SETEGAR HATI SUCI .....



suci idol di make up

Sore itu, gue dan sahabat gue, Eunike, had an appoitment with Agatha Suci di sebuah kafe di kawasan Senayan City. Siapa Agatha Suci? Mungkin sebagian memori Anda sudah terhapus akan sosok perempuan cantik nan enerjik ini. Suci adalah salah satu "pasukan" Indonesia Idol angkatan pertama. Mungkin Anda juga masih belum terkoneksi dengan memori lama Anda sehingga sulit mengenal sosok Suci. Anda lebih familiar dengan nama Delon atau Joy Tobing yang kala itu merajai pemberitaan media masa karena mereka mendulang popularitas instant setelah meraih juara 1 dan 2 di ajang bergengsi itu.

Gue, yang kala itu masih menjadi jurnalis di sebuah tabloid ibukota juga ketiban tugas meliput kegiatan para "pasukan" IdoIdol angkatan pertama...

Dan, Apesnya, Agatha Suci  terlalu cepat tersisih dari ajang tersebut. Pada penampilan 10 besar pertama, Suci sudah tereliminasi. Tapi, Suci tetap menjadi "pasukan idol 1"...

Setelah lama menghilang, kemana Suci ya? Apa kegiatannya setelah sekian tahun tidak muncul ke permukaan entertainmen?
"Saya masih nyanyi kok. Sebentar lagi juga mau ngeluarin single. Mudah2an setelah lebaran single saya keluar. Daain yaa.." ucapnya dengan mimik ceria.

Sepanjang obrolan, tidak terlihat raut muram atau diam di wajah cantik perempuan jangkung ini. Selalu tersenyum dan tertawa. Pembawaannya benar-benar ceria.
"Saya orangnya sangat enerjik. Tidak bisa diam dan juga kayak kutu locat deh..." lanjutnya sambil menahan tawa karena wajahnya sedang dipolesi make up oleh si penata rias.

foto taken from here

Obrolan berlanjut....

Sore itu Suci baru saja menuntaskan tugasnya sebagai bintang tamu launching sebuah product handphone. Suci didapuk sebagai penyanyi untuk menghibur para tamu undangan dan juga para wartawan yang meliput acara tersebut. Usai nyanyi, Suci menghampiri gue dan Eunike yang sudah menunggunya.

"Kita mau ngebahas apa nih?"tanya Suci penasaran.
Eunike langsung menjelaskan kalau kami akan ngobrol2 membahas about LOVE... Kebetulan di tempat gue bekerja sedang mengangkat tema JULY, I'M IN LOVE... jadi, sebagai sosok inspiratif, Suci didapuk untuk menjawab beberapa pertanyaan seputar LOVE alias CINTA...

"Aduh, masalah cinta ya??? Saya itu nggak pernah jatuh cinta. Jadi tidak punya pengalaman masalah Cinta Pertama. Suerr!!"

Gue sempat terbengong2. Bagaimana mungkin perempuan secantik Suci tidak pernah jatuh cinta?Masak nggak ada laki-laki yang suka dan jatuh cinta padanya?
"Yang suka sih banyak. Tapi, saya itu orangnya realistis. Jadi suah jatuh cinta..hahahha.." gelaknya.

foto: www.agathasuci.com
Obrolan berlanjut....

Sampai akhirnya Suci membuka kisah Cintanya dengan sosok pria yang kini telah menjadi suaminya.  Suci pun kini telah memiliki dua orang anak (Perempuan dan laki-laki).
'Saya menikah dengan pria yang telah memacari saya ketika usia saya 19 tahun. 5 tahun pacaran, saya langsung nodong ke dia" hubungan kita mau dibawa kemana nih??" kenang Suci.

Suci,kid and husband


Setelah 5 tahun pacaran, akhirnya pada tahun 2009, Suci dan pria idamannya menikah. Kemudian, setahun menikah, Suci Hamil anak pertama. Tapi sayang Tuhan berkehendak lain. bayi yang ada di dalam kandungannya keguguran.
"Saya keguguran pada kehamilan pertama. Rasanya sedihhh banget. Tapi, saya tidak mau berlarut-larut dalam kesedihan. Itu sudah rencana Tuhan.."Ucapnya dengan raut wajah tegar. meski terbersit kesedihan pada matanya.

"Kemudian saya hamil anak kedua. Dan melahirkan anak kedua (jadi anak Pertama yang hidup)"   Rasa bahagia langsung mewarnai biduk rumah tangga Suci dan suaminya. Mereka menyambut kehadiran bayi mungil nan cantik penuh sukacita dan keriaan.
Namun, seiring berkembangnya si bayi, ternyata Suci dan suami menyadari kalau bayi mereka berbeda dengan bayi-bayi pada umumnya. Karena si bayimemiliki Kebutuhan khusus. Untuk memastikan, mereka pun konsultasi pada dokter anak yang faham masalah itu. Setelah diperiksa ke dokter, ternyata bayi mungil nan cantik itu mengidap SPD (Sensory Processing Disorder)
"Anak pertama saya mengidap SPD."katanya pelan. " Karena buah hati saya mengidap SPD, maka saya pun memutuskan untuk 100 persen mengurus dia. Tidak mudah memang. Tapi, hanya seorang ibu yang mengerti kondisi anaknya lah yang bisa menjaga dan membesarkannya dengan sepenuh hati," jawab Suci tegar.

