Hypotermia Attact Saat Naik Gunung & Pencegahannya


gunakan rain coat saat musim hujan di gunung


MALAM itu, udara di pondok Saladah (Camping Ground di Gunung Papandayan) benar-benar sangat dingin. Sangkin dinginnya, tangan gue yang sudah dilapisi sarung tangan kulit masih juga tidak bisa mengusir rasa dingin. Bahkan kepala gue mulai terasa sakit menjurus ke migren karena (hampir) tak kuasa menahan dinginnya udara malam plus hujan yang tak kunjung reda. 

Ketika gue dan teman-teman sedang berjibaku menahan dingin, tiba-tiba, Firman, porter plus guide yang menemani kami saat naik gunung  Papandayan, memberi kabar kalau salah seorang pendaki perempuan mengalami  Hypothermia.  Hypotermia adalah suatu keadaan dimana kondisi tubuh tidak dapat menghasilkan panas disertai menurunnya suhu inti tubuh dibawah 35oC. 

sumber gambar : http://bit.ly/15Bdt6S


Hal tersebut disebabkan beberapa faktor, diantaranya :
– Suhu yang ekstrim.
– Pakaian yang tidak cukup sehingga mengenakan pakaian basah.
– Kurangnya makanan yang mengandung kalori tinggi.

Mungkin cewek yang mengalami Hypotermia dikarenakan kedinginan yang termaat sangat, ditambah lagi pakaian yang dia kenakan basah. Alasan tersebut sangat masuk diakal, karena jangankan dia, gue dan teman-teman saja terpaksa menegnakan pakaian yang “agak” basah karena baju yang ada di dalam tas kecipratan air hujan sehingga banyak yang basah. 
"Badannya menggigil parah dan jari-jari tangannya terlihat kaku,” kata Firman. 


sepatu gunung

Karena takut terjadi apa-apa pada cewek itu, beberapa tim SAR membawanya turun ke bawah di tengah malam dan hujan-hujanan. Untung saja masih ada sepeda motor yang bisa naik ke kawasan Pondok Saladah sehingga si cewek bisa diselamatkan dengan cepat. 
Sejar itu, gue mulai mikir untuk lebih waspada jika gue atau sahabat-sahabat gue mengalami serangan penyakit Hypotermia. 

Agar lebih mewaspadai, sebaiknya Anda juga bisa mengenal Apa itu Hypotermia dan seperti apa gejala-gejalanya. Baiklah, sebaiknya Anda mengenal gejala-gejalanya. 

Gejalanya seperti di bawah ini:

- Menggigil.
- Badan kedinginan banget, wajah dan kulit mengkeriput. 
- Bingung, Kelakukan suka aneh dan menjurus tidak masuk akal. Wajah lesu dan sulit mengontrol emosi. 
- Sulit bernafas dan kalaupun bernafas suka pelan dan pendek.
- Denyut nadi pelan dan semakin melemah.

Jika melihat gejala-gejala seperti itu, sebaiknya Anda atau teman-teman Anda langsung sigap untuk melakukan tindakan pertolongan. 



Adapun pertolongan yang bisa Anda lakukan seperti:

– Bawa teman Anda yang mengalami Hypotermia masuk ke dalam tenda. 

– Lepaskan semua pakaian yang basah dari tubuhnya, kemudian ganti dengan pakaian yang kering. pakaikan kaos kaki, sarung tangan dan lilitkan lehernya dengan syall atau penghangat tubuh lainnya.

- Sebelum mengganti pakaian kering sebaiknya balurin tubuhnya dengan minyak kayu putih atau minyak yang bisa menghangatkan tubuhnya. 

– Selimuti korban dengan selimut atau sleeping bag kering. Atau jika ada safety blangket yang dilapisi dengan aluminium.

- Beri korban minuman hangat/panas yang bisa mengurangi rasa dingin berlebih di dalam tubuh. 

- Beri juga makanan seperti coklat atau makanan yang megandung hidrat arang. 

– Baringkan korban di tempat yang hangat. Jika memungkinkan beri pelukan bagi teman2 Anda agar memberikan kehangatan atau mentransfer hangan tubuh Anda ke penderita. Disarankan sebaiknya melepas pakaian sehingga rasa hangat bisa ter-transfer. Bukan telanjang bulat yaa....

– Jangan biarkan penderita tertidur yang berakibat hilang kesadarannya.Ajak berbicara dan menggerak2kan badan agar ada energi yang menyerap di tubuh. 


– Jika masih belum juga mengalami perubahan, sebaiknya si korban langsung di evakuasi ke rumah sakit atau tempat yang bisa memberikan pertolongan darurat. 


Jika tidak ingin mengalami serangan Hypotermia, sebaiknya sebelum mendaki gunung, Anda sudah membekali diri Anda dengan stamina yang prima serta mengenakan pakaian yang benar-benar bisa "menangkal" segala serangan penyakit Gunung lainnya. 

Lebih baik mencegah daripada mengalami serangan bukan?






Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....