PASAR SAMPAH EH SANTA JAKARTA

Tumpukan SAMPAH di atas meja

Jujur, gue tergoda datang ke Pasar SANTA yang ada di kawasan Jakarta Selatan, karena baca artikel di beberapa free magz. Beberapa majalah tersebut mengulas bahwa Pasar Santa tidak hanya sebatas PASAR tradisional yang banyak dikunjungi emak-emak berbelanja kebutuhan bahan bokok. Tapi, kini bisa berubah fungsi menjadi tempat nongkrong anak muda. Saat malam hari tiba. konon katanya Pasar Santa berubah wujud menjadi tempat Nongkring asyik.. karena disono banyak gerai alias kafe yang menyuguhkan panganan ringan selera anak muda.  aselera anak muda. mulai kopida hotdog, steak, nasi, mie, burger,susu, kopi, dan banyakkkkkkk dehhh..

Katanya harga kaki lima rasa bintang lima..(basi sih dengan tagline seperti ini. karena suka nggak terbukti!) banyak teman ngeluh soal harga yang mulai SOK menyamakan dengan harga KAFE. alhasil banyak memilih duduk2 doang sambil bawa makanan dari luar. yang penting judulnya Nongkrong. (MAkanya buat harga jangan sok meraup keuntungan tinggi deh. mending harga terjangkau sehingga pembelinya banyakkkk. ketimbang sok bikin harga mahal tapi yang beli satu orang dikeroyok rame2. nah, yang rugi siapa..??

Semakin penasaran....

Seperti apa sih wujud Pasar Santa itu?

Oneday, teman mengajak gue nongkrong ke Pasar Santa. kebetulan. gayung bersambut nih. kami pun pergi kesono sekitar pukul 7.30 malam. sempat nanya juga sih,"Pasar Santa dimana ya?" tanya sama tukang parkir. eh, ternyata kami berhenti persis di depan pasar Santa. (bego!) ternyata kawasan ini sering gue lewati kalo mau ke daerah Selatan.

Parkir motor....

di area parkir banyak motor nangkring. pasti pemiliknya sedang asyik masyik nongkrong sama teman2nya. gue semakin penasaran. gue dan kawan-kawan pun bergegas naik ke lantai 2. sebelumnya sempat tergoda pengen beli sate yang ada di pelataran parkir. tapi, ya sudahlah... ntar saja. takut keburu kenyang.

Nyampe di lantai 2....
busyet... rame bangetttt... bener2 ramenya bikin sumpek. asap rokok dimana2... pemandangannya kok nggak asyik ya. ramenya itu bikin ilfil. bukan bikin penasaran. keramaian dari anak tangga sudah terlihat deretan orang ngantri beli hotdog atau burger atau apalah itu.... gue cek aja..melangkah lebih ke dalam lagi. tapi, alangkah kagetnya gue ketika melihat tumpukan SAMPAH di atas meja. ya, TUMPUKAN bukan sebatas sampah biasa. TUMPUKAN yang benar2 banyak. gue sempat mikir, ini sampah siapa? sampah bekas orang yang nongkrong sebelumnya? kenapa tidak dibuang? kenapa dibiarkan menumpuk begitu saja? emang tidak ada petugas kebersihan??? emang tidak ada tempat sampah?? emang?? emang..? emang..??

Seribu pertanyaan bersarang dibenak gue. karena JUJUR gue tidak suka melihat yang JOROK-JOROK. apalagi itu tempat nongkrong, tempat makan. gimana bisa menikmati makanan ketika tumpukan sampah ada di depan mata??? cuihhhh..!!!

EDAN..!!!

Gue berpaling ke meja yang lain. eh ternyata 11-12... sampah tetap menjadi Bintang kejora di atas meja. bekas botol minuman, bekas bungkus makanan, tisu, kertas, dan apalah apalah semua bejubel diatas meja...(jangan2 bekas softex juga ada diantara sampah2 itu? entah lah!!!)

"Gila, kok bisa sampah2 ini dibiarkan begitu saja?"tanya gue pada teman. dan mereka juga senasib sama gue. sama2 nggak habis pikir melihat tumpukan sampah yang bujubune banyak dan joroknya...


hanya sebatas pajangan!
Gue sempat protes pada salah satu pemilik warung disitu. "Mas, kok sampahnya dibiarin diatas meja?" dengan cueknya dia menjawab, "Itu bukan sampah kami. sampah mereka..."
Nah, lho.... saling tuduh menuduh itu emang ngehits deh..  juara bangett. nggak ada kesadaran untuk saling menjaga dan melestarikan kebersihan. toh juga kalo tempat nongkrong ini terkenal dengan kebersihannya, pasti orang akan rajin datang dan mencicipi jajanan yang ada disitu. DANNN.. kalo jorok dampaknya kan juga pada mereka juga. orang akan enggan datang kesono (terutama gue dan beberapa teman2 gue sudah KAPOK datang kesitu). karena bagi kami lokasi nongkrong itu selain harga yang reasonable, kebersihan juga WAJIB HUKUMNYA.  kalau pemilik tenant saja tidak peduli dengan kebersihan, bagaimana dengan pengunjung.

APalagi RATA-RATA pengunjung kafe atau tempat nongkrong yang harga terjangkau TIDAK memiliki kesadaran akan kebersihan. lihat saja pengunjung  SEVEN ELEVEN. kadang bikin emosi melihat pengunjung meletakkan sampah bekas makanan mereka di atas meja seenaknya. padahal sudah jelas2 tertulis, BUANGLAH SAMPAH PADA TEMATNYA. JAGALAH KEBERSIHAN. tapi semua nggak peduli. edannn..!!!!
rasanya pengen deh gue kirim mereka2 yang Penjorok keluar negeri (Jepang, Korea atau negara2 yang menerapkan kebersihan) supaya mereka dilatih menjaga dan punya kesadaran akan kebersihan. karena gue yakin dirumahnya TIDAK PERNAH diajarkan orangtuanya kebersihan. makanya berdampak ketika dia berada di luar.. jorseyy alias jorok sekaleyyyy..!!!

Waktu itu, gue sempat posting beberapa foto di PATH tentang banyaknya sampah di Pasar Sampah eh Santa... ternyata komen teman2 yang pernah datang kesana rata2 merespon hal yang sama... ada yang bilang, Harga makanan mahal.. asap rokok dimana2... sampah dimana2... kapok kesana...sumpek... bla..bla..bla..bla... Intinya respon positif semakin berkurang..

 Jadi jangan salahkan gue kalo ngecap Pasar Santa itu ibarat Pasar Sampah karena banyaknya sampah hampir disetiap sudut arena. terlihat tidak ada kekompakan antar sesama pemilik tenant untuk menanamkan prinsip MENJAGA KEBERSIHAN DEMI KEPENTINGAN BERSAMA. karena besar banget dampaknya ke penghasilan mereka. jangan TREND Tempat Nongkrong  Pasar Santa sifatnya sementara. kasihan mereka yang sudah kadung menyewa tempat untuk buka usaha disitu.

cobalah merenung untuk mendisiplinkan diri. bagi gue kebersihan itu sudah harga mati. tidak ada alasan untuk tidak menjaga kebersihan. kalau kita menjaga kebersihan, impact-nya juga akan berpengaruh ke orang2 disekitar kita. tidak hanya pada diri kita semata.

Semoga deh pemilik kafe, stand atau apalah yang ada di PAsar Santa bisa memaknai kritikan ini agar mereka bisa membuka mata bahwa berbisnislah dengan bersih... karena anda sendiri akan merasakan dampaknya.


Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....