MY DOGS MY FAMILY PART 2



Waktu itu tahun 2011, 

Gue sedang jalan ke sebuah Mall di kota Bandung. Mall yang di depannya banyak pedagang hewan2 yang dilindungi. Pada dasarnya gue benci dan emosi melihat pedagang yang bersiliweran di depan mall tersebut. Aneka satwa yang seharusnya dijual bebas disana. Anehnya kenapa pihak keamanan, pemerintah tidak aware dengan tindakan mereka? Mereka sudah jelas menjual hewan2 secara ILEGAL!

Pas melintas, gue melihat beberapa puppy kecil sedang meraung2, menangis2 karena kedinginan dan kelaparan. Aduh, kasihan banget. Miris rasanya melihat anak2 anjing diperdagangkan yang jelas2 usianya masih butuh susu ibunya. Tapi mereka sudah dipisahkan untuk diperjual belikan. Sempat melihat dan memegang puppy malang itu.
Ya ampunnn itu mata menatapku dengan ekspresi memelas. Seolah2 dia berkata,
” Please, help me…Save me..!!”
Tapi, niat gue nggak pengen membeli. Karena gue anti sama Breeder. Mereka bukan penyayang binatang. Mereka manusia RAKUS yang mengkambing hitamkan hewan sebagai sumber mencari uang mereka. Bagiku breeder itu biadab! Karena tidak peduli nasib para anjing2 yang mereka jual. Dimata mereka UANG diatas segala2nya.

Sampai menjelang malam, saat hendak pulang, gue kembali melintasi pedagang puppy tadi. Ya ampunnnnn si puppy masih disitu. Masih meraung2..menangis…dan ketika kembali gue bertatapan dengan si puppy, kembali hati gue terhenyuk.. Ya, tuhan, seandainya dia tidak diselamatkan pasti nasibnya akan lebih memprihatinkan. Pasti keesokan harinya akan begini terus..menangis terus..
           “Kasihan,” ucap gue ke teman disebelah gue.
          “selamatkan saja. Ketimbang tersiksa begitu. Mending tebus saja deh. Meski elu benci perdagangan hewan.”
Sempat mikir 1000 kali untuk MEMBELI. Karena itu sama saja dengan menyodorin duit ke manusia2 pengecut itu. tapi, hati nurani gue nggak bisa dibohongi. Gue kasihan banget sama nasib si puppy. Gue bisa pulang ke rumah dgn tenang. Tapi si puppy????

Singkat cerita…

Si puppy gue tebus. Langsung bawa pulang dan gue beliin susu dan dog food (wet/dry) serta vitamin dan sebagainya….

Si puppy selamat dari siksaan
Dia mulai ceria dirumah gue..
Dia lincah…
Senang bermain..
Dan sedikit usil…



Si Puppy gue kasih nama BOUFFY!
Kenapa Bouffy? Karena gue fans sama Shia LeaBouf. Tapi si Leabouf kan cowok. Sementara puppy gue cewek. Jadi ditambah deh FY dibelakangnya. Bir sedikit girly. Jadi deh namanya BOUFFY!

Gue nggak tau bouffy itu anjing kampung atau mix. Yang jelas dari wajahnya dan bodynya mirip HERDER. Dan aku yakin dia mix herder dan anjing kampung. Whatever! Yang jelas, sejak kedatangannya ke rumah, gue langsung menyayanginya….

Sebulan di rumah. banyak perkembangan pada Bouffy. Semakin lincah dan usil. Kadang bikin kesal dan bikin ketawa. Yang jelas she makes my life colorful.berwarna!
Sebulan di rumah, teman gue bilang, ada anak anjing yang dibuang. Aduh, langsung miris lagi. Gue suruh bawa ke rumah. Ketika dibawa, puppy berbulu putih itu terlihat kurus, kucel dan kelaparan. Omigod! Jahat banget tuh manusia yang membuangnya. Akhirnya si putih aku rawat. Niatnya sementara sampai dia pulih. Parahnya, si Putih sempat muntah dan berak darah. Katanya gejala distemper. Aduhh!!!
Distemper itu penyakit yang mematikan. Virus yang menyerang kekebalan tubuh si puppy. (semoga keterangan itu benar). Akhirnya, dengan wajah panic, gue bawa ke dokter hewan. Dirawat beberapa hari.. di kasih infus dan vitamin dan segala macam pengobatan. Putih hampir mati. Cemas..sedih..dan kepikiran… beitulah, kalo gue sudah suka, langsung kepikiran…





Seminggu kemudian, Putih sembuh dan boleh pulang….langsung dirawat ekstra. vitamin dan makanan bergizi. sehat deh..lincah juga.. Lalu si putih gue asuh..dan beri nama KIMMY…kenapa KIMMY? Karena gue suka sama KIMMY JAYANTI..cantik dan eksotis.. sementara si Putih juga cantik dan jalannya kayak peragawati.. jadi deh KIMMY for my puppy.

