Posts

Showing posts from May 20, 2012

FESTIVAL TELUK JAILOLO-CABARET OF THE SEA

Image
19 Mei 2012

Sekitar pukul 15:00 WIT, lapangan Jailolo dipadati ribuan warga yang datang dari segala penjuru HalBar, karena begitu antusias ingin menyaksikan pertunjukkan akbar di kota mereka. Meski matahari cukup menyengat namun antusias semua warta tidak tergoyahkan. Bahkan sebagian dari mereka sudah menunggu sejak pukul 12 siang karena takut tidak kebagian tempat yang strategis. Meski sesungguhnya kabaret sendiri dimulai tepat pukul 16:00 WIT. Dibuka dengan beberapa kata sambutan dari petinggi daerah setempat.
Gema suara musik berkumandang pertanda aktraksi dimulai. Dari sisi sebelah kiri panggung muncul rombongan kabaret berlari ketengah lapangan dengan seluruh wajah mereka ditutupi kain panjang sehingga yang terlihat hanya kaki-kaki  mereka saja. Kemudian rombongan diarak keatas panggung  besar yang menjadi tempat pertunjukkan kabaret berlangsung.
Tiba diatas panggung, rombongan dipecah menjadi tiga bagian (disisi kiri panggung, sisi kanan dan ditengah-tengah). Kemudian secara dra…

PAPEDA & IKAN KUAH KUNING

Image
Papeda Ikan Kuah kuning adalah kali pertama gue icip-icip ketika berkunjung ke Halbar. awalnya sempat bingung makanan apa ini...?? tapi setelah dijelaskan kalah bahan makanan ini terbuat dari Sagu yang menjadi makanan pokok bagi warga Maluku. bahan Sagu yang kemudian dijadikan papeda. cara menghidangkannya juga cukup unik... Cara mengambil Papeda dari tempatnya cukup dengan dua buah ujung sendok. meski sebenarnya alat untuk mengambil papeda adalah Gata-Gata (terbuat dari bambu), tapi karena tidak ada Gata-gata tadi, solusinya diambillah sendok makan, kemudian bahan Papeda diputer-puter hingga menggulung di kedua ujung sendok tadi.  setelah terlihat cukup banyak diujung sendok lalu dipindahkan ke dalam piring yang sudah diisi Ikan kuah kuning...
Gue semakin penasaran, seperti apa rasanya...? awalnya gue merasa aneh memakan makanan ini. meski terlihat seperti agar-agar, namun campuran kuah kuningnya membuat rasanya jauh lebih nikmat... sekali makan.... hmmm... dua kali makan....hmmm.. a…

SUNSET @TELUK JAILOLO

Image
Jika ada waktu, pergi ke Teluk Jailolo, Halmahera Barat deh.... elo bakalan mendapat paket liburan yang LENGKAP..!!! maksud gue... ketika berada disana, elo bisa menikmati keindahan pemandangan lautnya, gunung, bukit,  makanan khas-nya alias kulinernya... menikmati keindahan terumbu karangnya bagi kamu yang suka diving... mempelajari adat istiadat yang masih kental... jamuan makan di rumah adat oleh penduduk setempat....
so... komplit dah...!!! oneday...gue janji bakal berkunjung kesini lagi... ya.... untuk menikmati segala keindahannya...
I LOVE TELUK JAILOLO.....





BOCAH-BOCAH TELUK JAILOLO...

Image
Kesempatan bercanda gurau dengan bocah-bocah di Teluk Jailolo, merupakan bonus 'plus' yang gue dapatkan saat berada di kota kecil nan super dupper panasnnya. meski terik matahari begitu ganasnya, namun bocah-bocah ini tetap asyik bermain dan berenang di laut.. "Om, foto om..fotoooo....!!" teriak mereka ketika melihat gue menenteng kamera.  Hmm..... Jangan khawatir bocah-bocah..  Tujuan saya datang ke kotamu juga untuk mengabadikan momen-momen yang langka bagi saya...  salah satunya adalah aktraksi kalian yang cukup menarik.....
semoga bocah2 ini melihat foto2 mereka di blog gue ini.......
Cheeerrrrrssss...!!!








HEADING TO TELUK JAILOLO

Image

FESTIVAL TELUK JAILOLO-HALBAR

Image

JAILOLO TO BALI....(GEMPORRRR....)

Image
20 Mei 2012... Sebenarnya agenda gue hari ini bener2 nggak bersahabat banget. tapi mau nggak mau harus dijalani. bayangin aja... Pagi subuh jam 4 WITA (beda 2 jam lebih cepat dari WIB jadi jam 2 WIB), gue dan teman2 harus standby di Dermaga Jailolo.. lu tau nggak? mata gue bener2 nggak nyatu banget dengan jiwa gue. spalnya masih pengen tidur sepuas2nya. tapi terpaksa harus bangun. (milih mana, ditinggal kapal atau tidur?) jadi.... Jam 2 waktu kita (WIB) jam 4 Wita, kami sudah bergegas menuju dermaga bersama rombongan lain.  Asliii wajah kami bener2 wajah bantal semua. nggak ada yang cakep..!!! wajah gue yang cakep permanen saja langsung sirna. asli jelek!!! nggak apa2 deh.... toh subuh itu semua wajah jelek semua...
trus..... jam 4 subuh lewat 30 menit kapal kecil (perahu aja ya..biar terkesan dramatis) yang kami tumpangi mulai jalan... sekitar 45 menit menghantarkan kami ke Ternate... busyet dah... suasana di laut gelap gulita cuy! nggak ada seberkas cahaya (numpang pake judul lagu Nike Ardila ya.…