REVIEW FILM: AMY (WINEHOSE), NASIB TRAGIS SI JIWA YANG RAPUH




BARU saja tuntas menonton film dokumenter AMY WINEHOSE. Meski film ini sudah beredar sejak tahun 2015 lalu, bahkan sudah pernah ditayangkan di HBO, tapi gue baru tergerak hati untuk menonton film ini kemaren malam. Kebetulan gue memang suka film-film dokumenter (apa saja). Karen disitu kita bisa melihat realita kehidupan yang sesungguhnya si tokoh. 

Sepanjang film diputar, gue benar-benar terkesimak mengikuti perjalanan hidup dan karir perempuan berambut nyentrik ini. Kisah hidupnya sangat “memprihatinkan”. Popularitasnya yang melambung ternyata semakin menyeret hidupnya ke lembah narkoba. Ditambah lagi mendapat kekasih yang juga sama-sama menikmat barang haram itu. Komplitlah keterpurukkan AMY di dunia narkoba. Meski dilansir kematiannya bukan karena Narkoba, namun salah satu penyebabnya tentu drugs tersebut. Jauh sebelum memutuskan "berobat" untuk kecanduan narkoba, Hidup AMY selalu bergelimang narkoba. 



Layaknya seniman kebanyakan, disaat sedang “high” maka disitulah imajinasi berjalan dengan kencang. Begitu juga AMY, disaat sedang fly, dia justru bisa membuat karya yang begitu indah. Namun sayang, AMY sulit mengontrol keinginanya untuk berbaur dengan barang-barang haram. Bahkan, pernah disaat sedang konser, karena dalam pengaruh barang haram, AMY hanya berdiri di atas panggung tanpa melantunkan satu buah lagu pun! Semenara penggemarnya sudah menanti-nanti kehadirannya. Namun AMY cuek saja.  

Meskipun hanya dua album untuk namanya, namun Amy Winehouse adalah salah satu ikon musik terbesar di Inggris. Suaranya sering digambarkan sebagai kombinasi dari Billy Holiday, Dinah Washington dan Sarah Vaughan. AMY selalu berhasil menghipnotis siapa saja yang mendengar lagu-lagunya. 

SINOPSIS film "AMY" menuliskan,"Sosok penuh bakat yang hanya datang sekali tiap generasi, artis jazz murni dalam arti yang paling otentik, Amy menulis dan bernyanyi dari hati menggunakan bakat musiknya untuk menyelesaikan masalah hidupnya sendiri. Kombinasi kejujuran dan bakat yang istimewa menghasilkan beberapa lagu yang otentik dan dikagumi di  era modern ini."

Tim di balik pembuatan film ini adalah tim yang sama saat membuat film terkenal "Senna" tahun 2010 (film yang mengangkat kisah hidup pembalap Ayton Senna.  Disutradarai Asif Capadia.

Amy" merupakan kisah dokumenter dari peraih enam kali Grammy Awards, Amy Winehouse. "Amy" adalah seorang musisi yang menjadi perhatian dunia. Dia seorang seniman jazz murni, karyanya sangat otentik. Lagu yang dia tulis dan nyanyikan dari hati adalah karyanya yang berasal dari masalah yang dia miliki. Kejujuran dan bakat yang luar biasa membuat beberapa lagu menjadi paling hits pada saat itu.

AMY meninggal tahun 2011, tepatnya tanggal 23 Juli, AMY meninggal dunia secara tragis di kediamannya. AMY meninggal  karena keracunan alkohol di usianya yang ke 27 tahun.  
Belajar dari kasus AMY, kedua orangtuanya pun mendirikan foundation untuk orang ketergantungan drugs yang diberinama Amy Winehouse foundation. Sebenarnya ide tersebut datang dari keinginan Amy yang mencoba berhenti dari ektergantungan drugs. Namun, keinginan tersebut baru terwujud setelah perempuan kelahiran tahun 1983 ini meninggal dunia.


kaos amy winehouse foundation


Meski sudah meninggal, namun sosok AMY masih teteap menjadi inspirasi bagi banyak orang. Khususnya untuk karya-karyanya, bukan prilakukanya. terbukti, di London didrikan patung Amy Winehouse.  Baca kisah selengkapnya disini

foto patung Amy bersama orangtuanya


Selain itu, ternyata film dokumenter AMY membuat keluarganya resah, sehingga mereka mempermasalahkan film tersebut. Kisahnya bisa Anda baca disini 

Tapi, meski filmnya dipermasalahkan oleh pihak keluarga, namun animo masyarakat Inggris begitu besar ingin mengetahui apa penyebab kematian sang idola melalui visual. Tidak heran, ketika film AMY beredar dipasaran, film tersebut langsung menjadi film dengan pendapatan tertinggi di Inggris (khususnya film dokumenter). Kisahnya bisa Anda baca disini




Berikut Selebritis yang meninggal di usia 27 tahun:
Died at age 27, making her a member of the "27 Club". The "27 Club" is a group of prominent musicians who have died at the age of 27. Other members include: The Rolling Stones co-founder Brian Jones, guitarist Jimi Hendrix, singer Janis JoplinThe Doorsfrontman Jim Morrison and Nirvana frontman Kurt Cobain.

Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....