Explore Cipanas - Garut

naik sepeda keliling pedesaan di garut

Weekend kemarin Gue dan teman memutuskan untuk refreshing dari rutinitas yang membosankan di ibukota. Tapi, kami sempat bingung, liburan di akhir pekan yang hanya satu malam dua hari ini harus benar-benar memilih tempat yang tepat. Kalau salah yang ada stress nggak hilang malah makin memuncak.
Setelah buka-buka paman google dan browsing beberapa blog para traveler, akhirnya kami memutuskan untuk hijrah ke Garut diakhir perkan. Meski sempat pesimis menyebut nama Garut. Bukan pesimis karena Garut bukan good destination, melainkan, pada saat itu aku dan teman benar-benar dalam kondisi krisis keuangan tapi pengen berlibur.
Kalau memilih Bandung di akhir pekan itu sama saja ‘bunuh diri’. Maklum, kalau menjelang akhir pekan, kota Bandung sudah tidak bersahabat untuk dijadikan destinasi berleyeh-leyeh. Macetnya itu lho, ampuuunnnnn!!!!! Bisa stuck dan mencak-mencak di jalan.

Setelah berembuk berkali-kali, akhirnya kami tetap memutuskan untuk pergi ke Garut dengan low bujet. Semua serba share. Mulai dari isi bensin, makan, nyewa penginapan dan masuk ke tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi.  Lalu kami pun teng go!

Berangkat dari kota Bandung ke Garut pukul 10.00 WIB

Mobil langsung masuk ke jalur tol untuk menghindari macetnya beberapa titik kemacetan di kota Bandung. Kemudian keluar di pintu tol Cileunyi dengan membayar Rp. 8000 saja. Lalu, mobil mulai meluncur ke jalur biasa karena menuju kota Garut tidak ada jalan tol lagi. Tapi, kami bersyukur, saat itu lalu lintas tidak begitu padat malah tergolong lancar jaya. Hanya 1jam 30 menit kami sudah tiba dikota Garut.  Perut mulai lapar, kami memilih tempat makan yang benar-benar bernuansa alam. Kami masuk ke salah satu resto  makanan Sunda yang memiliki konsep sesuai keinginan kami. Makan di sawung dipinggir kolam ikan mas. sambil menunggu makanan datang, kami bermain-main dengan ikan mas (koi) yang terlihat begitu antusias melahap makanan yang kami kasih. Hmm, sepertinya mereka kelaparan atau memang ciri khas ikan-ikan tersebut yang selalu mangap minta makan. Entah lah…

Hidangan datang, pesanan karedok, ikan bakar, lalap, sambal, tahu dan tempe. Minuman selain disuguhi teh tawar free, kami juga memesan stroberi jus dan kopi mix. Hmm, yummy… makanan yang sederhana tapi benar-benar nendang keperut. Harganya juga sangat reasonable. Tidak mahal juga tidak murah. Ya, sedang lah untuk ukuran kantong kami.

Selesai makan, kami  putar arah ke Cipanas. Sambil ngecek tempat pemandian air panas yang lumayan kondang. Jadi katanya, kalau ke Garut harus singgah ke Cipanas berendam air hangat, hmm, baiklah, saran itu kami turuti.
Jalan menuju Cipanan sudah cukup mulut. Beberapa tahun lalu, saat aku dan teman-teman pergi kesana, jalan masih kurang bersahabat dan banyak berlubang. Kali ini, cukup baik dan cukup bersahabat.
Tiba di Cipanas awalnya kami ingin berendam. Tapi setelah suasana yang lumayan cozy dan teduh, akhirnya kami memutuskan menyewa penginapan di Cipanas. Satu persatu penginapan kami datangi untuk ngecek harga. Varian harga lumayan beragam. Mulai dari harga 400-350-300-250 hingga 200 ribu.
Lalu, kami pun memutuskan nginap di penginapan yang memiliki kolam renang (air hangat), dengan harga sewa kamar Rp. 250 ribu/malam.  Sudah include breakfast dan bisa berenang sepuasnya di kolam renang yang letaknya persis di depan kamar kami. Hmm… saat masuk ke dalam kamar, busyet, ukuran kamarnya gede banget! Dua twin bed dan kamar mandi mirip bak raksasa yang bisa diisi mandi beramai-ramai. Tapi itu tidak mungkin terjadi..!!!  jadi, dengan harga 250 ribu cukup  worth it!

