MAKNA MAAF-MAAFAN (ATAU SEKEDAR BASA-BASI?)

foto taken from google

LEBARAN usai....
Saatnya kembali dengan rutinitas seperti sediakala. Mereka yang berlomba-lomba mudik ke kampung pun sudah berlomba-lomba kembali ke kota untuk melanjutkan ritualnya.
Banyak cerita seru yang gue dapat dari teman-teman yang baru saja merayakan Idul Fitri. Ada cerita suka, duka, gembira ria dan bahkan ada yang menganggap Lebaran itu "begitu-begitu saja" dan ada yang merasa "HAMPA" dan ada juga yang merasakan momen Lebaran ternyata bukan jurus jitu untuk saling mengampuni dan memaafkan kesalahan yang telah terjadi.

Semua masih menjunjung tinggi EGO masing-masing...

Cerita pertama tentang teman gue yang sudah rela merogoh koceknya untuk membeli pakaian lebaran seragam untuk keluarganya. Tapi, saat hari Raya tiba, salah satu saudaranya (kakak) tidak mudik tanpa alasan yang jelas. Meski teman gue tahu, kalo sebelum bulan puasa, kakaknya pernah ribut "adu mulut" dengan ibunya, sampai beruju isak tangis dan pergi meninggalkan rumah. Sejak saat itu si kakak sepertinya enggan maaf-maafan dengan ibunya...
"mungkin dia masih sakit hati sama ibu, jadi dia tidak mau pulang..." ucapnya...

Dan, dia merasa lebaran tahun ini benar-benar kurang berkesan dan kurang hikmat.

Berbeda dengan teman gue lainnya...
saat pulang ke kampung suasana sempat meriah karena sanak saudara berkumpul. Namun, menjelang takbiran tiba, dua orang saudaranya ribut besar hanya gara-gara sepele, sampai berujung pada hampir bacok-bacokan. (oh, My God). keesokan harinya, saat lebaran tiba, dua saudaranya menghilang. Sama-sama tidak mau menampakkan wujudnya. Dan, suasana lebaran terasa kurang komplit. Dan ritual maaf-maafan pun tidak terlaksana dengan sempurna...

Teman lainnya berkisah menjelang lebaran orangtuanya justru tidak pulang ke rumah. Entah kemana. Meski mereka tahu, bapaknya memiliki wanita idaman lain dan memilih menghabiskan lebaran bersama perempuan laknat itu ketimbang keluargnya..

Hmmmmm....

Bagaimana dengan Lebaran Anda? Berkesan kah??

Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....