ITIKAF.....KEWAJIBAN ATAU KEINGINAN?


ilustrasi foto orang itikaf di masjid

ITIKAF
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
I'tikaf (Itikaf, iktikaf, iqtikaf, i'tiqaf, itiqaf), berasal dari bahasa Arab akafa[1] yang berarti menetap, mengurung diri atau terhalangi. Pengertiannya dalam konteks ibadah dalam Islam adalah berdiam diri di dalam masjid dalam rangka untuk mencari keridhaan Allah SWT dan bermuhasabah (introspeksi) atas perbuatan-perbuatannya. Orang yang sedang beriktikaf disebut juga mutakif.

APA ITU Itikaf?
gue sering menanyakan itu pada teman dekat gue. kebetulan, setiap bulan Ramadhan tiba, dia pasti mengasingkan diri dari pergaulan. Gue pikir mau kemana nih anak??? bahkan setiap diajak ngumpul untuk buka puasa bareng (meski gue bukan puasa), dia selalu menjawab kalo sedang berada di luar kota, sedang itikaf.
Kemudian dia pun menjelaskan apa itu Itikaf dan apa fungsinya. Gue pun akhirnya memahami kalo niat baik sobat gue itu benar2 ingin fokus menjalankan ibadah selama bulan ramadhan. Gue pun sangat mendukung keinginannya itu. KArena biar bagaimana pun, sebagai teman, gue mendukung untuk hal-hal yang sifatnya positif.

Setelah faham, gue pun teringat beberapa tahun lalu, ibunya sahabat gue sempat bela-belain datang ke Jakarta hanya gara-gara ingin Itkaf di Masjid Istiqlal. Dan keinginan tersebut terwujud. Selama satu bulan penuh dia berada di sana, konsentrasi berbadah, puasa dan menjalankan segala kebaikan....

Hmmm....

Bagi teman-teman yang lain, apakah sudah ada keinginan untuk itikaf???
Apakah bagi Anda Itikaf itu perlu dan wajib? Atau sebatas keinginan saja???

Hmmm....

Lemme know...

Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....