MENIKMATI LIBURAN SINGKAT KE CIKOLE JAYAGIRI,LEMBANG

liburan di Cikole Jayagiri Lembang



SETIAP kali melintasi kawasan ini, gue selalu terpesona dengan indahnya deretan rapi pohon-pohon pinus yang ada di kawasan Cikole. Sampai akhirnya, gue pernah berjanji pada diri sendiri, suatu saat kelak, gue akan mampir dan menikmati sejenak kawasan tersebut. 

Dan, thanks God, keinginan tersebut terwujud juga. Ketika beberapa kali setelah bolak-balik mengunjungi  objek wisata Tangkuban Perahu, gue memutuskan untuk singgah. Whatever will be, will be. Akhirnya gue bisa berdiri dan berada di tengah-tengah rindangnya pohon pinus dengan aroma semerbaknya yang khas. Aroma batang pohon pinus langsung menuksuk hidung gue. ditambah segarnya udara disekitarnya membuat gue betah berlama-lama disitu. Meski hanya datang dan duduk-duduk ditengah2 pepohonan hutan Pinus, namun jiwa ini serasa plong dari segala beban pikiran. 

Siapa sangka kalau di Cikole  terdapat resort yang disebut Jayagiri Resort. Lokasi yang berada di ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut, dan hanya berjarak sekitar 28 kilometer dari pusat kota Bandung, Resort ini juga berada persis dicbawah gunung Tangkuban Perahu. Anda akan merasakan suasana yang berbeda saat sampai diresort ini. Bagaimana tidak, Resort ini benar-benar masih menjaga betul keaslian alamnya. Kalau menurut gue, tempat ini benar-benar sangat romantis.  Ya, mirip di film-film gitu deh.


Pohon pinus di Cikole, Lembang


Kekaguman gue semakin bertambah terhadap lokasi ini. Apalagi ketika kaki melangkah semakin masuk ke dalam  kawasan Jayagiri. Anda bisa melihat banyak villa denganberagam jenis dan kelasnya. Disana Anda juga bisa tidak hanya menyewa Villa, melainkan juga bisa menyewa tenda (kemah) dengan fasilitas yang lebih komplit dibandingkan dengan berkemah di tenda-tenda biasa. Atau lebih dikenal dengan istilah GlamCamp

Tiap-tiap villa memiliki model dan bentuk yang berbeda-beda sesuai dengan namanya. Untuk menjaga ke "alamiannya", sepertinya pihak pengelola sengaja menirukan  bentuk-bentuk villa sama seperti  bentuk rumah di suku-suku asli indonesia. Tiap villa juga memiliki harga dan daya tampung berbeda-beda. Semua disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berapa banyak orang yang akan menginap. 


rumah villa di Cikole


Untuk lebih memperjelas, seperti apa bentuk villa dan patokan harganya, gue akan jabarkan lebih detil  di bawah ini. Ya, semoga saja bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk menghabiskan liburan singkat Anda ke Cikole. Nggak perlu terbang jauh-jauh ke luar negeri hanya untuk mendapatkan suasana alam seperti ini. Cikole juga ada cuy!

Nih, beberapa jenis villa tersebut diantaranya, sebagai berikut:

1. Roemah Lombok 
Villa ini sengaja di bangun persis menyerupai rumah-rumah adat khas Lombok. Dengan atap jerami dan rumah panggung 2 lantai. Dilengkapi dengan 1 kamar tidur dan ruang tamu sederhana yang telah lengkap dengan perabotannya. Tarif Cikole Jayagiri Resort untuk tipe ini sekitar 550 ribu rupiah per malamnya.

2. Roemah Kayoe Soenda
Terdapat 2 kamar tidur, teras berpagar pendek, juga dikelilingi taman bunga. Bangunan dan furniturenya terbuat dari kayu khas tradisional sunda. Untuk masalah tarif dibandrol sekitar Rp. 800 ribu rupiah per malamnya.

3. Cottage Kakia dan Tisuk 
Cottage  ini memiliki ini arsitektur modern namun tetap dengan bangunan kayunya. Terdapat  2 buah kamar tidur. Harga yang dikenakan untuk tiap malamnya sekitar 750 ribu rupiah.

4. Cottage Jengjen 
Cottage ini terdiri dari 2 lantai dan 3 kamar tidur. Dengan bentuk yang lebih besar, cottage ini dapat menampung kapasitas orang yang lebih  banyak lagi. Tersedia single bed beberapa buah. Cottage Jengjen ini disewa dengan harga 2,2 juta rupiah per malam.

