TUKANG OJEK & BAHASA INGGRIS (PHUKET)


Perhatikan tulisan-tulisan ini

Ternyata Ojeg tidak hanya berjaya di negeri kita saja. Di beberapa negara juga memberlakukan jasa transportasi 'gelap' ini untuk menjadi alternatif armada kalau kepepet. Begitu juga di Thailand, tepatnya di Phuket, banyak ojeg-ojeg nangkring di pos-pos tangkringan mereka. 

Suatu kali, gue bener-bener kepepet pengen balik ke hotel karena dompet dan hape gue ketinggalan, sementara gue dan teman-teman sudah nyampe di mall untuk makan dan belanja2. Apa mau dikata, gue harus balik ke hotel yang sebenarnya jaraknya nggak begitu jauh. tapi kalo ditempuh dnegan jalan kaki yang ada keringat yang keluar bukan air melainkan darah... ya iyalah..siang itu panas matahari mencapai 37 drajat bo!!!... elo aja berjemur dibawah terik matahari bisa jadi kripik Maichi sangkin garingnya. 

Akhirnya, gue mendapat saran dari penduduk setempat agar gue naik ojeg. Meski disana jelas namanya bukan ojek. (atau bisa jadi OJAK, OJIK atau juga JEK JEK....) dan gue nggak terlalu penting mencari tau nama panggilan ojeg disini. yang gue butuhkan jasa mereka bukan panggilan mereka. 

Kemudian gue keluar dari mall menuju pangkalan Ojeg. ternyata banyak juga ojeg-ojeg nangkring. hanya saja pengemudinya yang nggak tau kemana. Cari sana sini ternyata katanya mereka sedang makan siang. Ooo, pantas aja pangkalan ojegnya sepi. 

Iseng-iseng gue pelototin deh pangkalan ojeg yang mirip markas roda di kelurahan-kelurahan. terbuat dari bambu dan atapnya dari tepas (atau apalah sebutannya). trus, gue perhatiin disetiap tiang ada coretan-coreatn yang 'berguna" bagi si tukang ojeg. disana banyak tulisan kata dalam bahasa inggris kemudian diartikan ke dalam bahasa mereka. (perhatiin deh foto2 yang terlampir). 
Asal tau saja, di Phuket (Thailand) banyak banget yang tidak bisa berbahasa Inggris. entah karena BODOH atau MALAS belajar bahasa asing gue juga kagak tau. jadi kalo elo pelesiran kesini, jangan harap kamu bisa leluasa menggunakan bahasa Inggris yang elo kuasai. mending pake bahasa tarzan saja..lancar jaya dijamin....

Yang jelas, melihat keingin tahuan para tukang ojeg berbahasa Inggris, mereka memanfaatkan tiang2 di pangkalan ojeg menjadi sarana untuk mencatat kalimat-kalimat atau kata-kata yang sering digunakan...

So, belajar bahasa Inggris itu nggak mengenal status, drajat, pendidikan, profesi atau juga materi lho.... semua dilandasi dari KEMAUAN.......


Pangkalan Ojek di Phuket
Tiang-Tiang penuh dengan tulisan bahasa inggris dan artinya dalam bahasa Thailand

Ide cerdas untuk pinter..

Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

Cerita tentang Seorang Ibu Tukang Pijat di Atas Kereta