Traveling ke Medan


Awal tahun 2016, adalah momen dimana gue bisa pulang kampung. Meski bukan untuk merayakan Natal atau Tahun Baru. karena semua sudah berlalu. Tapi, memang kesempatan pulang bisa jatuh pada tanggal tersebut. Tujuan utama adalah pengen bertemu keluarga yang sudah hampir 5 tahun tidak bertemu muka. Meski telepon atau bbm masih terjalin. Namun, bertemu muka rasanya so lama sekali. 
Juga, ingin melihat kebon sawit yang selama ini gue hanya menerima hasilnya tanpa melihat langsung perkembangan dan proses kerja si pekerja yang mengurus kebon gue. Ya, semua hanya berdasarkan based on trust soal hasil kebonnya. 
Juga, berharap bisa bertemu teman2 lama. Teman SMP, SMA dan juga teman Kuliah. meski tidak berharap muluk2. karena rentan waktu 20 tahun lebih tidak bertemu teman2, jelas banyak yang berubah. selain wajah, juga status yang membuat semuanya bisa berbeda...

Tiba di Medan, perasaan masih biasa2 saja. hanya kagum dengan bandara Kuala Namu yang lumayan megah. Meski masih terlihat banyak spot-spot kosong melompong dan masih belum terkesan MEWAH layaknya bandara2 besar lainnya. Seperti Singapura misalnya. Berada di Changi Airport kita serasa berada di mall. semua ada dan terkesan esklusif. 

Hari pertama di Medan, yang diburu pertama adalah DURIAN. selain terkenal enak, harnyanya juga murah meriah. Jadi, wajar kalau gue kalap makan durian di Medan. 3 buah ukuran sedang bisa habis gue sendiri. Harganya pun cuma 45 ribu doang.. Kalo di Jakarta mungkin sudah kena 200 ribu atau 300 ribu gitu deh. Kenyangggg bangetttt!!! 
Enaknya lagi, makan durian di Medan, kalo duriannya kurang enak, busuk atau anyep, bisa diganti bo! Gratis!!!

Buah durian Medan

Selesai urusan makan durian, gue sempat Trekking ke sebuah objek wisata yang masih belum begitu familiar. tepatnya ke Air terjun Dua Warna di Sibolangit. Arah Berastagi sono. Bersama bini dan ponakan yang katanya pengen nyoba trekking mengitari hutan jalan kaki selama 2 jam. (akhirnya mereka gempor dan nyesal ikut karena "medan" yang berat dan capek..) Kalo gue sih, seru2 saja trekking kesana. Gue suka alam dan gue trekking atau naik gunung sudah menjadi bagian dari hobi gue. Beberapa gunung sudah pernah gue daki seperti Rinjani, Ijen, Bromo, Krakatau dan lain lain. Jadi, dua jam jalan kaki itu mah sudah biasa...Lumayan lah penyegaran jiwa selama trekking. Karena bertemu dengan orang2 baru dan alam yang baru. lumayan indah dan sejuk. Hanya sayang, pengunjung masih banyak yg kurang sadar menjaga lingkungan. menjaga kebersihan. seenaknya membuang sampah yang mereka bawa. Kapan sadarnya nih orang2 yang ngaku pecinta alam ya????

Air terjun dua warna sibolangit

air terjun dua warna Sibolangit

Trekking ke Air terjun dua warna sibolangit


Selesai trekking, 
keesokan harinya gue ke kampung gue di RantauPrapat sekitar 7 jam naik kereta api. Lumayan lelah juga sih. Mungkin karena fisik yang nggak berhenti bergerak, akhirnya flu dan radang tenggorokan menyerang.  tapi tetap gue paksain. Penyakit jangan dimanja. 

Setelah 7 jam perjalanan (pukul 3;30 - 10 malam) di stasiun kereta, seharusnya gue dijemput abang gue. eh, berpapasan dengan sahabat SMA gue. dengan teriakan yang menggema ke seluruh penjuru... "VERRRRRRRR...!!!!!" gue langsung menoleh. siapa yang manggil. eh ternyata KAHARUDDIN. sahabat SMA gue. dia berprofesi sebagai tukang becak. 
"Apakabar Ver.."
"Baikkk...Bentar ya Har, aku mau nelpon abang dulu. dia mau njemput.."
"Nggak usah.. biar aku antar saja..."

Akhirnya, malam itu gue naik becak sahabat gue. dalam perjalanan kami asyik ngobrol mengenang masa2 SMA. Sangkin asyiknya, akhirnya gue mengajak dia makan nasi goreng. kebetulan gue emang lapar. sepanjang perjalanan nggak makan. karena yakin makanan di kereta jarang ada yang enak.  Di kedai Nasi goreng/mie goreng, Kahar pun bercerita. mirip guru yang sedang menjelaskan materi-materi pelajaran secara detil. Dia mengingatkan gue dengan sahabat2 lama gue. kisahnya juga beraneka ragam. 

Ada yang masuk penjara gara2 narkoba, ada yang meninggal karena Aids, ada juga meninggal karena kanker, stroke dan penyakit lainnya. Ada yang jadi agen narkoba. ada yang jadi pengusaha. ada yang jadi istri pejabat, ada yang insyaf dan banyakkkkkk lagi...
 Sepanjang cerita, gue hanya mengangguk2 dan sesekali kaget dengan mulut ternganga...
selesai makan dan ngobrol, gue diantar pulang. 

Keesokan harinya.... gue bersilahturahmi ke rumah keluarga. kakak dan abang. bermain bersama ponakan dan semua kerabat. juga Ziarah ke makam bokap dan nyokap. semua gue sempatkan untuk menjumpainya.... 

Hari berikutnya reuni kecil2an dengan teman2 SMA... semua berubah. cewek2 centil dulunya kini sudah menjadi EMAK-EMAK berhijab. Tapi, keseruan masih ada. bahkan, ternyata ada salah satu dari mereka yang ternyata memendam rasa suka samaku. setelah bertemu dia berkirim pesan singkat," terimakasih sudah bertemu dgnmu. 20 tahun lebih aku menunggu agar bisa bertemu denganmu.." hmmm..speechless!
beberapa dari teman2 perempuanku berstatus janda. ada yang karena suaminya meninggal, ada juga yang bercerai karena suaminya narkoba. ada karena diselingkuhin suaminya... sehingga mereka memilih hidup sendiri ketimbang makan hati melihat ulah suaminya...

Keesokan harinya bertemu teman2 gaul. jaman dulu suka nongkrong, balap2 motor, mabok2an. mabok minum dan ganja. semua pernah kami lakukan. tapi kini semua berubah. lagi2 perempuannya berhijab. Good !

Begitu banyak perubahan yang terjadi di kota kecilku. teman2 yang sukses mengelola kebon sawit mereka. bisnis mereka dan juga mereka2 yang dulu bukan siapa2, kini menjadi sosok yang cukup patut diperhidungkan... That's life. we never know what will happen tomorrow...

Di Medan, gue bertemu dengan teman lama yang menjadi sahabat baikku sejak SMP hingga Kuliah. Sekarang dia menjadi supir mobil travel (mobil pribadinya dijadikan mobil travel). bertemu teman2 kuliah... 

Selama beberapa hari di Medan dan kampung halamanku... pengalaman2 bertemu teman2 lama cukup membuat gue sadar, kalau sahabat itu tidak akan pernah hilang dimakan waktu. kecuali mereka telah berpulang. BAik buruknya mereka, tetap menjadi sahabat dan bagian dari perjalanan hidupku....

Terimakasih sahabat.... telah meluangkan waktu bertemu denganku...




Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....