Menelusuri Indahnya Lokasi Stone Garden - Bandung


Stoner Garden Padalarang, Bandung

Gue memang tergolong orang yang memiliki rasa ingin tau tinggi alias KEPO. Tapi bukan pengen tau urusan orang, melainkan tempat-tempat wisata yang lagi hits dan juga ramai diperbincangkan.  Rasa ingin tau lebih menjurus ke hal-hal yang informatif atau sesuatu yang baru. Misalkan makanan yang lagi hits. musik, film, buku dan juga informasi-informasi baru lainnya. 




Sampai suatu hari gue iseng buka aku sosmed gue seperti twitter dan instagram. Sepertinya dijagad dunia maya sedang gencar ngebahas tentang objek wisata baru di Bandung. tepatnya di Citatah, Padlarang. Mereka memasang hastag (# tanda pagar) disetiap foto yang mereka posting di akun sosmed mereka. Kemudian tertera nama STONE GARDEN a.k.a #stonegarden 

Gue sempat penasaran, STONE GARDEN? 
Apa itu?
Apa hubungannya dengan rolling Stone? 
Atau siapanya FLINSTONE? 
Dimana tuh? 
Kok namanya ke bule-bulean? 
Ada di luar negeri kah? atau di negara antah berantah?  Apalagi difoto terlihat banyak batu-batu karas yang menjulang tinggi mirip di negara Vietnam atau juga di Maros, Makasar.  Rasa penasaran semakin membuncah, gue langsung googling Mr. Google. Tanpa menunggu lama, keluar deh informasi tentang Stone Garden. 

Eh busyettt...!!

Ternyata Stone Garden tuh Taman Batu dan lokasinya di CITATAH-PADALARANG. 
Busyettt-ny lagi, lokasinya sangat dekat dengan rumah gue yang di Cimareme. Nggak nyampe 30 menit sudah nyampe kesana deh. Tapi kok bisa nggak terendus oleh gue ya? Wah, radar pengintai gue sudah mulai lapuk nih. Jangan sampai tidak berfungsi lagi. 



Ya sudahlah, Tidak perlu perlu berlama-lama lagi, gue langsung mengajak saudara menemani pergi kesana....

Let's goo, capcus..!!!

Hanya dengan mengendarai maik motor Bebek, kami melaju ke lokasi tersebut. Meski jalan menuju ke lokasi masih banyak yang berlubang dan berlumpur, serta banyak juga truk-truk segede gaban pengangkut batu-batu berlalu lalang. (karena lokasi Citatah terkenal dengan pabrik batu marmer).

seperti gue bilang, Dalam hitungan 30 menit, kami pun Nyampe dehh...

Busyettt rame banget pengunjungnya. Ketika mendekati pintu masuk, kami dihadang petugas parkir yang meminta bayar kontribusi dan parkir sebesar 5.500. Oiya, waktu itu gue datang dari arah menuju GOA PAYON. Gue sempat mikir, apakah gue ke goa Payon atau Stone Garden? soalnya kedua tempat itu belum pernah gue kunjungi. Dan ternyata lokasi Stone Garden itu ada di atas Goa Payon...



Ya sudah lah, kami langsung ke Stone Garden saja..Urusan GOA ntar-ntar saja... Soalnya Stone lebih nge-hits ketimbang Goa. Apalagi kalau mau foto-foto di dalam goa pasti gelap. Tidak ada cahaya. Sedangkan Stone cahaya bersinar dengan bebasnya.

Siang itu Cuaca sedikit mendung, takut juga kalo hujan turun sebelum nazar berfoto-foto dengan aneka gaya di stone. Untuk menuju Stone Garden, kami terpaksa naik bukit gitu, Karena Goa berada di bawahnya. Meski sesungguhnya ada rute atau akses lain selain melalui Goa Payon. Rute itu jauh lebih santai dan tanpa pake adegan mendaki yang sempat mencucurkan keringat.  (nggak sampe keringat darah sihhh)

Sim salabim! Setelah beberapa menit mendaki, akhirnya kami yampe juga di atas. Eh diatas ternyata ada tempat parkir motor, mobil dan banyak warung juga. Dannnn,  pengunjung Stone Garden Rameeeee bangetttt. Busyet.. kenapa gue harus bersusah-susah naik bukit ya? Sementara Tuhan sudah menyediakan jalan yang mudah dan askses yang santai. 

Ah, sudah lah, tidak perlu disesali. Karena pengalaman itu penting kapten! 

