HARAM ITU…JIKA...



            Kita sering mendengar dan menyebutkan kata HARAM dalam setiap perdebatan. Misalkan:
-       Dilarang berzinah karena haram hukumnya.
-       Bagi umat Muslim dilarang makan daging Babi karena HARAM.
-       Serta banyak haram-haram lainnya yang sebenarnya dibuat oleh manusia dan dilanggar oleh manusia juga….

Hal yang simple seperti makan daging Babi. Jelas disebut haram bagi umat Muslim. Sampai sekarang gue nggak tau alasana haramnya apa. Bahkan beberapa teman yang muslim juga sering mengabaikan ke-haraman itu.
Seperti beberapa waktu lalu, saat gue dan 3 teman muslim gue traveling ke Bali. hal utama kuliner yang mereka cari adalah Babi Guling.

            “Makan babi guling yukkk….Sudah lama nih nggak makan babi guling.”
            “Kalau mau yang enak  Babi Guling bu Oka di Ubud. Endessss..”
            “Yoook kesana..”

Akhirnya kami berempat kesana untuk mencari babi Guling idaman mereka. Tapi, yang aneh dari pengalaman ini adalah, 3 teman gue itu muslim sedangkan gue Kristiani. Masalahnya, gue yang tidak mengharamkan makan daging Babi justru tidak bisa makan Babi. Entah kenapa, setiap makan Babi pasti kulit bentol-bentol. Kesimpulannya badan gue nggak bisa menerima daging Babi masuk ke tubuhku… Apakah itu yang disebut Haram? Atau Alergi doang?
JAdi gue mencari makanan yang tidak mengandung Babi supaya bisa masuk ke perut gue. tapi mereka tetap melahap Babi guling dengan sedapnya...
Justru ketiga sahabat gue merasa tidak ada pantangan apa-apa. Mereka menyebut haram jika kita memakan sesuatu kemudian dimuntahkan kembali karena perut tidak bisa menerima….. (itu menurut teori mereka…)
Yang jelas, beberapa kali jalan bareng mereka, pasti mereka selalu mencari makanan yang ada Babinya. Katanya dagingnya enak dan renyah…sedangkan gue, sampai sekarang sudah tidak tau seperti apa lezatnya dan enaknya daging Babi..karena sejak usia 12 tahun gue sudah tidak menyentuh daging itu…..

Jadi, makanan yang haram itu deskripsinya seperti apa sih…??
Apakah karena dilarang Agama?
Apa karena perut tidak bisa menerima?
Atau memang tidak layak untuk dimakan?

Deskripsikan saja sendiri….
Satu Hal…Gue tidak mau berdebat soal Halal dan Haram..hanya share tentang pengalaman traveling bersama sobat gue yang melaham daging yang disebut Haram…!!

That’s it!

             

Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....