ASYIKNYA JAMBORE SAHABAT ANAK 2012

the A team


Tuntas sudah gue melakukan Jambore Sahabat Anak (JSA) di Buper Ragunan bersama 1000 anak Jalanan se-Jabodetabek. Acara tahunan ini digelar sejak tanggal 7 hingga 8 Juli lalu. Tapi, gue dan beberapa panitia sudah standby di lokasi Buper sejak 6 Juli (Malam), untuk mempersiapakan segala keperluan yang akan dibutuhkan pada acara akbar tersebut.

Ada kebahagiaan tersendiri bagi gue karena bisa ikut berpartisipasi pada JSA tahun ini. Karena sejak dua tahun lalu, gue sudah kepengen ikut berpartisipasi dalam acara ini, namun selalu ada saja kendala (tahun lalu saat JSA, gue sedang liburan ke Manado). Kali ini, sejak jauh-jauh hari, gue sudah meminta ikut ambil bagian di acara JSA. kebetulan lagi gue dipercaya menjadi salah satu 'pasukan' dari beberapa pasukan dokumentasi yang mengabadikan segala aktivitas adik-adik selama ikut jambore.

with Adik-adik jalanan dan volunteer

banyak hal yang gue dapat saat berada di tengah2 1000 anak jalanan. bayangin saja, dengan begitu banyaknya anak-anak marjinal, yang nasibnya ditentukan oleh kejamnya ibukota. mereka setiap hari mencari nafkah dijalanan. meski dengan segudang resiko yang bisa membahayakan nasib mereka. namun mereka harus survive untuk hidup...

Miris....

Tapi, gue senang bisa berada di tengah2 mereka. gue bisa mendengarkan langsung seperti apa suka duka hidup mereka. keluhan mereka, harapan mereka dan juga cita-cita mereka.  juga gue bisa melihat sendiri ketika mereka meneteskan air mata saat berkisah bagaimana 'sakitnya' hidup dengan segala keterbatasan.  tapi, tujuan JAMBORE ANAK ini tujuannya bukan untuk membuat mereka bersedih melainkan mengajak mereka untuk melupakan sejenak masalah mereka. 
di JSA mereka bisa melakukan apa saja yang sifatnya membuat mereka bahagia. memakan dan makanan apa saja (yg disediakan panitia dan sponsor), tanpa harus takut KELAPARAN.  makanan minuman sangat berlimpah buat mereka. 

Dia menatapi foto2 ceria yang ada didepannya

Di JSA adik-adik jalanan juga banyak diajarkan tentang arti hidup, tentang impian dan juga cita-cita mereka. dengan slogan SUARAKAN IMPIANMU, di JSA tahun ini kami memang ingin agar adik-adik menyuarakan impian mereka. nggak perlu takut dan nggak perlu merasa terkucilkan. karena tidak ada yang mustahil....
gue juga snagat speechless saat beberapa adik-adik yang naik ke atas panggung untuk menunjukkan bakat mereka...

LUAR BIASA...!!

Mereka bernyanyi dengan suara yang tidak kalah bagusnya dengan penyanyi prof..
Menyanyi dengan lagu ciptaan sendiri...
Bermain gitar bak seorang gitaris handal...
Membaca puisi bak seorang pujangga...
Menari bak penari handal...

Ternyata bakat mereka sangat luar biasa...

Alangkah menyedihkan jika kita mengabaikan mereka...
membiarkan mereka mengubur impian mereka..
mengubur cita-cita mereka...

Mari, kita mendengarkan dan mewujudkan impian mereka...
Kalau bukan kita siapa lagi....????

SEE YOU ON THE NEXT  JAMBORE SAHABAT ANAK....


Add caption


Comments

Popular posts from this blog

10 Pantai Indah Yang Wajib diKunjungi Saat Ke Sulawesi Selatan

Cerita tentang Seorang Ibu Tukang Pijat di Atas Kereta