TENTANG BIBI SAR......

ilustrasi

Gue memanggilnya Bi Sar...(Kalau sedang bercanda manggilnya SARIMIN pergi Ke Pasar)

usia Bi Sar sekitar 48 atau 50 tahun gue juga kurang tau pasti usia sebenarnya. karena setiap ditanya soal umur pasti kagak mau berterus terang. 
Bi Sar pekerja (pembantu) dirumah kebarat gue. sudah bekerja sejak setahun belakangan ini. meski sebenarnya Bi Sar bukan orang baru dilingkungan kerabat gue. sebelum bekerja di rumah kerabat, Bi Sar juga pernah bekerja dirumah saudara yang lainnya. jadi muter-muternya masih dilingkungan kerabat juga.  hingga akhirnya mentok di rumah kerabat yang sekarang ini. 

ada keunikan tentang Bi Sar. Apakah itu disebut keunikan atau kebiasaan atau penyakit atau juga kebodohan. entahlah....
yang jelas, Bi Sar bekerja sebagai pekerja dirumah kerabat sering bikin seisi rumah kesal, dongkol dan juga bingung (meski tidak bisa marah ke Bibi). karena setiap apa saja yang dia kerjakan tapi prosesnya sangat sangat sangat lama dan tidak pernah beres dalam hitungan menit atau 1 atau 2j am. misalkan kita menyuruh dia buat tehh manis. pasti akan disajikan dalam hitungan 1 jam bahkan lebih. harus diingatkan berkali-kali karena si Bi Sar akan kelupaan. bahkan terkadang sampai tamu yang hendak disuguhin tehh sudah pulang, tapi tehh belum juga nongol parahhh bukan?
"Bi, Tehh nya mana??"
"Oiya, lupa, abis di dapur lagi masak ini itu bla bla bla.." jawab si Bibi meski sesungguhnya dia tidak mengerjakan apa-apa. 

begitu juga kalau memasak. wah, alamat mati kelaparan dulu deh baru masakkannya kelar dikerjakan. misalkan begini, si Bibi disuruh masak untuk makan siang. maka masakan akan selesai menjelang sore hari atau hampir malam hari. jadi kebayang gimana 'bertanduk'nya penghuni rumah menunggu masakannya kelar. akhirnya berujung dengan delivery order makanan siap saji. dan itu terjadi berulang-ulang. setelah pesanan datang, dengan tanpa bersalah dan berdosa si bibi menghidangkan makanan di meja...
"Akhirnya selesai juga masakan Bibi..."ucapnya sambil tergopoh-gopoh membawa makanan ke meja. padahal kami yang sudah selesai makan dari delivery order.
kalau disuruh nyuci piring, wah, alamat sampe tengah malam deh piring-piring kotor yang dicucinya akan kelar. bisa sampe jam 12 malam. anehnya, entah apa yang dikerjakannya kami juga tidak tau. pernah gue perhatikan Bi Sar nyuci piring. untuk satu gelas saja dia bisa membersihkan sampai beberapa menit. dibilas berkali-kali sampai ebrsih. kebayang kan berapa banyak air terbuang sia-sia untuk sebuah gelas. bagaimana dengan priing-piring kotor lainnya? 
Intinya, Bi Sar memang sangat LAMBAT bekerja. smeua pekerjaannya tidak ada yang beres. semua berantakan.
meski ada 3 pembantud irumah kerabat, tapi Setiap hendak dibantuin kerja Bi Sar pasti ngomel-ngomel dengan pmebantu yang lainnya. tidak heran kalau 2 pembantu tersebut tidak cocok dengan Bi Sar. mereka hanya menjalankan tugas mereka sebagai si tukang nyuci nyeterika, yang satunya lagi bagian ngurus baby. dan Bi sar bagian Urus dapur dan masakan. tapi, yang paling berantakan kerjaannya ya si Bi Sar. Paraahhhhh...!!!

sempat kepikiran ingin di pecat namun tidak tega karena riwayat hidup Bi Sar kadang bikin sedih. dia sempat terkena kanker Payudara dan sempat menjalani kemo bberapa kali. sekarang payudaranya sudah diangkat dan mungkin efek kemo dan obat2an yang keras membuat Bi Sar rada-rada pikun dan suka lupa dengan apa yang disuruh. jadi alasan tersebut membuat kerabat gue tidak tega untuk memecat Bi Sar. jadi dengan kondisi yang seperti itu, kami juga harus SIAP menerima NASIB yang tidak jelas soal makanan dan apa pun yang diperintahkan dengan Bi Sar...

KAlau gue sih kadang sering mencandai Bi Sar. karena dia sebenarnya cukup perhatian. misalkan gue datang kerumah kerabat tersebut Bi sar langsung menyapa gue..
"MAs Very capek ya? habis dari Bandung nyetir sendiri ya? Bibi buatin Tehh panas ya, biar capeknya hilang. Nanti Bibi masakain mie rebus pakai cabe rawit jadi pedes dan rasa capeknya hilang..."
nah lu bayangin kan, Bi Sar Tuh kalau bicara suka nggak ada titik komanya... nyerocosssss terus....
dan gue hanya bilang Iya da iya saja... karena semua yang dia tawarkan tadi, belum tentu dikerjakannya. musti diingatkan lagi," Bi, Tehh nya mana???" atau
"Bi, Indomie Rebusnya mana..?"
langsung deh si Bi Sar kelabakan, "Oiya, kelupaan mas Very. sebentar ya, Bibi beresin dapur dulu, nanti langsung Bibi masakin Indomie dan buatin Tehhnya.."
tapi, jangan harap si bibi ingat lagi... karena sampe keesokan paginya si Bibi masih juga belum membuat apa yang dia tawarkan tadi..

Ya, Gitu dehhhhhhh..
malas ga lo..?

Intinya, Bi Sar itu Unik..!!!



Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....