TRAVELING PLUS DAPAT UANG, EMANG BISA?

foto: Very Barus


YANG namanya traveling alias liburan pasti identik dengan biaya keluar, bukan? Biasanya, sebelum liburan direncanakan, Anda pasti mulai menghitung berapa banyak bujet yang akan dikeluarkan selama liburan. Ya, hal itu lumrah kok. Gue saja juga begitu. Memperhitungkan bujet yang akan dikeluarkan selama liburan.

Tapi, bagaimana jika Anda liburan tapi bisa menghaslkan uang?

Bisa nggak??

Ya bisa lahhh….Ya Bisa doongg…

So How..??

Don’t Worry…

 Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar uang yang Anda keluarkan selama liburan bisa datang kembali ke pangkuan Anda..ups! Ke dompet Anda maksudnya.   Salah satunya adalah dengan menulis pengalaman liburan Anda yang sangat berkesan itu, kemudian tulisan dan hasil-foto-foto yang Anda abadikan selama liburan bisa dikirim ke media yang berhubungan dengan dunia  traveling.

JIka Anda punya hobi menulis dan fotografi, kenapa tidak mencobanya?

Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan agar Anda bisa menulis pengalaman liburan Anda dengan baik :

1.     Destinasi
Tentu Anda sudah menentukan destinasi liburan yang akan Anda tuju bukan?. Sebelum berangkat, cari tahu dulu tentang destinasi yang akan Anda datangi. Cari info sebanyak-banyaknya, kira-kira tempat2 apa saja yang menarik disana. Resto, kafe, makanan, souvenir atau apa saja deh… Kemudian Anda bisa merangkumnya dengan gaya tulisan Anda.


foto orang berjalan kaki di pinggir pantai


2.     Bawa Kamera
Hal utama yang wajib Anda bawa adalah kamera. bagaimana mungkin orang lain bisa tahu kalau tempat liburan Anda begitu indah, menarik dan sangat menggoda jika tidak ada bukti nyata. Jalan satu-satunya adalah dengan memajang beberapa foto-foto hasil bidikan Anda ke akun sosmed pribadi  Anda. cantumkan hesteg (#) nama lokasi dan juga kota tujuan liburan Anda. Tapi, Anda cukup memajang beberapa foto saja. nggak usah jor-joran mempostingnya.  Untuk foto terbaik Anda berikan khusus untuk media yang akan mempublikasikan tulisan perjalanan Anda.

membidik objek di atas bukit


3.    Jelajahi Budaya
Selama di lokasi liburan Anda juga wajib menjelajahi setiap sudut kota atau desa tersebut. Pelajari atau ketahui tentang daerah tersebut, mulai dari sejarah, ciri khas dan cerita-cerita legendanya. Kemudian tulis dengan baik. Jangan lupa cantumkan nama-nama orang yang memberi informasi pada Anda, agar cerita yang Anda tulis tidak dianggap “mengarang bebas”.


patung budha berlapis emas

4.    Jejal Kuliner
Liburan tidak afdol tanpa menjejal jajanan khas di daerah tersebut. cari makanan-makanan yang Anda anggap aneh atau langka (mungkin orang lain juga beranggapan demikian). Kemudian, Anda foto dengan baik makanan tersebut, lalu ceritakanlah sedikit kisah tentang makanan itu. Tentu pembaca akan semakin penasaran bukan?


nikmatya makan sate klopo

5.     Souvenir
Sebelum pulang, Anda juga wajib mencari barang-barang khas yang menjadi ciri dari daerah tersebut. Jika benar-benar langka, Anda perlu menulisnya juga. jangan lupa, foto barang-barang souvenir tersebut dengan baik.
Jika Anda sudah menulis pengalaman jalan-jalan Anda dengan baik dan juga dilengkapi dengan foto-foto yang bagus. Langkah selanjutnya Anda mengirimkan naskah tulisan Anda ke media cetak atau online yang siap menampungnya. Jika dianggap menarik, tentu mereka akan memberikan imbalan berupa honor tulisan Anda.

aneka jenis asesoris untuk wanita


Nah, kalo sudah lengkap, saatnya Anda mengolah pengalaman-pengalaman tersebut ke dalam bentuk tulisan. ya, pakailah bahasa yang ringan dan ngepop, agar yang membacanya juga senang dan seolah2 sedang berada di lokasi liburan Anda…Syukur2 ada beberapa majalah yang sudi mempublikasikan tulisan Anda.. Lumayan kan dapat duit..

Mudah Bukan????


Mendaki gunung Ijen


Trus, kalo yang tidak bisa menulis dan foto gimana???

Hmm.. gimana ya???

Banyak-banyak berdoa saja, biar Tuhan kasih hidayah….  (hehhehehehe)



Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....