10 HAL YANG WAJIB DIPERHATIKAN SAAT HENDAK NAIK GUNUNG



foto di stone garden ketika langit cerah


BERDASARKAN pengalaman-pengalaman gue saat naik gunung, banyak hal yang unpredictable bisa terjadi selama dalam pendakian. Biasanya, kalo mau naik gunung, hal utama yang perlu diperhatikan adalah CUACA. Biasanya (lagi), kebanyakan para pendaki mengingkinkan CUACA CERAH ketimbang HUJAN.  Artinya, cuaca cerah itu ya, yang tidak terlalu panas-panas banget, ketimbang cuaca mendung atau hujan.  Kalo cerah, selama dalam proses pendakian, kita banyak diuntungkan olehnya jika dibandingkan saat musim hujan.Seperti pengalaman naik gunung Papandayan yang ditemani hujan sepanjang perjalanan. kisahnya bisa Anda baca disiniBegitu juga ketika mendaki Gunung Rinjani


Berikut ini keuntungannya: 
  1. Kita bisa mendapat “bonus” melihat dan menikmati pemandangan alam pegunungan yang luar biasa indahnya. 
  2. Kita bisa  foto-foto, vieo-video sepuas-puasnya dengan ebrbagai macam spot pilihan. Semua latar belakang alam mampu membuat orang yang melihat foto-foto dan video2 Anda akan envy. 
  3. Kita tidak perlu bersusah-susah melapisi tubuh kita dengan atribut-atribut yang memberatkan seperti jas hujan, cover backpack, melapis celana dan sepatu agar tidak kemasukan air dan sebagainya. 
  4. Pada cuaca verah, kita juga bisa dengan leluasa bertelanjang dada memamerkan perut yang membuncit atau yang six pack akibat kegerahan. Dan tidak kedinginan. 
  5. Kita bisa beristirahat dimana saja asal ada tempat yang teduh. 
foto bersama ditengah hamparan bebatuan gunung Papandayan




Sedangkan kalau Cuaca Hujan, Resikonya adalah
  1. Badan kita pasti basah kuyup kecipratan air hujan meski sudah dilapisi dengan rain coat.
  2. Sepatu menjadi korban air hujan dan lumpur juga.
  3. Kaki juga ketiban apes jadi lembab karena sepatu yang merembes air hujan. Bahkan lumpur juga dengan leluasa masuk dari sela-sela lubang tali sepatu. 
  4. Badan mulai terasa kedinginan dan bisa-bisa menggigil.
  5. TAs yang dipanggul pun semakin berat karena efek basah dan lembab. 
  6. Jika tidak dilapisi cover waterproof, isi tas juga bisa ketiban basah karena hujan. Hal ini pernah gue alami saat ke Papandayan, baju yang ada di dalam backpack basah semua karena hujan. Apes bangettt!!!
Persiapkan sepatu yang layak dipakai saat naik gunung


10 HAL YANG WAJIB DIPERHATIKAN SAAT NAIK GUNUNG VERSI GUE

  1. Sebelum berangkat ke Gunung yang hendak Anda daki, pastikan kondisi fisik, stamina dan tenaga Anda prima. Ada baiknya Anda telah melakukan ritual olahraga agar otot2 Anda tidak kaget saat  melakukan aktivitas berat. Jangan sampai kaki Anda kram karena kaget. 
foto saat berolahraga
  1. Pastikan juga semua barang2 di dalam backpack Anda sudah tersusun dengan baik dan semua terbungkus rapi di dalam PLASTIK. Untuk mengantisipasi supaya kalau hujan datang tiba2, barang2 di dalam backpack Anda tidak kecipratan hujan. Pisahkan barang2 yang berhubungan dengan elektronik, seperti charger, senter, hape, speaker, pisau lipat and the genk. supaya mempermudah untuk mencarinya jika dibutuhkan. 
  1. Bawalah pakaian SEPERLUNYA. jangan kurang dan jangan lebih. Jangan bawa barang2 yang tidak penting yang mengakibatkan tas Anda menjadi menambah beban penderitaan Anda. Ingat, Anda pergi ek Gunung bukan ke mall. Nggak mandi berhari2 idan memakai baju yang itu2 saja tidak membuat ke-pede-an anda berkurang. Semakin dekil justru semakin KERENNN (kata siapa hayoo??Untuk mengantisipasi cuaca, bawalah obat2an yang berhubungan dengan cuaca. Misalkan obat batuk (sasetan), minyak balur (kayu putih dan sejenisnya), minuman penghangat sasetan (wedang, kopi, dkk). Bila perlu bawa wine untuk menghangatkan tubuh Anda. Bukan untuk mabok ya!
  1. Barang2 yang dianggap TIDAK PENTING sesungguhnya penting lho disana, seperti kaos kaki yang tebal, baju hangat yang bisa menghangatkan tubuh, sleeping bag, matras, payung lipat (perlu banget utk para wanita dan laki2 juga), sarung tangan, plastik besar cadangan untuk jaga2 jika barang2 Anda kebasahan bisa dimasukkan ke dalam plastik sehingga tidak mengorbankan baju2 yang kering. 
  1. Tas kecil, bisa tas pinggang, tas lempang atau backpack kecil. Tujuannya untuk menyimpan barang2 yang sangat penting. misalkan hape, kamera kecil, cahrger, pisau lipat dan sebagainya. Kan nggak mungkin Anda membawa2 carrier Anda kemana2 bukan?
foto tumbler starbucks

  1. Topi kupluk, masker, sarung tangan waterproof juga wajib dibawa. 
  1. Botol minuman juga menjadi senjata wajib untuk dibawa. kalau perlu bawa tumbler yang bisa menyimpan minuman panas (kopi/teh) dalam waktu yang cukup lama. karena minum panas/hangat sangat sedap diteguk diudara dingin.. 

  1. Selain SEPATU khusus naik gunung yang di bawa (jangan sepatu fahsion show ya..) SANDAL juga  wajib ada dalam tas Anda… siapa bilang sandal tidak penting? penting banget! Masa iya mau boker di semak2 atau toilet darurat Anda harus pake sepatu dulu? so, sandal wajib di daftar list Anda.
  1. Snack, cemilan, nggak mungkin Anda menahan lapar saat di atas gunung bukan? terkadang udara dingin membuat Anda lebih aktif mengunyah ketimbang tertidur. Sebaiknya bawalah makanan2 kecil yang bisa mengenyangkan dan juga menambah staminal. misalkan coklat, kacang2an, fitbar, buah2an dan sebagainya. 

Comments

  1. Sudah lama ga naik gunung lagi.. kangen

    ReplyDelete
  2. Artikel yang menarik, terima kasih sudah mengingatkan.
    Salam Lestari

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....