10 Tempat Nongkrong Bernuansa Alam Yang Recomnded di Kota Bandung

Bicara soal tempat nongkrong di kota Bandung, sepertinya tidak akan pernah ada habisnya.  Selalu pasti ada saja tempat-tempat baru bermunculan dengan konsep berbau alam yang langsung menjadi hits dan ramai diperbincangkan di sosmed. Banyak faktor kenapa Bandung selalu menjadi primadona untuk wisata alamnya.  Salah satu faktor utamanya adalah udaranya yang masih sejuk dan segar. Kalau di Jakarta dibuat tempat nongkrong berkonsep outdoor atau wisata alam? Hmm.. wassalam deh. Nggak bakalan ada yang betah berlama-lama ditempat tersebut karena panas, keringatan, badan lepek, rambut lepek dan polusi udara yang bikin sait kepala berkepanjangan. Tidak heran kalau kafe-kafe berkonsep outdoor selalu “tetap” disediakan AC atau kipas angin atau blower untuk menciptakan udara yang sedikit sedar. Tapi, tetap saja tidak ada yang betah berlama-lama divudara yang panas membara.

Sebagai penikmat wisata alam, gue selalu menyambangi tempat-tempat baru yang ramai dibicarakan di sosmed atau masih belum dibicarakan juga, gue sudah kadung mengunjungi tempat tersebut. Bukan mencari siapa duluan atau bukan, melainkan, gue datang untuk “mencicipi” tempat tersebut layak nggak untuk didatangi pada kunjungan berikutnya. Atau sebatas datang sekali kemudian say goodbye. Karena tempatnya atau harga makanannnya tidak recommended. Banyak juga kafe, resto atau tempat wisata alam yang memiliki konsep bagus tapi tidak didukung dengan manajemen yang bagus dan baik. Seperti pelayanan yang sigap, keramahan, kesopanan dan juga makanan yang terhidang tidak membuat pemesannya menggerutu atau mencak-mencak karena kelamaan menunggu. Serta rasanya yang B alias Biasa saja. 

Kasus seperti ini banyak terjadi dan mereka malah tidak pernah merasa bersalah. Kalaupun mengaku salah, selalu memberi alasan yang tidak make sense. Ya, itu sama dengan manajemen yang kurang terkordinasi dengan baik.

Dari beberapa wisata alam yang ramai dibicarakan dan juga yang pernah gue kunjungi, beberapa diantaranya sangat menjadi rekomendasi gue. Tidak hanya tempat, melainkan juga sarana dan kulinernya yang membuat tempat tersebut masuk dalam daftar rekomendasi gue.  Mungkin selera orang beda-beda soal tempat ya,  so, simak yok, tempat nongkrong berbau “alam’ apa saja yang masuk rekomendasi gue…

10 TEMPAT NONGKRONG BERNUANSA ALAM DI KOTA BANDUNG 





1. DUSUN BAMBU


Meski sudah banyak tempat nongkrong berbau alam bermunculan, namun, bagi gue Dusun Bambu masih masuk ke dalam kategori perfect sebagai tempat nongkrong di alam terbuka. Selain tempatnya yang luas, disini juga menyediakan aneka sarana yang bisa mememenuhi keinginan pengunjung. mulai dari sarana olahraga, jogging, trekking, sepeda, tempat kemping, kuliner, serta pemandangan alamnya yang perfect. Bagi yang sudah pernah kesini, mungkin menjadikan temat ini favorit. Sama halnya dengan gue. Sampai saat ini, mungkin ada 5 atau 6 kali gue berkunjung ke Dusun Bambu. tidak ada kata bosan untuk datang dan datang lagi.

Kenapa Dusun Bambu masuk dalam peringkat pertama. Karena, disini apa yang gue inginkan bisa terpenuhi. Gue bisa berolahraga dipagi hari dengan udara yang teramat segar. Bersama teman-teman gue bisa Glamcamp. Gue jejal kuliner, bisa naik perahu, memanah, naik sepeda dan apa lagi coba??? Yang Jelas tempat ini  sangat recomended deh!

