JAMBORE SAHABAT ANAK 2016 - GIZI UNTUK PRESTASI


Selama dua hari (30-31 Juli) kemaren, Jambore Sahabat Anak ke XX, digelar di Bumi Perkemahan Ragunan. ada sekitar 800 Anak-anak jalanan berkumpul disitu. Selama dua Hari anak-anak dan kakak-kaka pendamping (yang jumlahnya sekitar 400 orang), serta seratus orang panita yang membantu hingga acara regular tahunan ini terselenggara dengan baik.

Banyak aktivitas yang sifatnya positif digear di Jambore tersebut. Tidak hanya berkemah dan nginap di tenda semata, disitu anak-anak juga diajak bermain, belajar mengenal gizi yang baik untuk kesehatan mereka. Selain itu, selama acara berlangsung, adik-adik juga diberi kebebasan mengekspresikan keahlian mereka di atas panggung. siapa saja boleh mempertunjukkan kebolehan mereka. Mulai dari menyanyi, menari dan juga bercerita. Apa saja pengalaman yang pernah mereka rasakan selama mengikuti JSA.




JSA bukan ajang yang untuk gaya-gayaan. Semua dikemas dengan matang oleh orang-orang yang sangat peduli dengan nasib anak-anak jalanan. Luar biasa memang, disaat orang sibuk memikirkan "perut" masing-masing tapi, mereka justru menyisihkan energi dan pikiran mereka untuk memikirkan nasib anak-anak jalanan. Kalau hanya mengandalkan pemerintah untuk mengurus nasib mereka, hmmm.... sampe kiamat juga kagak akan tuntas-tuntas. Maka, dibutuhkan orang-orang berhati MALAIKAT yang tulus membantu dan memperdulikan nasib anak-anak jalanan. Biar bagaimanapun, mereka juga butuh pendidikan, butuh hidup dan juga butuh makanan yang sehat. mereka juga punya cita-cita. Jangan sampai cita-cita mereka terampas oleh ketidak mampuan mereka untuk sekolah...

Sejak 5 tahun lalu gue suka menawarkan diri untuk menjadi volunteer. meski tidak secara total terjun langsung seperti yang dilakukan teman-teman berhati mulia lainnya. mereka bisa setiap minggu membimbing dan memberi materi pelajaran untuk adik-adik jalanan. mereka belajar di rumah singgah, di kolong jembatan dan dimana saja tempat yang dianggap bisa menjadi sarana untuk belajar. Karena sesungguhnya KITA BISA BELAJAR DIMANA SAJA dan DENGAN SIAPA SAJA. asal punya niat dan kemauan. 

Setiap Jambore akan digelar, gue selalu menghubungi salah satu panitia, gue menyodorkan diri untuk ambil peranan. Gue bisa menulis, gue bisa fotografi dan video. Gue pengen bisa memberikan tenaga gue secara cuma-cuma. Karena memang sejak dulu gue sudah berikrar pada diri sendiri untuk lebih care pada anak-anak jalanan dan juga hewan-hewan yang terlantar (teraniaya). Terkadang gue juga ikut ambil andil untuk mencari dana. menjual kupon ke teman-teman, kupon tersebutlah yang akan dipakai untuk terselenggaranya JSA. 

Semoga....
Kelak...
Kapanpun jika gue dibutuhkan, gue akan bersedia tanpa pamrih. Whatever people say. Banyak yang beranggapan itu pekerjaan yang sia-sia. bagi gue ikut pekerjaan mulia. Dan gue akan selalu meluangkan waktu jika memang waktunya tidak berbentrokan dengan pekerjaan ke luar kota atau halangan2an lainnya...

Bertemu dengan anak-anak jalanan banyak memberikan pelajaran hidup bagi gue. Banyak ilmu yang gue dapat dan juga menyadarkan kita untuk selalu BERSYUKUR dengan apa yang kita miliki. Karena, dibandingkan kita, mereka itu jauh lebih serba kekurangan. Bahkan berharap saja mereka enggan karena takut tidak bisa terwujud. 
Bertemu dengan mereka juga banyak memberikan inspirasi bagi gue untuk membuat cerita yang kelak akan gue tulis.

Teruslah bercita-cita adik-adik. Percayalah, apa yang engkau impikan kelak akan terwujud. So, don't ever ever give up!!

foto JSA2016

foto bersama diacara JSA2016

beberapa kelompok di JSA2016

Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....