SPD merupakan gangguan tumbuh kembang yang menunjukkan ketidak mampuan otak dalam memproses, menyesuaikan sinyal sensori, atau indera menjadi respon perilaku.

Gue bisa membayangkan, membesarkan anak dengan berkebutuhan khusus itu tidaklah mudah. Karena kita harus memiliki tenaga "extra" untuk benar-benar merawatnya. Bahkan banyak orangtua yang "menitipkan" anaknya yang dianggap memiliki gangguan itu menjadi penghalang dalam kehidupan mereka. Namun, tidak demikian dengan Suci. Dia memilih mundur dari dunia hiburan dan total mengurus buah hatinya. (Putri pertamanya sekarang berusia 5.5 tahun. )

Selain putri pertamanya,  Tuhan memberikan keturunan berikutnya untuk Suci. Lahirlah anak kedua berjenis kelamin laki-laki. Lengkap sudah kebahagian Suci dan suami memiliki sepasang "hadiah" dari Tuhan. Tapi, lagi-lagi Tuhan memberikan hadiah yang "khusus" untuk mereka. Karena anak kedua mereka pun mengidap gangguan berbicara alias Delay Speech

Lagi-lagi Suci harus berbesar hati menerima "hadiah" istimewah itu. Berbekal ketegaran dan pengalaman mengurus anak pertama, Suci pun mengemban tugas dengan sepenuh hati membesarkan kedua buah hatinya itu.
"Saya mendapat paket komplit dari Tuhan. Anak kedua saya juga mengidap delay speech. Mungkin karena sering melihat kakaknya sulit berbicara, jadi adiknya pun ikut-ikutan."Kata Suci tentang buah hati keduanya yang kini berusia 3.5 tahun.

foto: instagram/agathasuci
Hingga kini, Suci dan pasangannya tetap tegar membesarkan kedua buah hatinya dengan kebutuhan khusus itu. Namun mereka membesarkannya dengan cinta dan kasih sayang. Tidak ada raut lelah, letih terpancar di wajahnya. mengulik instagram pribadinya, terlihat jelas bagaimana besarnya cinta Suci pada kedua buah hatinya. Bahkan salah satu video, Suci memperlihatkan bagaimana kegembiraannya melihat putrinya bisa merespon apa yang sedang dia bicarakan.  Dan disitu dia menulis caption yang cukup menyentuh.

Seperti ini kutipan captionnya

agatha_suci#Happiness is when you are a #mother and #finally your #daughter can #comunicate with you and have a #good#eye #contact after almost 5.5 years and 3.5 years #theraphy #session.. #mama and #papa #proud of you kak. 
We #love you so much.. 😭..
.
To the #moms out there, i know am not alone. Keep up the spirit for your #children. Give them a #trust and a lot of #chances. It is not #easy and never be easy, but we just have keep on #trying and give our #bestfor them. 😊😊
.
And btw.. This is her #favorite #song since she was a #baby.. 😊
.
#motherhood #spd #specialneeds
#agathaSuci


Obrolan terus berlanjut dan keceriaan terus terpancar di raut wajah Suci. Mungkin dia ingin menunjukkan pada semua orang, bahwa apa yang dia rasakan, dia alami dan dia jalani itu bukanlah beban, melainkan GIFT yang diberikan Tuhan untuk orang-orang pilihan. Sehingga dia tidak pernah menjadikan buah hatinya yang memiliki special needs itu beban. Justru dia ingin membuktikan kalau titipan Tuhan itu adalah aset yang sangat berharga dan harus dijaga dengan baik sampai mereka besar kelak.

Dibalik kesibukannya mengurus buah hatinya, ternyata Suci mendapat "GIFT" yang tidak kalah membahagiakan dari sang suami. Karena sang suami mengizinkan dia melanjutkan karir bernyanyinya lagi setelah cukup lama tersendat.
"Mungkin suamiku melihat kalau aku masih memiliki bakat yang harus di asah. Dia mengizinkan aku bernyanyi lagi. Puji Tuhan, sebentar lagi singleku akan keluar.." ucap Suci smabil melirik sang pujaan hati yang dengan setia menunggunya saat wawancara berlangsung.

Terus berkarya Suci..
Tetap menjadi "power rangers" bagi kedua buah hatimu..
Tetap menjadi inspirasi bagi banyak orang...
Tetap menjadi istri yang dibanggakan dan dicintai suami sepanjang hayat...

Seperti yang kamu katakan" He knows me so well.....and he's my first love... "






foto:Instagram/agathasuci






Comments

Popular posts from this blog

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....