Alamat Dusun Bambu: Address: Jalan Kolonel Masturi KM. 11, Situ Lembang, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551


2. THE LODGE – MARIBAYA


Meski masih dikategorikan “anak bawang” karena baru ngehits di tahun 2016. Tapi tidak ada salahnya kalau gue memasukkan The Lodge sebagai tempat nongkrong asyik. Pertama kali datang kesini, gue benar-benar langsung jatuh cinta. Benar-benar back to nature banget. Terasa banget Nuansa alamnya. Sebelum tempat ini  dikenalal dengan nama The Lodge Eartbound& Park. berada di Desa Cibodas, Maribaya, Lembang. Lokasi yang dikelilingi hutan pinus dan perbukitan Maribaya membuat sejauh kita memandang yang terlihat hamparan pohon pinus nan segar. Serta aroma khas pohon pinus.


Disini Anda bisa datang sekedar makan siang sambil menikmati udara segar, atau juga menyalurkan hobi narsis di depan kamera dengan berfoto di atas pohon, atau naik sepeda di atas seutas tali. Atau juga naik ayunan dengan latar belakang jurang dan pohon pinus. Anda juga bisa kemping bersama teman-teman dan kolega. Bisa menikmati olahraga pagi, trekking mengitari hutan pinus, atau aktivitas alam lainnya.

Memang beberapa aktivitas disini hampir sama dengan yang ada di Dusun Bambu, hanya saja, nuansa dan sensasinya tetap beda. So, bagi Anda yang ingin menjejali the Lodge, sebaiknya datang bukan pada hari libur atau weekend, djamin anda bakalan kesal dengan antrian yang cukup panjang. Datanglah di weekdays, Anda bisa menikmati anek permainan tanpa harus ngantri panjang kali lebar kali gempor kali letoy.

Alamat The Lodge Maribaya: l. Maribaya Timur Km. 6 Kampung, Kosambi, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391


3. LAWANGWANGI CREATIVE SPACE


Siapa bilang seni dan makanan tidak bisa dipatukan? Buktinya, di Lawangwangi Anda menemukannya. Kombinasi antara Art and Culinary yang bisa di mix and match. Anda bisa memanjakan mata Anda dengan beberapa panjangan seni yang membuat Anda berdecak kagum. Juga lidah Anda bisa menikmati hidangan yang disajikan dengan rasa yang pas dilidah.

Lawangwangi berada di Dago Giri, saat berkunjungi kesini,jelas terlihat bangunannya sangat menonjol kan unsur seni yang kuat. bergaya modern, minimalis dan juga futristik. Semua dibuat dengan konsep yang benar-benar matang. Sejauh mata memandang semua dikelilingi dengan hamparan pemandangan indah berupa areal perbukitan dan Lembah khas Dago atas Bandung Utara.


Untuk ruangannya sendiri terdiri dari dua bagian. Ada bagian kafe dengan konsep outdoor dan indoor. Jika Berkunjung pada sore menjelang sunset, sebaiknya Anda memilih di luar, karena udara yang tidak panas membuat Anda bisa leluasa menikmati pemandangan dan hidangan yang Anda pesan. Jika siang hari, ya, Indoor pilihan yang tepat.

Meski tempat ini tidak terlalu luas namun, untuk bersantai sambil menikmati hari libur Anda tempat ini layak direkomendasikan. Harga makanan dan minumannya juga tidak menguras isi kantong Anda. Jika ingin menikmati keheningan alias pengunjung yang tidak terlalu ramai, sebaiknya datang pada hari-hari kerja. Ya, bagi Anda yang tinggal di kota Bandung pastinya.

Alamat LawangWangi :


4. CAFÉ D’PAKAR


Usai berkunjung ke Tebing Keraton, gue dan teman-teman mampir ke Café D’Pakar yang lokasinya masih berdekatan dengan Tebing Keraton. Ya, hanya beberapa meter saja. Waktu itu kami singgah karena menghindari macet yang sedang terjadi. Ternyata tempat ini cukup membuat kami betah berlama-lama duduk-duduk sambil menikmati pemandangan dan makanan yang tergolong murah.

