Wajah Kebun Raya Bogor Setelah Direnovasi

kereta menuju kota Bogor

Kapan terakhir kali Anda mengunjungi Kebun Raya Bogor (KRB)? Atau jangan-jangan belum pernah kesana sama sekali mengunjungi KRB?  Terakhir kali gue mengunjungi KRB sekitar bulan lalu (Juli). Dan itu merupakan kunjungan yang kesekian kalinya. Kenapa “kesekian kali?” Karena gue sudah tidak bisa menghitung sudah berapa kali gue mengunjungi KRB. Entah kenapa, gue begitu menyukai tempat itu. Atau karena gue suka alam ya? Gue suka ketenangan dan gue suka berada di tengah-tengah alam terbuka sambil menikmati udara segar serta mendengarkan suara-suara kicauan burung. Bukan sok romantis. Tapi kenyataannya, berada di tengah-tengah alam terbuka merupakan terapi paling manjur menghilangkan stress


Tahun lalu, gue sempat mengunjungi KRB, waktu itu sedang ada perbaikan disekitaran danau yang dekat Istana. Banyak pekerja bahu membahu menopang batu-batu alam untuk di letakkan di bibir danau. Gue sempat mikir, wah, jangan sampai KRB menjadi tempat komersil alias menghilangkan ke asrian dan ciri khas kebun itu sendiri. 

pemandangan kolam ikan di Kebun Raya Bogor


Bulan lalu, gue kembali mengunjungi KRB hanya sekedar duduk-duduk sambil baca buku dan juga menikmati udara segar khas KRB. Gue sempat terpesona dengan tampilan Baru kebun itu. Ya, meski tidak ada perubahan secara mencolok, namun ada “wajah baru” disitu. Seperti:

Danau Semakin Tertata
Yang terlihat perubahannya adalah disekitaran Danau, disitu gue melihat danaunya semakin terlihat rapi dan tertata. Di bibir danau dipasang atau dibuat semen sehingga Danau semakin terlihat rapi. 


foto danau di Kebun Raya Bogor


Ada Perahu Di Danau
Sekarang danau kecil itu disediakan perahu untuk pengunjung yang ingin mengelilingi danau. perahu tersebut juga bisa dijadikan “property” untuk peyuka foto-foto. Anda bisa menaiki perahu tersebut. Mungkin Anda harus membayar dengan nominal tertentu jika ingin menaikinya. Gue belum sempat menanyakannya. KArena waktu itu petugas sedang tidak ada di tempat. 


Perahu kecil di Kebun Raya Bogor


Pot Raksasa Untuk Teratai
Selain itu, tanaman-tanaman yang ada di pinggir danau juga semakin tertata dengan adanya pembatas antara danau dan tanaman. Disekitaran tanaman disemen sehingga menyerupai pot raksasa. Ada beberapa pot raksasa yang menghubungkan antara tanaman yang satu dan lainnya. Semua terlihat tertata dengan baik. 

Tempat berteduh

Di bibir Danau juga ada satu spot yang menarik. Tempat berteduh yang terbuat dari bahan kayu menyerupai kota bujur sangkar. dengan iseng gue menyebutnya Kotak Imaji. Karena disitu kita bisa berimajinasi dengan kamera. Kita bisa berfoto dengan gaya imaji kita dengan latar belakang danau dan istana. Menarik bukan? 



Salah satu tempat berteduh di KRB

Parkit di Sekitar Danau
Di pinggir danau juga ada pemandangan menarik, biasanya hanya terlihat paving blok  disekitar danau, kini, sebagian dipasangn parkit menyerupai kayu-kayu disekitaran kotak imaji. Keren!

Bagi gue perubahan-perubahan tersebut ternyata benar-benar memperlihatkan tampilan baru sehingga membuat KRB tamapak segar dengan new look-nya. 

Bagi Anda yang belum pernah ke KRB, ayo berkunjung segera. Pasti Anda bisa eksis disana. Kota Bogor menyimpan banyak destinasi yang bisa Anda nikmati. 

Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....