Posts

Showing posts from June 24, 2012

TRADISI OROM SASADU (MAKAN BERSAMA DIRUMAH ADAT) DI TELUK JAILOLO-HALMAHERA BARAT

Image
Pernah ke Teluk Jailolo di profinsi Halmahera Barat? Ternyata profinsi muda itu memiliki banyak keindahan alam dan budaya serta tradisi yang masih kental dengan unsure budayanya. RAsanya menyesal jika tidak melihat dan mengikuti langsung tradisi dan budaya di Teluk Jailolo itu.

Ada satu tradisi yang paling saya suka ketika sedang berada di Teluk Jailolo yaitu upacara Orom Sasadu atau dalam bahasa Indonesianya upacara Makan Bersama di Rumah Adat.
Acara ini benar-benar memperlihatkan bagaimana kebersamaan antar sesama warga yang masih memegang teguh adat istiadat yang sudah menjadi tradisi turun temurun. Dan para orangtua berharap upacara Orom Sasadu ini tidak punah dimakan kemajuan zaman. Biasanya upacara ini diselenggarakan sehabis panen sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan, dan dirayakan 7 hari berturut-turut.
Malam itu saya dan teman-teman diundang ke Desa Gamtala, Kecamatan Jailolo, untuk mengikuti upacara makan bersama. Meski jalan menuju desa tersebut banyak ruas jalan yang r…

QUOTE.....

“I never considered a difference of opinion in politics, in religion, in philosophy, as cause for withdrawing from a friend.”
Thomas Jefferson

JAKARTA ICON....

Image
ADA 3 ICON YANG ADA DI JAKARTA. MONAS-GEREJA KATEDRAL DAN MASJID ISTIQLAL..HARMONISASI KETIGA ICON TERSEBUT MENJADI MAGNIT KOTA JAKARTA YANG GUE SUKA... YA...HANYA SAJA HARMONISASI HANYA SEBATAS SIMBOL SEMATA. KARENA REALITANYA JUSTRU SERING TERJADI KETIDAK HARMONISAN ANTAR UMAT BERAGAMA...





KHAOSAN ROAD = KAWASAN YANG TIDAK ADA MATINYA...

Image
Kalau sedang trip ke Bangkok, Thailand, salah satu kawasan yang wajib saya kunjungi adalah Khaosan Road a.k.a Khao San Road. Jalan ini sangat kondang bagi para backpackers di seantero dunia. Karena kawasan ini memangterlahir dari komunitas orang-orang yang suka traveling ala backpackers. Jadi wajar, dikawasan ini banyak tersedia penginapan-penginapan sekelas hotel melati, motel, hostel hingga dormitory dengan tarif yang relatif murah dan terjangkau. Karena bagi para backpackers tidur tidak harus mahal yang penting nyaman dan bisa tertidur pulas setelah seharian beraktivitas. Begitu juga dengan saya dan my travel buddy, Glen, setiap trip ke Bangkok, kami pasti akan menyempatkan nginap satu atau dua malam dikawasan ini. Entah kenapa daya magisnya begitu kuat untuk didatangi atau karena kawasan ini memang cocok bagi jiwa kami yang petualang. Suasananya cukup meriah. Sepajang jalan Khaosan dijejali klub-klub yang saling berdampingan. Irama musik jalur cepat pun saling bersaut-sautan. Anek…

SALAH PERINTAH......

Image
Ceritanya nih gue lagi di Bali sama bokin.

Pokoknya lagi indehoi indehoi gitu deh selama beberapa hari. Jadi kerjaannya kalo nggak di kamar ya jalan-jalan ngiderin Bali. Bahkan sampe pergi ke Ubud nyicipin nasi ayam Bali (sudah baca kisah sebelunya kan..?)

Seperti biasa, setiap mau keluar kamar gue selalu ngegantungi 'simbol' alias perintah di depan engsel pintu yang bertuliskan PLEASE MAKE UP ROOM alias Harap Bersihkan Kamar.
Jadi sekembalinya dari jalan2 kamar sudah tertata rapi dengan bersih. Kalo pun badan pegel2 bisa langsung nyungsep ditempat tidur dan tidur deh.....
Kalo masih kotor dan jorok gimana bisa nyaman. Ditambah lagi gue paling gak suka melihat sesuatu yang tidak tertata dengan rapih (perfeksionis-nya kumat).

Suatu hari, sebelum meninggalkan kamar, gue nyuruh bokin ngegantungi 'simbol/tanda' agar kamar dibersihkan.

"Jangan lupa gantungin tanda bersihkan kamar..."
"Iya.. sudah gue gantungin..."

Kami pun tancap gas ngider Kuta dan ber…