Pulau Harapan : Antara Keindahan dan Sampah

pulau harapan


Weekend kemaren, gue dan beberapa rombongan hijrah dari Jakarta ke Pulau. maksud hati pengen rehat dari kepenatan. Kebetulan lagi bisa membawa rezeki. 
Plan pertama mau ke Pulau TIDUNG. berhubung beberapa diantara rombongan sudah pernah ke Tidung, begitu juga gue. akhirnya, kami memutuskan ke pulau sebelah yaitu PULAU HARAPAN. ya, jaraknya nggak jauh2 amat. masih satu wilayah Pulau 1000. 

Jam 6 pagi kami sudah standby di Dermaga Muara Angke. yang mau ke Pulau Bejibun banyaknya. ya iya lah.. pulau terdekat dari Jakarta kan Pulau Seribu. dengan harga terjangkau kamu sudah bisa ber pantai ria...

Jam 7 lewat banyak, kapal berangkat. karena badan masih letoy karena ngantuk, akhirnya memilih tidur di kapal yang penumpangnya tumpah ruah. mirip pengungsi Suriyah gitu deh...ada yang asyik maen kartu, main gitar, baca, denger musik, makan kuaci dan sebagainya...

Gue tetep memilih zzzzzz......zzzzzz.....zzzzz... Biar nyampe langsung fresh!




Jam 9.30, kapal berlabuh di Pulau Harapan. panasnya ampun ampunan dah. mata jadi cipit gitu, kagak nahan lihat silaunya matahari. Tapi, kalo ke Pantai emang asyiknya musim panas. biar ada efek -efek sun bathing gitu deh.. (lu kate kite bule??)
Nggak jauh dari pelabuhan, penginapan kami sudah terlihat mentereng. Homestay berlantai dua berwarna hijau kekuningan posisinya persis di pinggir pantai. pokoknya viewnya keren pisan euy!!! yang beginian gue suka.. karena buka pintu langsung sudah pantai... jadi serasa di Villa mewah. meski homestay cuma dibayar Rp. 300 ribu saja..


Selesai beberes, langsung ganti celana untuk nge-pantai. tapi perut diisi dulu. nyari makanan di warung2 yang ada di sekitaran pantai. berharap makanan seafood berjejer indah di depan mata. apa daya, semua hanya ILUSI... justru yang terpajang di warung2 makanan2 ala WARTEG yang melihatnya saja lidah gue kagak bisa mangap. soalnya semua lauk pauknya terlihat nggak fresh. seperti sudah diolah beberapa kali. Alhasil, untuk mengganjal perut, pilih indomie rebus saja dah...

Bayangin saja, mau pesan soto nggak ada... soup nggak ada.. apa lagi seafood..mimpi dehhh!!...sebagai pelajaran, rata2 kalo gue ke pulau, selalu terkendala di makanan. kecuali Pulau Bali dan Lombok. kalau disekitaran pulau 1000, wassalam deh.... mending bawa bekal makanan saja yang sesuai selera anda... PENTING BANGET NIH..!!!


selesai makan siang... saatnya Boating, atau snorkeling atau apalah.. meski adgan-adegan seperti ini standar banget kalo ke pantai atau pulau. tapi ya emang tujuannya ke pulau ya begini... dan gue suka aja nyebur2 di tengah laut. meski wajib pake vest karena kemahiran gue berenang dialam bebas belum teruji. kecuali di kolam renang. tingkat ke dalaman kolamnya terdeteksi. kalo hanyut ya nongol lagi. kalo di laut??? langsung parno berpikir macem2... ya sudah lahhh..


yang jelas, sejak siang smape menjelang matahari terbenang, semua pulau di jelajahi dan spot-spot bagus untuk snorkeling dan berenang dinikmati.. gue puassss bangettt..!!! rasanya niat ke pantai tersalurkan disini. dan teman2 satu kapal juga asyik-asyik. jadi double hips deh!!

Selesai bermain2 di laut, badan terasa gempor pastinya...

oiya, sebelum ngider pulau dan snorkeling, sempat ada accident yang menimpa gue. pas mau naik ke kapal, gue terjatuh dan tangan dan siku gue sobek dan darah segar mengalir dengan suksesnya... nyari betadine susahnya minta ampun. alhasil, air laut menjadi solusi pertama.. dan kebayangkan, luka baru disiram air asin??? MENJERITTTTTTTT...!!!! sakitttnya nampol sampe ubun-ubun...

tapi, meski sudah luka dan perih, berenang tetap must go on.. kagak ada istilah batal... rugi bener rasanya... 


tumpukan sampah di pulau harapan


KEESOKAN HARINYA...

gue menjelajahi pulau yang kecil ini. sejauh mata memandang sih emang indah.. tapi, tau kah kamu, dibalik ke indahan itu, terdapat undukan-undukan sampah dipinggir pantai... miris...sedih...dan mau marah... kok bisa sampah sampe menggunung begini???
parahnya lagi, sampah2 itu bersumber dari TURIS alias PELANCONG yang datang ke pulau ini. dan mereka pulang meninggalkan sampah yang begitu banyak..
sampah bekas makanan di pulau harapan

Saat makan di Pulau Perak, banyak turis lokal yang gak punya otak meninggalkan sampah begitu saja... Hmmm, jujur masalah sampah gue paling Concern. paling tidak suka melihat orang membuang sampah atau meninggalkan sampah seenaknya..

Ayolah, sadar diri untuk sama2 menjaga kebersihan lingkungan dimana pun kita berada. budaya itu akan menjadi cerminan diri anda. jangan membuang smapah atau meninggalkan sampah membuat anda bangga. jadikan diri anda MALU... 

kalau bukan kita yang melestarikan lingkungan, siapa lagi??? 
banyak sampah di pulau harapan


Lucunya, di Pulau itu banyak banget disediakan tempat sampah 3 WARNA. yang masing2 warna punya arti. tapi tau kah anda??? tempat sampat itu BERSIHHH banget tidak ada isinya. sementara sampah berserakan dimana2. miris bukan?? bukankan tempat sampah fungsinya tempat menampung sampah?? kenapa jadi bersih begini???

orang2 lebih memilih membuang sampah dimana2 ketimbang memasukkan ke dalam tempat sampah..

Semoga, kita bisa menjadi traveler, turis, pelancong atau apa saja julukannya asa PINTAR dan beretika. gue yakin, orang yang semakin sering traveling, dia akan sadar dan akan menjaga lingkungan. tapi bagi mereka yang baru2 traveling, baru melek jalan2, dia akan terkesan sombong dengan kebodohannya. dia akan tidak mengindahakn rambu2 tentang kebersihan. karena dia masih mencari jati dirinya... apakah akan menjadi traveler sejati atau tetap menjadi orang yang bodoh..





BE A SMART TRAVELER!

KEEP THE ISLANDS CLEAN..!!




Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....