Pantai Santolo Garut - Keindahan Berlumuran Sampah



Yang paling gue suka saat berada di pantai adalah, jiwa dan raga gue  bisa tenang dan damai. pikiran gue bisa lepas dari segala beban permasalahan yang menumpuk. tidak heran kalau Laut dan Pantai menjadi salah satu best destination gue untuk liburan. terserah deh mau dipantai mana

ASAL....

Indah...
bersih..
penduduknya ramah...
akses mencari makanan gampang....
juga, tidak banyak sampah dipinggir pantai...

Akhir pekan kemaren, gue dan teman2 liburan ke Garut, meski belum pernah ke pantai Santolo dan dua pantai lainnya yang berdekatan, tapi kami sempat dibikin kagum dengan foto-foto yang ada di paman google. Itu sebabnya kami memutuskan pergi ke pantai tersebut yang jaraknya sekitar 3-4 jam lagi dari pusat kota Garut. (pakai acara nyasar segala lagi...)

Nggak apa deh... dijabani...

Kami pun tan cap gas ke Garut demi mencari pantai indah tersebut. meski nyampe ke kawasan tersebut hingga tengah malam. jadi deh di hari pertama kami nggak bisa menikmati pantai karena pake nyasar-nyasar nyari lokasi. dan kami memutuskan malam itu nginap di hotel dikawasan Ranca Buaya.

Keesokan paginya.....

mulai deh beraksi...

kamera siap...
hunting foto siap...
hunting video siap....

Pokoknya urusan dokumentasi jangan diragukan deh... kamera gue standdby terus....(sudah lihat hasil foto dan videonya bukan..??)

Dari pagi hingga siang kami menghabiskan rehat kami di Pantai Ranca Buaya... Sangat Indah... bersih dan sepi dari pegunjung. konon kata penduduk setempat pantai ini hanya ramai dikunjungi saat lebaran dan tutup tahun. selebihnya FLATTT...!!! sepi..!!! (kasihan ya...)
 entah kenapa gue begitu senang berada di Ranca Buaya..karena penduduknya ramah dan gue sempat bermain2 bersama mereka. sempat juga membantu mengotong perahu mereka seusai berlayar... seru bo!!

Tapi, karena sepi, dan tidak ada yang bisa dilakukan disitu selain menikmati pantai, maka kami pun melanjutkan perjalanan ke Santolo. jaraknya 1 jam dari Ranca Buaya. jalanan agak berkelok2 dan banyak jalan yang rusak.  tapi yang bikin segar pemandangan di kiri dan kanan terbentang persawahan dan juga pantai......lumayan deh..menggerutunya ilang.

NYAMPE DI SANTOLO....

suasana mulai rame turis lokal yang berduyun-duyun ke Pantai Santolo. meski suasana pantai, tapi rata2 pengunjung yang berenang semua berpakaian lengkap. kagak ada istilah swimsuit. bakan cenderung menutupi aurat serapat2nya... Ini pantai bung! pakailah pakaian pantai... meski nggak harus seksi.. masak ada yang berenang dengan baju tertutup semua. yang kelihatan cuma mata doang... seremmmmm...!!!

gue mulai hunting lokasi...
tapi sayang, pemandangan yang tidak sedap mulai terlihat...
sampah dimana-mana...
bukan hanya sampah biasa. tapi hampir sepanjang bibir pantai sampah berserakan..
anehnya kenapa TIDAK ADA SATU PU N ORANG YANG PEDULI...??
mereka malah asyik membantu membuang sampai di bibir pantai... bukannya membuang smapah pada tempatnya...

Yang bikin makin GONDOK bin KESAL, dengans eenaknya seorang ibu membuang sampah seember di pantai.. ya DI PANTAI..!!!
edan...!!!
gila..!!
kenapa tidak ada yang negur ya....??

akhirnya gue nekad menegur si ibu pemilik warung...
"Bu, kok bang sampahnya di pantai..?"
"N\sudah biasa kok.."
"HA..??"
"Iya..kan dekat..."
"Jangan dibiasakan dong bu. jaga kebersihan pantai itu tanggung jawab semua."
"........"
"Nanti kalau ada bencana yang disalahkan Laut.... Tuhan...nangis2..."
"......"
si ibu diam dan acuh. sementara gue ngoceh kayak PAKAR yang sedang memberi PENYULUHAN..

Ya, gue paling anti sama orang yang dengan seenaknya buang sampah sembarangan. baik itu pengunjung atau juga warga setempat. Tidak ada kompromi gue nekad menegur mereka dengan menyuruh mengambil sampah yang sudah mereka buang.

Kalau bukan kita siapa lagi yang peduli dengan kebersihan pantai...???


Intinya, kemaren gue bener2 kecewa dengan pantai SANTOLO yang sangat kotor dan jorok... keindahannya menjadi berkurang. Begitu juga dengan pemilik resto yang seenaknya buat harga makanan. Turis (lokal/manca negara) dianggap target untuk dikibuli. bukannya seharusnya mereka buat harga yang reasonable untuk ikan laut yang berasal dari laut yang begitu dekat dengan kehidupan mereka...

Intinya..... Gue cukup kecewa dengan kawasan ini. kalau tidak berbenah, gue yakin lokasi ini sulit untuk berkembang....

KEEP THE BEACH CLEAN GUYS...!!!
 


Add caption
Add caption


Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....