10 Kuliner Bogor Murah Meriah Tapi Bikin Ngiler Wajib Dicoba


Jarak Jakarta-Bogor kalau ditempuh naik Kereta (komuter-line) itu sebenarnya jarak yang singkat. Mungkin hanya butuh waktu satu jam, Anda sudah bisa tiba di kota Bogor dengan suksesnya.  Berbeda kalau Anda bawa mobil, mungkin Anda akan terjebak dengan kemacetan di kala weekend. Itu sebanya, setiap ke Bogor, gue lebih memilih naik Komuter-line, ketimbang bawa kendaraan sendiri. KArena tidak hanya jalan menuju Bogor saja yang macet, di Bogor sendiri pun Anda akan terjebak macet. banyaknya angkutan di Bogor sering menyebabkan kemacetan parah. Bahkan, sampai saat ini pun, kota Bogor masih dihantui dengan kemacetan yang menyerupai Jakarta.

Abaikan soal kemacetan. Karena gue nggak mau liburan gue diwarnai dengan "drama" kemacetan. Soalnya Drama kemacetan di Jakarta kayak drama sinetron yang never ending. Kagak ada habisnya.  So, lebih baik gue ngebahas soal yang sedap-sedap saja. Ya, biar adrenalin Anda bisa bangkin dan menggugah rasa ingin makan Anda.

LIHAT JUGA: WAJAH KEBUN RAYA BOGOR SETELAH DI RENOVASI......

Gue akan membahas soal Kuliner di Kota Bogor. Ya, jelas nggak mungkin dong gue ke Bogor tanpa mencoba menjejal kuliner disana. Apalagi Bogor kan mirip kayak Bandung, kulinernya beraneka ragam.  Biasanya, setelah duduk-duduk snatai smabil baca buku di Kebun Raya Bogor (KRB), Gue langsung mencari kudapan yang menggugah selera. Yang jelas, gue menjejal kuliner murah meriah tapi tidak bikin muntah.

Berikut ini, beberapa Kuliner Wajib di Nikmati ketika sedang di Bogor versi gue. Yang jelas murah bukan berarti rasanya murahan ya. Kalo rasanya tidak nampol, ngapain juga gue review di blog gue. Mubajir!

Berikut deretan kuliner khas Bogor yang gue suka:

1.SOTO BOGOR

soto bogor rasanya maknyesss



Biasanya, setiap kali tiba di Bogor, kuliner pertama yang gue cari adalah Soto Bogor. Anehnya, di Jakarta juga sudah sering menyantap kudapan ini. Tapi, tetep saja nyari soto Bogor kalau sudah di kota "kelahirannya". Biasanya, gue makan soto Bogor yang berada di Depan Mall Botani Square tidak ada alasan tersendiri kenapa gue memilih makan soto disitu. Ya, kebetulan saja pas mau ke Botani perut lapar dan nyari soto yang ada di situ. kebetulan rasanya juga lumayan enak. harganya juga terjangkau. Sekitar Rp. 15.000 - Rp.20.000/ porsi.  Selain Soto, disitu juga banyak kudapan yang tidak kalah enaknya. Ada Batagor, Bakso dan juga camilan lainnya.

2. ASINAN BOGOR


asinan Bogor - foto google image -

Dulu, kalau mendengar kata Bogor, yang terbayang di otak gue langsung ASINAN BOGOR. ENtah kenapa nyetrumnya pasti asinan lagi asinan lagi. Beg kondangnya si Asinan itu sehingga sellau dikenang banyak orang. Nah, gue salah satu penikmat Asinan Bogor. Biasanya, gue memilih asinan yang ada tahu, tauge dan sayur2an lainnya. Gue suka bumbunya yang manis-asam-pedas gitu deh. Pokoknya kalau mau beli asinan ya di Bogor..eh salah ya... MAksud gue, kalau lagi ke Bogor, jangan lupa nyicipin Asinannya. KAlo nanya, dimana asinan yang enak, hmm.. gue nggak bisa nentuin dimananya ya. karena, beberapa tempat gue coba, rata2 asinanya enak-enak semua tuh. Ya, mungkin satu resep atau satu penyuplay kali ya?? Entahlah...

3. BAKSO KIKIL

Bakso kikil Bogor

Sebenarnya gue penggemar Bakso.  Bahkan bisa dihitung dnegan jari setahun berapa kali makan Bakso. Tapi, kalau sedang di bogor beda lagi. Apapun jenis kulinernya wajib di cicipi. Salah satunya Bakso kikil. Daging baksonya enak, kikilnya renyah, kuahnya sedap. Waduh, komplit deh. Akhirnya, Bakso Kikil menjadi salah satu eksukaan gue kalau ke Bogor. Coba deh. BAnyak yang merekomendasikan kalo Bakso kikil Pak Jaja rasanya nampol. Coba saja!