5. Tipe Joglo 
Terinspirasi dari rumah gaya jawa dengan 1 buah kamar tidur. Tarif untuk tipe ini sekitar 300 ribu rupiah per malamnya.


Permaian flying fox di Jayagiri, Cikole

Oiya, Cikole Resort Lembang sebenarnya juga sangat cocok untuk wisata keluarga, kantor, corporate dan apa saja deh. Karena disini menyediakan beragam pengalaman adventure yang menyenangkan.seperti Outbound, Camping, flying fox, ATV Touring, Paint ball, bertani, dan jalan-jalan ke kebun teh.

glamcamp di cikole Jayagiri


Jika Anda benar-benar berminat ingin menghabiskan weekend Anda disini, sebaiknya ada beberapa hal yang wajib Anda persiapkan. Meski disini segala persiapan untuk nginap disediakan, tapi, tidak ada salahnya jika Anda juga membawa beberapa bekal seperti di bawah ini:

1. Jaket, kaos kaki, selimut, syall, kupluk.
2. Makanan ringan, cemilan, kacang2an, kripik, biskuit atau apa saja yang bisa membuat mulut Anda aktif 
    mengunyah. 
3. Minuman saset: kopi, teh, wedang atau minuman penghangat tubuh lainnya.
4. Permainan: kartu remi, monopoli atau permainan lainnya yang bisa mengisi kekosongan waktu Anda dikala 
    malam hari. 
5. Obat2an: minyka kayu putih, balsem atau obat gosok lainnya. 
panjat jaga di JAyagiri, Cikole

CARA MUDAH MENUJU  CIKOLE JAYAGIRI, LEMBANG

Ibarat kata pepatah,"Banyak jalan menuju Roma." Begitu juga dengan Cikole. Begitu banyak jalan menuju kesana.Mungkin bukan lokasi yang asing bagi Anda yang sudah sering ke Bandung. Atau bagi Anda yang asli penduduk Bandung. Tapi, biasanya yang namanya tips diperuntukkan bagi mereka-mereka yang benar-benar "buta" akan wilayah tersebut. Kalo sudah hafal mati sih itu namanya bukan tips tapi TOP! 

Baiklah, bagi Anda yang bukan penduduk asli Bandung, atau juga orang yang berasal dari pulau seberang dan luar kota hingga luar negeri, jika ingin ke Jayagiri Cikole, caranya sangat mudah. 

1. Naik Angkot
Jika Anda ingin naik kendaraan umum, atau angkot, caranya mudah. Jika posisi Anda berada di pusat kota Bandung, Pilihlah Angkot yang menuju Stasiun Ledeng. Anda bisa naik dari Stasiun Kalapa atau Stasiun Hall (kereta) dari Staisun Kalapa, Stasiun Hall Anda bisa menuju Staisun Ledeng. Kemudian, dari Stasiun ledeng, Anda bisa melanjutkan angkot berikutnya Menuju LEMBANG. KAlau sudah naik Angkot menuju lembang, Anda bilang saja sama sang supir agar diturunkan di Cikole Jayagilir. Mengenai ongkos, berhubung sudah lama tidak naik angkot, kemungkinan ongkos dari Stasiun Hall, kelapa ke Ledeng sekitar Rp. 5000. Sedangkan dari Stasiun Ledeng ke Cikole juga sekitaran Rp. 5000. 




Ingat, naik angkotnya jangan sampai kebablasan ya....


2. Naik Motor/Mobil
Cara yang paling mudah menuju Cikole sebenarnya naik mobil atau motor. Anda cukup mengikuti jalan setiabudi menuju Lembang. Kurang lebih 30 menit perjalanan, Anda akan melintasi Cikole. Tiba di Jayagiri, Anda bisa langsung berhenti dan menikmati hawa sejuk kawasan tersebut. 
Selain melalui jalan Setiabudi, Anda juga bisa melalui jalan alternatif lewat Cimahi. Dari Cimahi Anda bisa melewati Jalan Sersan Bajuri, yang akan tembus melalui jalan Setiabudi Atas. Atau juga bisa langsung tembus ke Lembang. 
Jika Alternatif yang Anda pilih tembus dari Lembang, Anda tinggal belok ke kiri dan langsung menuju arah Ke Tangkuban perahu.

Sangat tidak sulit untuk menuju ke Cikole kok. Karena letaknya yang strategis dan persis dipinggir jalan. 

Have a nice holiday!!!!!

Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....