Bouffy dan Kimmy menjadi anak asuh gue sejak mereka masih keci. Ya mungkin ketika usia mereka 1.5 bulan.. geu rawat layaknya bocah gue. Kasih makan, ajak jalan, mandiin, kasih vitamin. Dan sebagainya….
Bouffy dan Kimmy ibarat kakak beradik. Akur tapi terkadang suka sirik2an. Bouffy sifatnya cemburuan. Nggak boleh Kimmy dekat sama gue langsung cemburu. Sedangkan Kimmy sangat kalem dan sabar. Tapi kalo digangguin Bouffy akhirnya berantem deh…

Mereka bener2 dua karakter yang berbeda..
Tapi mereka bikin hidup gue jadi berwarna. Banyak kisah seru bersama mereka…suka dan duka…

DUKA
Pernah suatu kali, ketika rumah gue di Bandung sedang dibenerin. Yang jelas suasana rumah jadi penuh sesak nggak karuan. Kasihan juga melihat Bouffy Kimmy jadi ngga nyaman. Ditambah lagi kesibukan gue yang kebanyakan di Jakarta dan ke luar kota dan luar negeri. Jadi mereka nyaris nggak mendapat perhatian dari gue. Meski tetep diperhatikan sama sodara dan bini gue.
Akhirnya, ada niat menitip Bouffy Kimmy ke rumah teman yang katanya sayang sama doggy. Rumahnya luas. Halaman luas. Jadi mereka bisa bermain disana..
Dengan berat hati gue menitip Bouffy Kimmy disana.  Seminggu sekali gue dan bini mengunjungi mereka sambil bawa makanan dan bermain…

TAPI…
Setiap gue datang, Bouffy Kimmy langsung berebutan memeluk gue. Seolah2 mereka melepaskan rasa kangen.seolah menangis..pengen curhat… gue juga begitu. Rasa kangen dan pengen memeluk mereka begitu kuat. Jadi setiap datang, makanan penuh di dalam tas untuk mereka.

Gue ajak jalan2 keliling kompleks. Lari2 dan makan bareng2…
Setelah puas jalan2 mereka kembali ke kandang dan di rantai… sebenarnya gue nggak suka melihat mereka di rantai. Padahal halaman disitu luas. Tapi alasannya supaya tidak mengejar2 unggas yang ada disitu. Iya deh…

Minggu berikutnya…
Datang lagi.. tapi kok kondisi mereka makin kurus…apa nggak dikasih makan? Alasannya mereka terlalu sering bermain.. ya nggak apa2 deh mereka berlari2 berarti sehat. Kurus tapi sehat.. pikir gue..

Bulan berikutnya…
Dapat kabar Kimmy HAMIL.. what????
Ternyata kimmy dikawinkan sama golden milik kerabat mereka. Kimmy hamil gue bukannya senang tapi MARAH. Kenapa dikawini sih?????? Alasannya biar ada anaknya. Yang jelas gue nggak setuju dan khawatir…
Apalagi kulihat mereka kok tidak bahagia??? Kok makin kurus… dan setiap gue datang Bouffy nangis2 terus. nggak mau lepas dari pangkuan gue.dan nggak mau kalo gue tinggal..

KIMMY MELAHIRKAN..
Itu juga nggak dikabarin ke gue. Pas gue datang dibilang Kimmy sudah melahirkan. Anaknya 8… 4 mati…waduhh miris… kok bisa mati???
Trus… hari berikutnya 4 lagi mati.. jadi Kimmy melahirkan 8 dan anaknya mati semua…
BAJINGAN!!! Itu berarti mereka nggak becus merawat Kimmy dan Bouffy.. kok bisa semua anaknya mati? Berarti nggak diperhatikan bukan???

Setiap melihat mereka hati ini berkecamuk…sedih… miris dan merasa bersalah…
Gue berembuk sama bini, untuk mengambil kembali mereka.. membawa pulang dan komitmen gue..MEREKA HARUS DIBAWA PULANG!

Setelah beberapa bulan di tempat yang luas, halaman luas tapi ternyata mereka tidak bahagia. Lebih baik mereka pulang ke rumah gue..meski sempit tapi mereka bahagia…
Pas pulang ke rumah, mereka terlihat lahap saat makan. Gue mandiin sampe bersih.. kasih vitamin.. benar2 merasa bersalah…dan tidur bareng2 mereka. 

Maaf kan daddy Bouffy Kimmy…

Sejak saat itu, mereka tidak kuizinkan dititip dimana pun. Meski mereka anjing kampung tapi hati gue sudah menyatu pada mereka…I love them so much!

Next chapter….


Banyak Anjing2 RAS  yang hendak dititipkan ke gue







Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

Cerita tentang Seorang Ibu Tukang Pijat di Atas Kereta