4. LAPIS TALAS BOGOR
Gue suka banget sama Talas. Apalagi talas ungu. Ketika ada camilan baru dari Bogor berupa Lapis Talas, gue langsung penasaran. Mencoba mencicipi eh ternyata enak. JAdi deh gue rekomendasikan lapis Talas Bogor. Ya, sebenarnya nggak perlu ke Bogor untuk mencobanya, karena di Jakarta juga banyak yang jual. Terutama di dekat stasiun Kereta yang mengarah ke Bogor. Tapi, nggak ada salahnya juga kan beli oleh-oleh khas Bogor berupa Lapis Talas ini?


LApis Talas Bogor - foto-google image-


5. TOGE GORENG
toge goreng


Pempat penasaran saat pertama kali mendnegar kata Toge Goreng. Toge kok digoreng? bukannya di rebus? Alhasil gue mencoba dan ternyata wujudnya tidak beda jauh dengan kupat tahu. Karena di Kupat tahu juga ada toge dan tahunya. Sama seperti toge goreng. Hanya saja, disini Togenya lebih banyak. Dikasih bumbu kecap, sambel dan aneka ramuan lainnya. dan rasanya? Lumayanlah.. cukup sehat untuk dimakan. Penasaran? Silahkan datang ke Bogor, disana And abisa menemukan penjual Toge Goreng di beberapa spot.

6. ROTI UNYIL
Roti unyil

Roti Unyil sama seperti asinan Bogor. Mereka menjadi icon kota Bogor sebagai kuliner atau makanan khasnya. Meski banyak kuliner baru bermunculan, gue tidak pernah lupa dengan Roti Unyil. Karena rasanya yang khas dan juga melegenda. Silahkan cicipi Roti Unyil dengan aneka rasa.

7. BAPATONG

foto bapatong



Sempat mikir, apa lagi nih Bapatong? Pasti singkatan lagi. Dan ternyata benar, Bapatong itu singkatan dari Bakso,Kupat,Gentong (Bapatong) hahahhaha ada-ada saja ya. Karena penasaran itulah akhirnya gue mencoba mencari si Bapatong. Teman merekomendasikan nyari di jalan Pangrango no. 1 Bogor. Ya sudahlah meluncur kesana. Setelah dihidangkan, ternyata benar-benar perpaduan dari bakso, Kupat dan Gentong. Supaya lebih terasa segarnya, kuah kaldunya ditambah jeruk nipis langsung nyess... Ya, lumayan deh buat nambah-namabha jenis kuliner di Bogor. Penasaran? Coba saja, Bapatong...



8. LAKSA
laksa bogor


Kalau di Medan, makanan ini mirip soto Medan. Tapi di Bogor disebut Laksa. Rasanya juga nggak beda-beda jauh. Tapi, apa pun judulnya, gue suka Laksa Bogor. perpaduan Antara Lontong, bihun, toge, telur, tahu dan kua h kari. Hmm... sedap banget. Coba deh..

9. CUNGKRING



Entah siapa yang memberi judul nama kuliner kali ini. Namanya CUNGKRING. Lucu bukan? kalo dibenak kita Cungkring identik dnegan tubuh orang kurus. Tapi, kuliner kali ini Entah kenapa dibuat Cungkring? Pasti ada singkatan lagi... entahlah.. Yang jelas Cungkring ini sejenis makanan perpaduan antara kikil dan kepala sapi yang beri bumbu kuning yang khas. Biasanya untuk memakannya ditambah bumbu kacang plus lontong supaya lebih nampol. Setelah dicicpi ya, sama saja seperti sate kikil. Hanya dikasih bumbu saja..
10. ASINAN JAGUNG BAKAR


Entah apalagi kuliner menarik di Bogor. Setelah asinan khas Bogor, kini adalah lagi Asinan baru yang diberi nama Asinan jagung bakar. Tentu bahan utamanya adalah jagung manis yang sudah dibakar. kemudian diserut, dikasih cuka dan bumbu rasa lainnya. Sama seperti asinan lainnya, Asinan jagung bakar juga memerikan sensasi segar. agar Tidak penasaran, silahkan mencobanya..
Demikianlah rangkuman 10 Kuliner murah meriah yang ada di Bogor. Jika Anda sedang berada di Bogor, silahkan mencicipinya satu persatu sampe gempor. 

LIHAT JUGA: BERBURU TEMPAT NONGKRONG EYE CATCHY DI BOGOR



Comments

  1. Setiap ke blog ini, postingannya selalu update dan menghibur
    Terimakasih yaa
    terus semangat blogging nya yaa
    Kulinernya juga terlihat enak banget
    Love Bogor

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....