menjelaskan perihal kartu tersebut kepada gue. cara menjelaskannya juga mirip iklan-iklan layanan masyarakat yang sering gue lihat di tv-tv.
"Begini mas, sejak tanggal 23 Maret kartu tersebut sudah tidak berfungsi lagi. dan kartu tersebut diganti dengan menggunakan SBCM (Sistem Border Control Management) di 44 bandara di Indonesia. "

"Oooo, begitu. asyik dong, nggak repot-repot lagi harus ngisi formulir."
(Soalnya gue pernah lupa mengisi formulir tersebut, kemudian dihadang petugas imigrasi dan disuruh ngisi. padahal gue sudah ngantri berdiri hampir satu jam di depan pintu masuk imigrasi. semua itu gara-gara kartu sialan itu! Huh! akhirnya elo tidak berfungsi lagi..!!! Syukurin!!)

Sebenarya dengan penghapusan kartu imigrasi sangat memudahkan penumpang yang hendak berpergian keluar negeri. karena terkadang kartu tersebut sering jadi masalah. mulai dari hilang, sobek, tertinggal atau bahkan sering menjadi kepanikan karea takut nggak bisa balik kenegara sendiri. (nggak segitunya kaleee...!!)

Kata si mas petugas tadi kartu tersebut berlaku hanya di 44 bandara saja. dan Warga negara Asing masih wajib mengisi formulir kartu tersebut jika masuk ke Indonesia.

Hmmm.... semua sudah dipermudah bukan..???

Sebelumnya setiap keluar negeri kita juga harus menunjukkan kartu NPWP ke petugas ticketing, sekarang tidak lagi. karena sejak tahun 2011, pihak Dirjen Imigrasi juga sudah tidak memberlakukan NPWP sebagai kartu sakti untuk keluar negeri

Wajib diisi


Comments

  1. Coba Paspor juga dihapus... mungkin lebih menyenangkan dan lebih ekonomis...

    ReplyDelete
  2. heru: huakakkakakakkakaka...!!!!! aku juga senangggggg!!!!!

    ReplyDelete
  3. wow keren... tax di Indonesia masih murah, coba masuk negara lain.. berapa dolar tuh.. kita cuma 150 rb ($15) -.-

    mampir ke Shared by Adeline lg ikutan lomba nih... lumayan siapa tau bisa ke korea gratisan...hehe

    ReplyDelete
  4. adeline: ke korea gratis dgn cara nulis blog ato apa..?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

Cerita tentang Seorang Ibu Tukang Pijat di Atas Kereta