Selesai memindahahkan tas dari mobil ke kamar hotel, kami pun tidak menyia-nyiakan waktu untuk berenang. Yeahhh!!!! Saatnya berenang di air hangat! Kebetulan lagi siang itu matahari sedang shy-shy cat alias malu-malu kucing alias mendung. Jadi, air kolam yang hangat menjadi terasa begitu nikmat ketika tubuh kami masuk ke dalamnya. Hmmm…. Rasa lelah selama perjalanan musnah seketika. Kami pun berenang seolah-olah kolam renang milik kami pribadi. Maklum, siang itu yang berernang cuma ada 4 orang. Bisa leluasa berenang sampe gempor!

Satu jam berenang layaknya atlet renang, rasa lelah pun menyerang. Kami sudahi adegan renang bak perenang handal, lalu bergegas mandi dan ganti pakaian. Selesai mandi, perut terasa lapar, maka saatnya explore kuliner di Cipanas dan sekitarnya. mecari makanan khas yang renyah.
Berhubung Cipanas masih dalam wilayah Jawa Barat, makanan khas nggak jauh dari masakan Sunda. Alhasil kami memutuskan mencari asupan yang adanya saja. Apa yang dilihat itu disikat. Melihat warung baksa langsung dicoba. Selesai makan Bakso, kemi melihat ada jual bandrek itu pun kami sikat.

Sampai menjelang malam,
Ternyata malam minggu menjadi malam yang happening disekitaran kolam renang Cipanas. Anak mudanya memilih kawasan kolam renang menjadi ajang pacaran dan juga kongkow-kongkow dengan teman. Beberapa genk motor juga ikut nimbrung dikawasan tersebut. ibarat dikota besar, kawasan kolam renang seperti MALL-nya Cipanas. Tumpah ruang.
Aku sempat bingung, ada apa gerangan? Kenapa disekitaran hotel tempat kami nginap rame anak-anak muda? Ada acara hajatan kah? Atau ada apa? Setelah ditanya ke petugas hotel, ternyata ajang kumpul-kumpul dan berenang dikolam renang saat malam minggu itu hal yang wajar disini.  Ooo, gitu..!!!

Kami pun tidak mau kalah dengan anak gaul di Cipanas, kami ikut nongkrong juga disekitaran kolam renang.tapi bukan untuk berenang di malam hari. Itu namanya nggak keren!  Kebetulan banyak warung-warung menjajakan makanan aneka rasa. Malam itu pilihan kami  menyantap sate kambing dan soto, serta minum kopi susu. Kalau soal rasa, ya, not so so lah…alias nggak enak-enak banget alias STD.

Malam semakin larut, udara semakin dingin, badan semakin letih, mata semakin berat dan kasur semakin menggoda…kami pun beranjak ke negeri kapuk untuk melelapkan tubuh yang lelah….

Hari pertama di Cipanas pun berakhir ketika jarum jam beranjak ke angka 12 malam…. Perlahan tapi pasti suara dengkuran mulai bersahut-sahutan… zzzzzz….zzzzz….zzzzz…zzz

Saat di GArut, Anda juga bisa mengunjungi Kampung Sampiruen yang tidak kalah seru dan menariknya.

Foto pohon kelapa di Cipanas Garut

foto refelksi diri

Adu domba di Garut

Adu domba

Adu domba di Cipanas Garut

Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....