INSOMNIA WILL KILL YOU SOFTLY....


Gue termasuk orang yang beruntung dalam urusan TIDUR. Karena gue bukan mahluk yang susah memejamkan mata alias tidur. Apalagi kalau badan sudah terasa lelah banget banget, gue bisa langsung PELOR alias nempel molor dimana saja. Apalagi gue suka traveling, tidak ada pakem tidur harus ditempat enak. di teras masjid, di tempat ronda, di terminal bandara dan dimana saja gue pernah memejamkan mata dengan nyenyak... 

Jadi, untuk urusan tidur gue jarang bermasalah. Kecuali, kalau lagi ada masalah berat yang sampai kepikiran berkepanjangan. Niscaya ritme tidur gue terganggu. meski nggak terganggu banget. Karena biasanya kalo sudah capek mikir, mata gue juga capek juga terbelalak terus. perlahan tapi pasti dia akan redup juga.... Lampu saja bisa redup, masak mata tidak??? hehheheheh...

Tapi, dulu sempat punya kebiasaan yang menurut gue sangat ganggu, yaitu Tidur siang. hampir setiap siang gue harus wajib kudu dan maksa untuk tidur siang. Mungkin faktor kebiasaan sejak kecil kali ya. Jadi, kalo sudah siang, apalagi after lunch... hmmm... gue menyebutnya "jam rawan". kalo orang menyebut jam rawan kalo sudah tengah malam. Kalo gue justru siang hari after lunch.... mata gue rasanya berattttttt banget. kayak ada 10 hantu bergantung2 di kelopak mata gue. pengen terpejamm gitu deh...

Kalo sudah begitu, biasanya gue suka nyuri2 waktu untuk memejamkan mata alias bobo siang. kalo di kantor jelas gue kagak bisa tidur siang. bisa dibentak seisi kantor kalo gue bisa tidur ganteng di siang hari. solusinya, gue melimpir ke kosan teman yang dekat kantor trus numpang tidur deh minimal 30 menit. pokoe memejam kan mata beberapa saat jiwa raga gue langsung segar bugar..... kayak hape abis di cas gitu deh.. tenaga gue langsung full!!

TAPI...disini gue bukan ngebahas soal masalah pola tidur gue yang sepertinya kagak ada masalah...Gue ngebahas soal kebiasaan teman gue yang kagak bisa tidur cepat. Alias INSOMNIA... 
Setiap datang ke kantor, gue melihat wajah teman gue ini kayak nggak tidur gitu deh. sembab dan nggak fresh. dan ternyata dugaan gue bener. dia punya masalah dengan TIDUR. 
"Gue belum tidur nih....Ngantuk bangettt.." ucap teman gue dengan wajah memelas. 
Gue jadi prihatin. karena biasanya dalam sehari dia cuma bisa tidur satu atau dua jam. Selebihnya kayak kalong gitu deh.. mata terbuka terus. Alhasil fisiknya kelihatan nggak segar dipagi hari...

Sebenarnya dari beberapa buku dan informasi yang gue baca, Insomnia itu penyakit yang bisa disembuhkan kok. Tergantung kita mau menerapkannya dalam pola hidup. Kejadian ini sempat dialami beberapa teman gue. Kagak bisa tidur disaat orang lain sudah terlelap. ketika orang lain sudah beraktivitas, baru deh dia tertidur. tapi sekarang dia sudah sembuh karena nggak mau tersiksa terus menerus.

Menurut gue penyebab insmonia dikarenakan pola hidup yang tidak sehat. Terlalu sering begadang, minum kopi berlebihan. Merokok dan juga stress. Jika kita tahu penyebabnya, coba kita menghindari poin-poin tersebut. Jangan membiasakan tidur terlalu larut malam atau hingga subuh. Jangan minum kopi disaat-saat waktu untuk tidur. Karena kita tahu, kopi mengandung kafein yang bisa membuat mata sulit terpejam. Kalau masalah stress mungkin semua mahluk hidup mengalaminya. Hanya saja, tergantung kita menyelesaikan masalah tersebut...

Intinya....

insomnia itu tidak enak dan menyiksa... JIka kita tidak ingin hal tersebut terus menyerang kita... Change your life style or Insomnia will kill you softly...

Agar Anda bisa terhindar dari penyakit Insomnia, sebaiknya Anda harus mencari kenapa Anda bisa menjadi Insomnia. Cari Penyebabnya. 

Comments

  1. Artikel yang bagus dan menarik min, jika diperbolehkan maka jawablah pertanyaan ini. Banyak hal yang menjadi Penyebab susah tidur, adakah Cara mengatasi susah tidur agar kita terhindar dari gangguan kesehatan dan bagaimana cara agar cepat tidur pada malam hari tersebut. Terima Kasih….

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari bbrp artikel yang saya baca, sebaiknya kita terhindar dari stress. kl stress akan menambah pikiran dan salah satu penyebab susah tidur. jangan minum kopi menjelang tidur. jika hendak tidur, sebaiknya lampu kamar di padamkan atau remang2.... semoga bermanfaat

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....