Kenapa gue suka tempat ini, karena Café D’ Pakar pintar memanfaatkan lahan yang memiliki pemandangan alam yang disekitarnya. Kafe ini berdiri  persis dipinggir tebing yang dipenuhi pohon-pohon pinus, serta barisan pegunungan Tangkuban perahu.


Pertama kali masuk ke kafe ini gue merasa sedang berada di sebuah halaman rumah yang luas nan asri. Beberapa pohon rindang menambah suasana semakin adem. terdapat beberapa tempat duduk terbuat dari kayu di bagian outdoor. disini ada dua tempat pilihan. outdoor dan in door. Anda tingga memilih dimana. Saran gue sih tetap outdoor. namanya juga berada di udara sejuk dan segar, ngapain juga memilih indoor. Ya, meski outdoor dan indoor hanya beda beberapa langkah doang kok. Sama-sama seru intinya.



Mengenai makanan disini juga sebenarnya tidak ada yang “terllau” istimewa. Ya, sejenis makanan yang mudah dijumpai dimana-mana. Mulai dari roti bakar, pisang bakar, mie, nasi goreng, minuman juga mulai dari wedang, susu, teh, kopi dan sebagainya.  Harga makanan dan minuman cukup terjangkau. Jadi, tidak usah bawa makanan dan minuman dari luar ya. Jangan kayak orang susah!!!

Jam operasi Café D’ Pakar : Setiap Selasa – Jumat            (Jam 11.00 WIB -18.00 WIB)
                                                         Sabtu  - Minggu (jam 09.00 WIB – 18.00 WIB)

Alamat Café D’Pakar  : Jalan Dago Pakar Utara,, Sekejolang, Ciburial, Bandung
Phone                         : 0851-0267-7787


5. TEBING KERATON


Masih satu wilayah dengan Café D’Pakar, Tebing Keraton merupakan “sambungan” dari kafe ini. meski beda owner, namun Jika Anda hendak menuju Tebing Keraton, pasti akan melewati tempat ini. Tidak ada salahnya Jika Anda mampir sejenak untuk merasakan sensasinya.

Kenapa gue pilih Tebing keraton, Karena tempat ini memang “lumayan” ok untuk bersantai. meski tidak ada fasilitas tempat nongkrong sambil minum teh atau kopi sambil mencicipi panganan, namun Tebing Keraton menyuguhkan pemandangan yang bisa menyegarkan pikiran. Hanya saja, jika ingin bersantai di tebing Keraton, Anda dianjurkan membawa makanan sendiri di dalam tas Anda. Anda bisa menggelar karpet merah sambil duduk-duduk di dekat tebing bersama teman-teman. Atau hanya sekedar foto-foto doang.


Yang jelas, Tebing Keraton memberikan sensasi yang beda juga meski tidak bisa memberikan pelayanan yang serba komplit. Tebing Keraton hanya memberikan pemandangan saja tanpa bisa duduk-dudk “cantik” sambil ngopi-ngopi di bibir tebing. Sayang banget, jika tidak dikelola dengan baik, Tebing hanya tinggal tebing dan keraton akan berpindah ke Jogja hehehhehe…

Alamat Tebing Keraton: Jalan Dago Pakar, Sekejolang, Ciburial, Bandung

6. GRAFIKA CIKOLE

Gue suka tempat ini. Sangat suka dengan keindahan pepohonan hutan pinusnya. Meski tempat ini cocok untuk kegiatan outbond, namun, di Grafika Cikole juga sangat recommended untuk Anda bersantai. gue dan teman-teman  sempat menyambangi tempat ini hanya sekedar untuk duduk-duduk dan ngopi-ngopi. Tidak untuk menginap, just come, sit  and drink. Pertama menyambangi gue langsung jatuh hati. berjanji akan datang lagi pada momen yang berbeda. Maka, kami pun mencanangkan nginap sambil nyewa tenda disini. Pergantian tahun kami lalui ditempat ini. dan sensasinya LUAR BIASAAAA!!!! Hanya dengan membayar Rp.400.000,- Anda sudah bisa ngemping disini.
Perpaduan antara udara dingin, api ungun, pemandanganan indah, makanan yang lokal banget dan juga kebersamaan bersama teman-teman. Sensasi yang komplit. So, bagi Anda yang ingin merasakan sensasi yang sama juga, Anda bisa datang dan menyewa penginapan disini. Ada tinggal memilih, apakah mau nginap ala glamcamp, atau rumah yang mirip dengan rumah adat Lombok. Atau hanya datang sekedar menikmati tempatnya saja. Yang jelas, Anda yang suka alam tidak akan melewatkan tempat ini.
Jika datang kesini, jangan lupa perlengkapan “tempur” alias baju hangat, jaket, kupluk dkk dkk..
 Alamat Grafika Cikola : Jl. Raya Tangkuban Perahu Km 8, Desa Cikole Kec Lembang, Kab Bandung Barat.
7. STONE GARDEN

