TENTANG KABUT ASAP?? ACTION DONGG!!!!

foto diambil dr google

Ketika beramai-ramai orang menyuarakan tentang kabut asap, gue tidak pernah bereaksi ikut dengan frontal berteriak SOK PAHLAWAN. Apalagi, orang2 daerah, khususnya di daerah yang berasal dari SUMBER ASAP itu sendiri.

Kenapa gue diam..??

Ya karena, menurut gue, masalah kabut asap bukan kali ini saja terjadi melainkan sudah berpuluh2 tahun lamanya. Hanya sekarang saja mungkin puncak klimaks dari pembakaran hutan secara gila-gilaan. Ditambah lagi musim kemarau yang teramat panjang, sehingga kebaran semakin meluas, melebar dan memanjang (panjang x lebar x luas x kan saja..)

Kenapa gue bilang masalah kabut asal sudah terjadi sejak berpuluh2 tahun lalu? Ya, karena gue sendiri ngerasakannya. gue yang anak perantauan, berasal dari Sumatra Utara. tinggal di kawasan perkebunan kelapa sawit. dan orangtua gue menghidupi gue dan saudara2 gue dengan berkebun sawit. Sehingga sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kabut asap. sejak masih kecil, tepatnya SD orangtua gue mulai berkebun. waktu itu masih kebun karet. (sekarang rata2 berkebun sawit). beli lahan kosong yang masih semak belukar layaknya hutan. kemudian, lahan tersebut ditebangi atau dibakar. tergantung berapa luas lahan yang dibeli. tapi kebanyakan di bakar. sampai lahan tandus dan bisa diolah. 

Berbeda dengan pengusaha2 kalo membeli lahan untuk ditanami sawit..mereka akan membeli lahan tersebut bukan puluhan hektar. Melainkan ratusan hingga ribuan hektar. Nah, lahan seluas itu, mana mungkin hutannya ditebangi secara tradisional. jalan satu2nya ya dengan MEMBAKAR hutan sampai gundul. kebayangkan ratusan hingga ribuan hektar hutan dibakar, apa yang terjadi????? YA KABUT ASAP dimana2 dongggg..

dan jika yang dibakar lahan GAMBUT, jangan harap apinya bakal cepat padam. api dilahan gambut bisa bertahan berhari2 hingga berminggu2 lho...karena mereka membakar sampai akar2 yang ada dibalik2 tanah yang gambut. (sok cerdas ya gue..)
Kemudian, setelah pembakaan tuntas, dan warga mengalami penderitaan akibat asapnya..dan pengusaha masa bodo, mulai deh mereka bercocok tanam menanam bibit-bibit sawit.

Permasalahan yang terjadi, Seandainya ada puluhan pengusaha membeli lahan sampai beribu2 hektar lalu mereka juga ikut membakar hutan tersebut pada waktu yang bersamaan, karena mereka tau kapan tepatnya membakar hutan. ya saat musim kemarau...  YA kejadiannya seperti kabut asap baru2 ini..... TEBAL setebal tebalnya....

Permasalahan yang perlu dipertanyakan adalah... APA KABAR PEMERINTAH DAERAH??? kenapa mereka diam saja ketika hutan-hutan itu dibakar secara jor-joran?? di kasih pelicin???  di suap??? itu urusan mereka deh... yang jelas,  warga setempat juga sebenarnya tau. Bahkan setiap tahun mereka sudah merasakan dan mengalami asap menyelimuti kota mereka. Tapi, toh mereka menganggap itu sudah sering terjadi... 

Untungnya, gue tidak pernah membakar hutan. karena lahan kebun sawit keluarga juga nggak luas2 banget. ya, cukup lah menghidupi sanak saudara. nah, kalo yang kebunnya luas dan ada dimana2??? wassalam deh...


foto dari gooble


Sebenarnya, untuk mencegah agar kabut asap tidak terulang lagi, WARGA setempat jangan cuma jago berkoar2 di media sosial. berkoar2 saja di depan pengusaha2 yang membakar hutan. suruh PEMRINTAH DAERAH bertanggung jawab atas kasus ini. karena mereka memberi izin untuk membuka lahan dan memebri izin untuk melakukan pembakaran. senadianya tidak ada izin, tentu mereka bisa ACTION Ciiiaaaattttttt!!!!!
Bayangkan.. berapa banyak korban gara2 keserakahan mereka? jiak mereka tetap AROGAN, ya bakar saja kearoganannya....

Tapi, kalo cuma jago berkoar2 di media sosial sambil posting foto2 dengan latar belakang asap tebal. kemudian memaki2 pemerinta..presiden..semua dimaki2... kasihan banget hidup lo.. doyan maki2 tanpa suara..Itu sama doang elu narsis dibalik musibah. warga setempat pasti sudah tahu betul. kapan TRAGEDI kabut asal akan terjadi lagi.. nah, berbondong2 kalian sama2 memantau. jika ada gejala2 muncul asap tebal. langsung lacak sumber api tersebut. lacak, siapa pemilik lahan dan langsung tindak lanjutin. lapor pada pihak berwajib. bila perlu langsung tangkap. dan suruh mereka memadamkannya...

Percaya deh... jika itu dilakukan.... tragedi kabut asap kagak bakalan terulang lagi...
jangan saling menyalahkan..
jangan salahkan presiden,,
jangan salahkan orang yang tidak bersalah..
TAPIIIIIII..
salahkanlah pengusaha2 rakus itu....

anda berani bertindak????
BUKTIKAN!!!
jangan jago berkoar2 di sosial media ok..!!!
karena sudah banyak yang jago2 berkicau di sosmed.. jangan rebutan deh... DO ACTION...jangan NATO!!

SEKIAN....!!!

Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....