Tips Memilih Tas Traveling Sesuai Kebutuhan

Gambar koper warna-warni
WAKTU itu, gue dan beberapa teman pergi traveling ke Hongkong ala backpackers. Artinya tentu trip yang kami lakukan adalah trip hemat. Karena judulnya sudah “backpackers”, tentu semuanya akan kami lakukan sendiri-sendiri tanpa ada bantuan porter atau jasa panggul di bandara atau dimana pun. Oleh karena itu, gue memilih memakai tas traveling model backpack alias carrier. Sementara teman gue memilih membawa koper dengan alasannya supaya tidak ribet membawanya saat tiba di Negara tujuan. Bahkan dia juga bilang, kalau bawa koper selain terlihat modis, juga tidak perlu memikul beban di pundak.

Ternyata apa yang terjadi, sejak keberangkatan sampai tiba di Negara tujuan dan saat berpindah-pindah penginapan, teman gue mengalami kerepotan sendiri. Harus mengangkat koper nan berat saat menuruni tangga yang jumlah anak tangganya bisa bikin puyeng. Kemudian menaiki anak tangga berikutnya. begitulah berulang-ulang dilakukan. Meski melihat dia kelabakan membawa kopernya dan pengen menolongnya, namun, apadaya, tenaga gue juga terbatas untuk setiap saat memikul kopernya saat naik turun tangga. Sementara gue dengan riang gembira memikul carrier berikuran 45 kilo dipuggung gue.

Begitu juga ketika gue liburan bersama keluarga ke kota Manado. Akibat terbujuk rayu harga diskon, adik gue mmebeli koper dengan harga murah TAPI kwalitas memang MURAHAN. alhasil, baru saja turun dari pesawat, roda koper baru adik gue jebol. alhasil, dengan bermodalkan “hanya” tinggal tiga roda, adik gue mendorong koper diskonnya dengan wajah marah karena merasa tertipu diskon.


tas backpack untuk para backpacker

Berbeda lagi dengan sahabat gue lainnya, dia membeli backpack “second” di Pasar Senen. Dengan harga super miring dia mendapat backpack merek ternama dengan wujud yang masih bagus dan layak pakai.  dengan banga dia berkatan,” buat apa beli tas baru mahal-mahal. Kalau pinter milih dan mencari, di tempat jual barang-barang second juga banyak tuh tas murah tapi kwalitas bagus,” ucapnya bangga.

Berdasarkan pengalaman tersebut, akhirnya gue mendapat “ilmu” learning by doing yang sepertinya perlu di share untuk Anda yang suka traveling atau baru mencoba ingin menekuni dunia traveling.

1.     Tentukan Jenis  Gaya Traveling Anda
Ada bermacam-macam jenis gaya jalan-jalan atau traveling. Semua tergantung keinginan Anda. Ada yang gaya high class, yang semuanya serba dilayani. nginap di hotel mewah, naik pesawat di kelas bisnis, nyewa limosion, makan di kafe atau resto-resto mewah. Intinya semua serba dilayani dengan pelayanan kelas wahid. Siapa saja bisa melakukan itu ASAL anda memiliki uang banyak yang berlimpah ruah. Jika masih belum punya duit mending jangan “ngarep” kayak liburan ala Syahrini and the genk deh. So, tentukan jenis jalan-jalan Anda yang sesuai dengan  jati diri dan isi kantong Anda.

2.     Tentukan berapa Lama Anda Traveling
Berapa lama Anda traveling itu sangat berpengaruh dengan pilihan tas seperti apa yang akan Anda pakai. Berpergian satu hari dengan berpergian satu minggu jelas berbeda kebutuhan bukan? Oleh karena itu, jika sudah tahu berapa lama Anda akan berpergian, tentu Anda sudah bisa menentukan tas seperti apa yang akan Anda pakai. Jangan sampai Anda salah membawa koper atau tas. pergi sehari tapi membawa koper yang gede. Ya, sama aja dengan saltum.  

3.     City Traveling or Adventure Style?
Berbeda dengan poin nomer satu, pada poin ini, menentukan apakah Anda akan traveling di kota metropolitan atau pengen adventure? Naik turun bukit atau memilih tinggal di desa terpencil. Jika anda memilih liburan di kota metropolitan, membawa koper cantik tentu sangat pas ketimbang backpack yang mengesankan seperti anak gunung tersesat di kota. Selain itu, membawa koper juga mempermudah Anda mendorong tanpa harus memikulnya. Berbeda kalau liburan Anda ala adventure, backpack tentu sangat dianjurkan. Karena, ketika Anda naik turun bukit, naik turun bus atau kereta atau jenis armada apa saja, Anda tinggal menggendong si backpack. Kebayang kan jika Anda membawa koper? yang Ada Anda akan pingsan karena kelelahan.  Dengan catatan, Jika anda liburan di kota tapi dengan gaya backpacker alias naik turun angkutan umum, sebaiknya pakailah tas backpack supaya mempermudah anda bergerak. Koper hanya diperuntukkan mereka-mereka yang liburannya ala-ala high class atau minimal mid class. Catat!

4.     Mulai Memilih Koper atau Backpack
Jika Anda sudah faham betul jenis traveling Anda, maka saatnya Anda mulai memilih Koper atau Backpack (carrier). Jika Anda merasa liburan Anda lebih sering bergaya adventure, sebaiknya pilihlah backpack dengan ukuran yang bisa Anda sesuaikan juga. Sebaiknya pilih tas backpack yang menarik dilihat. Warna yang jreng (Asal tidak norak) juga sangat baik untuk mempermudah Anda menandai tas Anda.

Jika Anda lebih sering traveling cantik, sebaiknya pilih koper yang berkualitas terjamin. Harga mahal tentu memiliki kwalitas terbaik juga bukan? Untuk itu, sebelum membeli koper/tas, pastikan merek dan kwalitasnya sudah diakui dimana-mana. Jangan terbuai diskon dengan barang yang tidak memiliki brand.  
Membeli tas dengan harga mahal tapi berkualitas dan tahan lama jauh lebih baik ketimbang tas murah tapi setiap hendak traveling Anda terpaksa beli tas lagi gara-gara tas yang lama sudah rusak.



5.     Koleksi Aneka Ukuran
Namanya juga suka jalan alias traveling, tidak ada salahnya juga kalau Anda memiliki koper atau backpack (carrier) berbagai jenis ukuran? Keuntungannya adalah, ketika Anda hendak berpergian dengan waktu singkat, Anda sudah memiliki tas/koper yang sesuai kebutuhan. Sama halnya ketika Anda hendak berpergian dengan jangka waktu yang lama, Anda juga sudah tidak perlu repot-repot mencari tas/koper lagi. Tapi, sebaiknya semua ukuran yang Anda miliki memiliki warna yang berbeda beda. supaya kalau hendak memakainya, Anda pun tidak bosan dengan warnanya. Juga bisa membuat Anda bergaya dengan koper atau backpack Anda.

Jika semuanya sudah Anda miliki, sebagai penggila traveling Anda juga harus bisa merawat dan menjaga tas/koper Anda. usai memakainya sebaiknya dibersihkan dan simpat ditempat yang tertutup. Agar tidak dimakan rayap atau dirusak tikus. Bungkus dengan pembungkus yang tersedia ditempat penjualan tas. Pilih bungkus yang bermotif supaya meski dalam bungkusan, koper atau tas Anda tetap menarik dilihat.








Comments

  1. Setelah saya baca ternyata memilih tas untuk traveling juga hampir sama rumitnya dengan memilih tas carriel, informasi ini begitu bergarga untuk para pembacanya. tks min

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....