Mungkin lokasi yang paling sering gue kunjungi adalah Stone Garden. Mungkin karena waktu itu sangat dekat dengan rumah gue. Ya, kira-kira 30 menit naik motor atau mobil bisa langsung nyampe. Stone Garden terletak di puncak Gunung Pawon, Kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kab Bandung Barat. Dari Padalarang,
Jika Anda tiba dilokasi ini, Mungkin Anda bertanya-tanya, dimana letak menariknya tempat ini? Hanya bebatuan yang bertebaran hampir di sekitaran lokasi. Hanya saja, jika mata Anda jeli, dan memiliki sense of art, tumpukan batu yang beraneka ukuran dan bentuk ini bisa menjadi sangat menarik jika Anda foto pada angel yang pas. Bahkan, ketika gue memajang foto-foto saat ebrada di Stone Garden, teman-teman berpikir kalau gue sedang traveling ke sebuah Negara nun jauh dimata. Padahal di Padalarang cuy.
So, Wajar kalau gue memasukkan Stone Garden ke dalam 10 Destinasi Wisata Alam yang menarik di kota Bandung. Kawasan ini sebenarnya merupakan lokasi pertambangan yang sudah berlangsung sejak pertengahan abad ke-19. meski sudha lama, namun lokasi ini tiba-tiba jadi popular berkat jasa manusia-manusia narsis yang doyan posting foto-foto di akun sosmed mereka. Maka, nge-hits la Stone Garden menjadi salah satu objek wisata. Sebelumnya, lokasi ini lebih popular dengan Goa Payon-nya. kini, Goa tersebut kalah popular dari Stone Garden.
Sama halnya Tebing Keraton, Stone Garden juga tidak menyediakan tempat nongkrong yang menyuguhkan makanan dan minuman yang bisa bikin Anda betah berlama-lama. Hanya ada warung-warung kecil yang hanya menyuguhkan makanan cepat saji sekelas indomie dan teh manis dan kopi sasetan.
So, Anda bisa datang kesini dengan membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Oiya, tiket masuk ke sini juga cukup murah kok. Cuma Rp.3500/orang. Parkir untuk mobil sekitar Rp.5000.
8. FARM HOUSE

Tempat ini memang sangat-sangat fotogenik di kamera. Banyak yang bilang tempat ini The Hobbit-nya Indonesia. Tidak heran kalau FARM HOUSE langsung nge-hits sebagai tempat nongkrong bernuansa alam di kota Bandung. Karena hampir setiap sudut tempat ini bisa dijadikan objek foto.
HANYA SAJA…..
Kalau berkunjung ketempat ini, kesabaran Anda harus benar-benar dijunjung tinggi. Masalahnya tempat ini sangat ramai pengunjungnya. Mungkin efek informasi dari sosmed membuat tempat ini jadi begitu diincar. Meski, gue sebenarnya tidak begitu suka tempat ini dikarenakan tidak suka ngantri berlama-lama. (bukan anti Ngantri ya) Selain itu, untuk berfoto-foto dengan spot yang bagus-bagus itu snagat sulit juga tanpa diganggu orang-orang berlalu lalang. Jadi, ya, benar-benar harus sabar deh.
Selain itu, untuk menikmati makanan dan minuman, Anda harus siap-siap merogoh kocek Anda dalam-dalam. Karena harga makanan dan minuman disini tergolong middle up. Sebaiknya jika hendak berkunjung kesini, Anda isi dulu perut Anda sampe penuh. Jadi, ketika datang kesini, Anda cukup membeli cemilan atau susu yang menjadi ciri khas tempat ini.  
Sebagai tambahan, Farm House ini masih saudaraan dengan D’Ranch, Floating Market dan Rumah Sosis. Jadi, kalau mau kesini, Anda juga boleh juga menyambangi rumah saudara-saudara si Farm House.
Farmhouse Susu Lembang, di jalan Raya Lembang No 108 Lembang Bandung Barat, Jawa Barat Indonesia.

