Memilih Sepatu Tracking Yang Aman, Nyaman Dan Layak dipakai

Memakai sepatu gunung

PENGALAMAN adalah guru yang sangat berharga. Dari pengalaman, kita selalu mendapat “ilmu” yang kelak bisa kita jadikan pedoman untuk idak mengulangi kegagalan. 

Bicara soal pengalaman, waktu sedang traveling ke Sapa, Vietnam Utara, disana gue ikut tracking naik turun bukit. Sayangnya, pada waktu itu gue tidak mempersiapkan secara matang “bekal” trackking gue. Terutama masalah sepatu. Waktu itu, gue hanya mengenakan sepatu Converse, sehingga setiap kali mendaki jalan yang terjal, sepatu gue terpleset. Akhirnya gue faham kalau Converse sangat tidak layak dipakai untuk trackking. Apalagi saat itu sedang musim hujan. Jadi, sudah pasi gue terpeleset beberapa kali. Bahkan sempat jadi bahan tertawaan teman-teman bule yang ikut trackking

sepatu tracking merk Hi tech


Dan, sejak saat itu, setiap kali hendak traveling, gue selalu mempersiapkan segalanya dengan matang. terutama masalah sepatu. Jika tujuan traveling gue hanya mengiderin kota, gue bisa memakai sepatu Converse yang menjadi sepatu jagoan gue. Tapi, jika gue harus naik turun bukit atau gunung, maka gue sudah mempersiapkan sepatu yang khusus. Karena masing-masing sepatu memiliki fungsi yang berbeda-beda. 

Berikut ini gue akan membagikan beberapa tips memilih Sepatu yang layak untuk dipakai untuk traveling atau naik gunung.  terutama untuk sepatu naik gunung. yang wajib diperhatikan adalah: 

Materali/bahan

Kita sering melihat sepatu gunung yang kokoh dan bagus. Tapi, ketika tahu harganya cukup mencekik isi kantung, niat membeli langsung kendur. Sebenarnya, membeli sepatu itu yang wajib diperhatikan adalah Material atau bahannya. Jika bahanya terbuat dari bahan yang benar-benar dirancang khusus untuk jalan yang keras (naik gunung bebatuan), wajar jika material yang dipakai juga khusus. Dan sekali lagi, harganya juga khusus. 

Menurut gue, mahal sedikit tidak menjadi masalah asal kwalitasnya memang terjamin. Buat apa kita membeli sepatu dengan harga murah tapi sekali pakai langsung jebol. Anda mau?? 
Bahan yang terbaik buat sepatu gunung  terdiri dari: 

Kulit
Sepatu gunung yang terbuat dari kulit lebih kuat dan selain itu fungsinya juga bisa menghangatkan kaki kita dari rasa dingin.  Tetapi sepatu yang berbahan dari kulit memiliki beberapa kekurangan, seperti mudah pengap dan mudah pecah jika perawatan salah. Sekarang berkembang sepatu sepatu tracking berbahan kulit sintetis yang memiliki teknologi cangggih, entah itu hanya slogan atau beneran. Seperti sirkulasi udara pada sepatu yang meminimalisir kepengapan didalam sepatu. Teknologi peredam (damping), sehingga bisa mengurangi hentakan sehingga jalan serasa tanpa goncancan. 

Waterproof
Selain merealisasikan tehnogi agar sepatu gunung semakin ringan namun kuat, sepatu gunung juga sekarang banyak yang anti air alias water proof. kenapa waterproof, ya sekedar untuk menjaga kaki kita agar tetap terjaga dan kering meski sedang berjalan di musim hujan. Atau sedang melintasi sungai atau genangan air. Jadi, sangat membantu kaki kita dari sentuhan air. 

Karet & Kanvas
Teman gue pernah memakai sepatu gunung yang terbuat dari karet dan Akanvas. Sepanjang pendakian dia hanya bisa mengeluh karena sepatu “barunya” tersebut belum apa-apa sudah sobek dan telapaknya terbelah. Akhirnya, dengan berat hati teman gue harus berjuang dengan sepatu gunungnya yang “abal-abal” itu. 

Pilih Ukuran Sepatu yang lebih besar.
Ketika hendak membeli sepatu gunung, gue dianjurkan agar menambah satu ukuran dari sepatu biasa yang gue pakai. Jika selama ini gue memakai sepatu nomer 44-45, maka untuk sepatu gunung gue membeli nomer 45-46. Sebenarnya gue sudah faham alasannya kenapa.  Tujuannya yaitu untuk memberikan ruang pada kaki kita agar tidak lecet saat berjalan mendaki atau turunan> Selain itu juga  memberikan ruang jika kita memakai kaos kaki dobel saat di atas gunung kelak agar kaki tidak kedinginan. 

Jenis Sepatu
Selain bahan dan ukuran, Jenis sepatu juga wajib diperhatikan lho. Karena itu sangat membantu Anda saat mengenakannya. Sebaiknya Anda mengenal jenis atau tipe sepatu dan keunggulannya. 


sepatu tracking merk Hi Tech

High Cut
Atau jenis sepatu dengan mata kaki tertutup sepenuhnya. Fungsinya yaitu melindungi mata kaki dan sebagai pendukung kaki jika kita membawa beban  yang berlebih. Terdapat empat buah lubang tali terbuat dari besi yang cukup untuk mengikat antara kaki dan sepatu .

sepatu gunung ber sol tebal

Mid Cut
Jenis sepatu yang menutupi mata kak dan tidak setinggi sepatu  high Cut. Sepatu jenis ini dipermanis dengan tiga buah lubang besi untuk tempat tali disimpulkan. 


Kedua jenis sepatu ini sama-sama baik untuk dikenakan, karena kedua jenis sepatu ini sama-sama melindungi tumit dan juga mata kaki dari benturan-benturan benda yang dapat mencelakai kaki Anda. Intinya jenis sepatu tersebut dapat melindungi kaki secara keseluruhan, sehingga sangat bermanfaat jika dipakai saat naik gunung. Jadi, tergantung jenis yang seperti apa yang Anda suka. 


Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....