MAAHHH....SAKIT MAAG..!!!!

foto: Google
Siapa yang pernah melihat orang sakit Maag?
Atau Anda sedang mengalami sakit maag?
Atau sekarang sudah terbebas dari penderitaan sakit maag?

Mungkin gue bisa masuk ke dalam kategori poin nomer 3, alias sudah terbebas dari sakit Maag. 

Kenapa sih bisa sakit Maag?
berdasarkan pengalaman hidup gue, sumber petaka utama munculnya sakit maag adalah KARENA POLA HIDUP yang tidak sehat.Dulu, pada zaman-zaman masih kuliah dulu, gue mengalami masa krisis hidup sehat. Maklum, tinggal jauh dari orangtua membuat gue menerapkan prinsip hidup "asal Makan Asal kenyang". Tiak peduli apakah makanan yang gue asup bergizi atau tidak. Yang penting kenyang deh. mungkin makan kerupuk satu truk pun gue sanggup asal kenyang (meski tidak bergizi). 

Selain itu, gue paling suka menahan lapar, kemudian setelah lapar yang berkepanjangan, langsung deh perut disumbat pake indomie atau makanan yang tiak bergizi lainnya. Ditambah lagi kebiasaan merokok dan begadang alias ke luar malam nongkrong2 di pinggir jalan kayak hansip. (aneh ya, dulu kok bangga banget keluyuran sampe subuh. Bener2 mirip hansip yang sedang ngeronda)

Sampai akhirnya, kebiasaan "buruk" yang dipertahankan bertahun2 membuahkan efek. Tubuh gue pun mulai dirasuki satu persatu penyakit. Salah satunya Maag. Pertama ngalami sakit maag ampun dahhh...sakit bangettt...Tapi, meski sudah sakit tetep saja pola hidup tidak sehat dipertahankan. Dipelihara gitu deh....

Dan....

Gue mengalami sakit maag kronis. Asam lambung tinggi, tukak luka dan setiap makanan yang masuk ke perut langsung menolak alias muntah... Dan kondisi gue pun memprihatinkan. Sampai dokter memvonis Maag gue bener2 parah! gue harus merubah pola hidup dari yang semau gue menjadi pola hidup sehat...
Awalnya sok anak gaul gitu deh... menentang perintah si dokter.. Ujung2nya TUMBANG lagi deh.. drop shayyy!!!

Karena sudah merasakan seperti apa sakitnya sakit maag itu, gue pun disadarkan dengan segala kebodohan gue. Gue perlahan2 mulai merubah kebiasaan-kebiasaan buruk yang sudah beranak pinak di diri gue. Gue mulai menghindari mie (mie goreng, mie kuah, mie rubus dan pasukan mie-mie lainnya)
Gue juga mencoba berhenti merokok (meski saat itu rasanya sulit banget berhenti... But, now, i'm totally freee!!!!), gue juga mulai mengurangi kebiasaan "ngeronda"alias keluar malam nongkrong di jalanan yang nggak jelas itu.  Mulai membiasakan tidur malam teratur...

foto: google


Selain itu, untuk menghilangkan rasa sakit, selain minum obat dari dokter, gue juga meminum ramuan2 Tradisional yang konon katanya manjur...gue mencoba makan LABU kuning yang direbus, lalu dimakan bulet2... Trus, minum air kunyit yang sudah diperas (biang kunyit). gue sengaja nyuruh tukang jamu yang sering lewat di depan kosan gue. Rutin gue minum dan makan labu. Sampai akhirnya, entah karena gue sudah merubah pola hidup, atau memang karena gue meminum biang kunyit dan labu, tiba2 maag gue yang kronis perlahan-lahan terasa membaik... Ringan dan tidak mengalami sakit lagi...

Dan....

Sampai saat ini, gue belum pernah mengalami sakit maag lagi. Meski konon katanya, kalo lambung yang pernah luka, maka dia tidak akan mungkin bisa sembuh total 100 persen. Puji Tuhan, meski tidak sembuh 100 persen, berkat pola hidup sehat, maag tidak pernah datang lagi. Kalo pun pernah mengalami asam lambung naik, penyebabnya bukan karena makanan, melainkan karena stress yang terkadang tiba2 datang tanpa diundang.... 
Karena tahu sumbernya, maka gue mencoba menghindari yang namanya Stress....

So,

jika ditanya, sumber utama sakit maag adalah bersumber dari kesalahan Anda sendiri...

Saran gue nih...
1.  Terapkan pola hidup sehat...Anda harus ingat, SAKIT ITU MAHAL!
2.  Hindari makanan2 junk food karena sangat tidak bermanfaat bagi tubuh Anda..
3.  Hindari minuman bersoda, alkohol..Kopi dan teh bolehlah...asal tahu kadarnya...
4.  Hindari makan mie. Boleh sih, asal bukan menjadi makanan sehari2.. 
5.  Makanlah makanan yang berserat. Tidak perlu mahal asal sehat.
6. Hindari STRESS...Be happy. Meski masalah dalam hidup tetap ada, Anda harus menerapkan pola hidup positif. 


Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....