9. PUNCLUT


Setiap kali melintasi kawasan Punclut, gue pasti menyempatkan diri berhenti sejenak untuk menikmati hawa segarnya. Ya, Punclut berada di dataran tinggi di kota Bandung. Jika Anda hendak ke Lembang melalui jalan pintas lewat Dago atas, melintasi perumahan Citra Garden, maka anda pun akan melewati Punclut. Dulu, kawsan ini masih sepi dari tempat-tempat makan. Kalau mau duduk-duduk smabil makan, gue dan teman biasanya singgah ke sebuah rumah yang menyulap teras rumahnya menjadi tempat makan. Pemadangan hamparan pepohonan nan hijau membuat gue betah berlama-lama.  


Sekarang kawasan ini sudah sangat ramai. Begitu banyak tempat makan dibangun di sisi kiri dan kanan jalan. Kemacetan dikala hari lubur pun sulit terbenung. Tapi, jika Anda ingin menikmati keindahan kota Bandung, datanglah ke Punclut dikala pagi hari atau sore menjelang malam. Pergantian waktu dari terang ke gelap membuat sensasinya berbeda. udara yang dingin juga membuat Anda akan kedinginan jika tidak membawa baju tebal.
Aneka jenis makanan juga banyak dijual disini. Kebanyakan sih makanan khas Sunda. Ayam goreng, ikan goreng, tahu dan tempe goreng, lalapan, serta sambal yang pedas. Nasinya juga Anda juga bisa memilih mau nasi putih atau merah. Minuman juga tersedia dari yang panas hingga yang dingin. Soal harga so far masih terjangkaulah.
10. MAJA HOUSE

Maja House terletak di Jl.Sersan Bajuri No.72 , di daerah Lembang. Ini bukan tempat nongkrong baru bagi warga kota Bandung. karena sejak tahun 2002, Maja House sudah meramaikan dunia perkulineran bandung. Hanya saja, sampai sekarang Maja Masih teteap menjadi tempat favorit bagi gue. Selain lokasinya yang lebih “private” yang mungkin jarang dikunjungi para alay-alay nanggung. Alias, nagging isi kantongnya. Juga, kebayakan yang datang kesini anak muda atau mereka-mereka yang sudah terbiasa tempat yang lebih “adem” dari serbuan alay.
Pertama kali datang kesini sekitar tahun 2010-an, dan gue bersama teman-teman datang dari Jakarta langsung ke Maja. menurut gue best moment datang kesini menjelang sore ke malam hari. Karena disini paling asyik kalau dinner. Udara yang dingin, kerlap kerlip cahaya lampu serta makanan yang variannya sangat menggoda.  Gue suka outdoor karena ingin menikmati langsung udara dingin kota Bandung. Juga pengen menikmati taburan cahaya lampunya.


Gue suka Sirlion grilled-nya. Spagethi Aglio Olio dan spring roll dan Shrimp popcorn ditambah saos sambal atau mayones sebagai menu menunggu main course datang.  Selesai menyantai makanan pembuka, maka, menu utama pun datang. Sirlon grilled dan Spagethi yang benar-benar nikmat. Soal rasa, Maja House tidak perlu diragukan lagi deh. Kalau tidak percaya, silahkan datang kesini.

Kalau soal harga, jelas lebih mahal dibandingkan tempat-tempat di atas. Karena Maja House mamng senagaj di peruntukkan bagi mereka-mereka yang tau akan cita rasa dan tau harga. Ya, bagi Anda yang ingin mencicipi kenikmatan hidangan di Maja, Bisa datang ke Jalan Sersan Bajuri Bandung.








Comments

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....