Posts

Showing posts from April 8, 2012

DISIPLIN WAKTU DI S'PORE

Image
Alasan apa yang sering kita lontarkan ketika kita terlambat datang ke suatu acara atau pertemuan? pasti jawabnnya," maaf, gue terlambat karena macet..!!"
Itu sudah menjadi ciri khas orang Indonesia. JAM KARET dengan mengkambing hitamkan MACET! Tapi jangan pernah coba-coba kamu mencari alasan macet ketika berada di negeri orang. Yang ada kamu akan dilempar ke got sampah karena suka mencari kambing hitam. 
Budaya disiplin memang sudah diterapkan di negara-negara tetangga kita. Contohnya di KL, S'Pore, Vietnam dan juga Thailand (4 Negara yang baru saya kunjungi), mereka menerapkan kedisiplinan yang sudah menjadi budaya dalam berkendaraan. 
Seperti contoh ketika gue dan teman membawa rombongan Tour ke Phuket. di Phuket kita menyewa Tour guide lokal yang siap mengantar jemput kami selama di Phuket.  Bayangkan saja, ketika kami berjanji akan memulai tour jam 8 pagi, tour lokal dan mobil carteran sudah standby di depan hotel pukul 07.30 Pagi. Jadi ketika jarum jam sudah beranj…

SELAMAT TINGGAL FORMULIR KARTU IMIGRASI

Image
Tanggal 28 Maret kemaren gue melakukan perjalanan ke luar negeri bersama teman dan rombongan. Saat tiba di counter check in, gue mulai sibuk mengurus tiket dan segala keperluan lainnya. Mulai dari bayar bagasi dan juga Airport tax 150 ribu.

Eniwei, airport tax itu berfungsi untuk apa ya...? Kenapa di negara-negara lain tidak ada pembayaran2 seperti ini..?

Singkat cerita urusan tiket, bagasi dan airport tax beres!

Gue mulai mencari formulir kartu Imigrasi atau juga kartu embarkasi dan debarkasi. Fungsinya sih sebagai alat kontrol saat kita keluar masuk  dari negara kita dan juga ke negara lain. tapi, kenapa formulir kartu tersebut sudah tidak ada di meja yang biasanya menyediakan formulir kartu tersebut ya...?

Habis kah...?

Akhirnya gue bertanya ke salah satu petugas yang sedang berwara-wiri kayak seterikaan melintas di depan gue.
"Mas, formulir kartu imigrasinya habis ya...? kok nggak ada..?"

Dengan sigap, lantang dan tegas si petugas langsung menjelaskan perihal kartu ters…

SUKA DUKA NGINAP DI DORMITORI

Image
Siap-siap ber-Traveling-ria..? Apakah Itenarery Sudah disusun dengan baik? Bagaimana dengan penginapan...??? Banyak pilihan untuk menginap. dan itu semua tergantung isi kocek kamu juga. untuk menghemat biaya perjalanan, biasanya para backpackers nggak mau membuang duit mereka untuk hal yang tidak penting. menyewa penginapan mahal misalnya. Sangat  mubajir rasanya. Toh penginapan berfungsi hanya untuk mandi dan tidur doang. Selebihnya Ngiderrrr.... alias explore the city!
Tapi, bagi kamu yang belum pernah atau baru kali pernama ber traveling ria. Tidak ada salahnya memantau seluk beluk penginapan yang murah meriah seperti DORMITORI. yang jelas nginap di Dorm itu nggak sama dengan nginap di hotel ato hostel atau villa dan bungalow. Beda jauh..!! Di dalam kamar Dorm ini kamu harus bisa share dengan beberapa orang yang tidak kamu kenal (kecuali teman-temanmu). syukur-syukur kamu bisa satu kamar dengan  bule-bule dari Amrik, Eropa dan Aussie. itung2 melatih English-mu secara cuma-cuma. As…

INFO LOWONGAN Di S'PORE

Image
Jika sedang bertandang ke S'pore, tentu kita melihat semuanya serba teratur dan tertata rapi. Nggak ada yang namanya sampah bertebaran dimana-mana. merokok disembarang tempat dan juga tidak ada brosur-brosur atau info-info yang ditempel dismebarang tempok yang ada dipinggi jalan. jangankan tempok, tiang listri dan jembatan penyeberangan juga jadi korban 'tempelan' orang-orang yang nggak mau rugi...

Ketika gue di S'pore, meski nggak suka dengan gaya hidup mereka. namun ada beberapa poin berharga yang atut kita contoh. mulai dri kedisiplinan, kebersihan dan juga soal transportasi umum yang sangat menjanjikan.
Selain semua itu, gue melihat ada papan informasi yang terbuat dari papan triplek berukuran sedang (mungkin sekitar 1.5 m2) di pasang didekat halte bus umum. Papan tersebut berfungsi untuk menempelkan informasi apa saja. Baik informasi lowongan kerja, cari pembantu, cari rumah kontrakan atau flat atau apartemen mewah sekali pun. semua bisa diinformasikan disitu.

Me…

S'PORE'S GADGET FREAK..!!!

Image
Traveling kemaren, gue mengunjungi dua negara yang memiliki dua culture, budaya dan tradisi yang sangat jauh berbeda. Vietnam dan Singapura. Kalo boleh jujur, untuk tinggal berlama-lama gue lebih suka di Vietnam dan sekitarnya. (Hanoi, Da Nang, Hue, Sapa dll)  ketimbang di S'pore.
Kenapa...?
Karena negara yang merdeka tahun 1975 ini masih tergolong negara yang hidup dalam keadaan apa adanya. Suasana kekeluargaan masih terasa kental, sederhana dan juga belum terjangkit virus GADGET FREAK! 
Itu dari sudut pandang gue lho! 
Lihat saja setiap pagi, siang dan malam  atau kapan saja, mereka sering berkumpul  atau duduk-duduk di kursi (kuris anak TK gitu deh) di pinggir jalan sambil minum kopi dan ngobrol. Bukan duduk-duduk di kafe waralaba berudara  AC  dan minum kopi berlogo Putri Duyung Hijau atau sejenisnya!  Mereka begitu menikmati kopi khas negara mereka sendiri dengan suasana yang sangat akrab. Tidak peduli apa kasta dan profesimu.  Gue perhatikan kebersamaan dan duduk-duduk samb…