Nyampe atas harus bayar kontribusi lagi. Nggak gede sih. cuma Rp.3000 SAJA!  Lalu, gue bisa melenggang sampai menuju lokasi dengan pengunjung lainnya yang sama-sama penasaran. (Saran gue kalo ke lokasi ini jangan wiken deh...aktivitas narsis lo terganggung dengan munculnya penampakan wajah yang tak diundang di belakang foto-foto elu)

Untungnya banyak SPOT yang bisa dijadikan objek foto dengan latar belakang yang berbeda... jadi lu nggak sampe termehek-mehek karena foto-foto lu selalu ada penampakan wajah orang lain... Buktinya foto-foto gue terlihat tanpak gagah perkasa seorang diri tanpa ada penampakan karakter yang tidak gue inginkan... Tanpa rekayasa foto atau fotosop. Stone Garden berada diketinggian sekitar 700 Mdpl dengan didominasi oleh bebatuan, jadi banyak spot untuk berfoto di atas batu.

Nyampe... langsung pilih stop yang bagus dan terkesan STONE garden tinggi bangetttt dengan view yang keren bagehhh! Foto-foto lu akan bisa terlihat BAGUS dan Bikin orang penasaran Jika Anda bisa memilih spot-spot yang menarik. Jangan di spot yang rame dipake orang. Basi! Foto lu justru terjesan biasa-biasa saja. Seteah puas berfoto-foto, tiba-tiba terdengar suara gluduk-gludukk... 

HUJANNN DEH ...!!!

Tuhan maha baik. Dia tau gue butuh foto-foto sebelum hujan. Setelah foto-foto, hujan pun turun dengan derasnya. Seluruh pengunjung berhamburan mencari tempat berteduh disebuah gubuk kecil yang hampir rubuh karena over kapasitas...

overall.. SOTNE GARDEN KEREN! Khususnya untuk foto-foto.

Penasaran??? datang aja! nggak rugi kok...


ALKISAH STONE GARDEN
Jujur gue suka lokasi ini. karena dibalik berdiri kokoh batu-batu ini, terdapat banyak cerita sejarah di dalamnya... konon katanya batu-batu yang bertebaran di Stone Garden, ini bekas batu karang. Berarti dulu lokasi ini bekas hamparan luas LELAUT... Hmmm... itu terjadi pada ratusan ribu tahun yang lalu. (Mikir ratusan ribu aja sudah puyeng. wong, umur kita aja nggak nyampe seratus sudah kembali ke sang pencipta..)

Biar nggak penasaran, mending googling aja sejarahnya... ntar kalo gue yang cerita, lo nggak pada usah buka google...


Rute Menuju Stone Garden dan Goa Pawon Bandung

Akses menuju lokasi Stone Garden Bandung sangatlah mudah, dari pusat kota Bandung kamu bisa melewati jalan tol Purbaleunyi dan keluar di tol Padalarang menuju ke arah Cianjur, kamu bisa menjadikan kawasan Tagog Apu sebagai patokan setelah keluar tol, gapura bertulisakan Goa Pawon dan Stone Garden berada di kanan jalan.

Apabila kamu menggunakan motor, dari pusat Kota Bandung atau Kota lainnya, kita harus menuju ke arah Kota Baru Parahyangan, setelah itu lurus menuju arah Cianjur sampai melewati pusat oleh-oleh Roti Unyil, dari Roti Unyil kita harus menuju ke Jalan Raya Cipatat (kawasan yang berkelok-kelok dan terdapat oleh-oleh pinggir jalan). Di Jalan Raya Cipatat ini pelankan kendaraanmu karena gerbang Goa Pawon & Stone Garden berada di sebelah kanan.



Tips Jika Pergi ke Stone Garden: 

  • Sebaiknya datang kesini pada pagi hari atau menjelang sore. Kalau siang matahari sangat panas dan tempat berteguh sangat minim. Tapi, siang hari sebenarnya momen dimana foto-foto menjadi bagus. So, tinggal pilih saja. Panas-panasan tapi foto bagus atau pagi masih mendung dan berkabut. 
  • Kalau datang siang, jangan lupa topi, payung kacamata hitam. Pilih payung yang berwarna untuk menjadi pemanis anda berfoto. 
  • Pakai sepatu kets atau sendal gunung. Jangan sendal atau selop yang ringkih. karena medannya agak-agak tidak bisa membuat Anda manja. 
  • Jangan pakai baju berlebihan. Disitu panas cuy. Anda mau keringatan sepanjang berada disana? Pakai baju santai tapi bagus difoto. 
  • Jaga kebersihan ya...
Blessing.. Thank u Lord

Lokasi Stone Garden:

  • Alamat ; Cipatat, Padalarang, Bandung, Jawa Barat
  • 28 km dari pusat kota Bandung melalui Jl. Nasional III (1 jam 5 menit)
  • 30 km dari Lembang melalui Jl. Kolonel Masturi ( 1 jam 18 menit)
  • 6 km dari Padalarang melalui Jl. Nasional III (20 menit)
  • Semua perkiraan jarak tempuk jika keadaan lalu lintas tidak macat. Karena, pada jam-jam tertentu, kawasan tersebut sangat padat merayap oleh bis atau truk yang melintasi jalan tersebut. Sebaiknya hindari jam-jam macat seperti pagi atau sore hari.

Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....