Santai Sejenak Di Telaga Situ gede - Bogor

Situ Gede Bogor


jika sedang mengalami kepenatan dalam berfikir, Bogor menjadi salah satu kota “pelampiasan” bagi gue untuk membunuh kepenatan. Mungkin hampir setiap sudut kota Bogor sudah gue datangi. Setiap tempat makan (kuliner) gue jejali, juga setiap tempat hangout baru gue singgahi. Ya, tujuannya mencari sensasi baru memberantas kepenatan.


Bosan dengan suasana “kekinian” di Bogor, gue mencoba mencari pelarian ke tempat yang mungkin dianggap biasa-biasa saja. Namun, bagi gue tidak ada istilah biasa jika ingin merasakan senasi tempat yang hendak dikunjungi. Jika kita sudah menge-cap tempat tersebut biasa, maka kita sudah mendoktrin kalau tempat tersebut BIASA. Jadikan setiap tempat yang hendak dikunjungi memiliki sensasi baru yang bisa membuat Anda tertarik dan tergoda untuk mengunjunginya. Kecuali tempat tersebut memang sudah tidak bisa diberdayakan lagi, alias STD alias standar.



Beberapa weekend lalu, gue mencoba mencari keberuntungan untuk mengunjungi salah satu “situ” atau telaga di Bogor. Pilihan gue jatuh ke SITU GEDE. Awalnya nggak kepikiran mau berkunjungi ke-situ. Tapi gara-gara mata ini sempat terpesona melihat sebuah foto pemandangan SITU GEDE yang menggoda di sosmed. Gue pun langsung melimpir kesitu-SITU iya SITU! SITU GEDE! (ribet yaaa)


Seperti biasa, kalo ke Bogor gue paling demen naik kereta alias Commuter line. Tidak ada alasan spesifik selain SUKA. Suka berhimpit-himpitan atau suka duduk berjejer atau berdiri berjejer dengan penumpang lain. Ya, mencari sensasi berbeda nggak apa-apa ya…

Danau Situ Gede


30 menit kemudian, gue nyampe deh di Bogor. Langsung nanya sama supir angkot kalo mau ke Situ Gede naik apa? Dengan baik hati dia menjelaskan, kalo gue harus naik angkot nomer 15, 02 atau 03 dengan rute bubulak Cifor. “Kalo sudah naik angkot, bilang saja turun di Situ Gede,” ujar si Akang. Bailah kang, Nuhun pisan Inpormasinya Euy!! (Inpormasi pake “p” bukan “f” yaa..)
Beberapa saat kemudian, gue nyampe deh di Situ Gede. Dari tampak depan, lokasi Telaga Situ gede nggak ada yang istimewa. Bahkan gue sempat bingung, Situ Gede-nya mana? Akhirnya diarahkan ke belakang dan ternyata Telaga Situ Gede ada dibagian belakang bangunan.


Telaga Situ Gede ini berlokasi di tepi hutan Dramaga, yang merupakan sebuah hutan milik Badan Litbang Kehutanan yang dimanfaatkan sebagai tempat untuk observasi. atau yang popular dengan  sebutan CIFOR ( Centre for International Forestry Research ) dan ICRAF ( The World Agroforestry Centre )



Lokasi dari danau ini berada di Kelurahan Situ Gedem.  Telaga Situ Gede ini juga telah resmi dinyatakan sebagai tempat wisata. banyak warga Bogor menghabiskan liburan mereka disana.  Situ Gede memiliki mencapai 6 hektar. Biasanya para pengunjung melakukan berbagai aktivitas, mulai dari memancing, jalan-jalan,Jogging, Trekking, naik sepeda air atau pun banyak juga yang pacaran disini.  Lokasi ini juga sering dipakai untuk syuting film. Salah satunya film HEART yang dibintangi Acha Septriasa dan Irwansyah.  Hanya saja, ketika berkunjung kesana, Gue tidak disambut dengan ramah oleh sinar matahari. mereka berduka, mendung dan menangis yang artinya HUJAN CUY!!!! 

Kebayang kan, yang namanya objek wisata, sebagus apa pun wujudnya, kalau sedang hujan, semua akan sirna kecantikannya. Begitu juga dengan Situ GEde saat hujan. Ya, hanya seadannya saja deh….



Jika Hendak kesini, sebenarnya jaraknya dibilang jauh dari pusat keramaian iya jauh juga sih. Karena, dari kota Bogor saja jaraknya sekitar 10 km. Tapi, kalau dari terminal Bubulak cuma 3 km kok. Kalau tidak macat 30 menit nyampe. Tapi, kalo dalam kondisi jalanan macat ya siap-siap meradang di dalam angkutan umum, karena banyak pengamen dengan suara sumbang akan mengganggu kekesalan Anda karena macet. Siapin earphone deh.


TIKET MASUK GRATIS!
Untuk tarif atau harga tiket masuk ke situ gede bogor adalah di gratis-kan. Anda hanya diwajibkan membayar tiket parkir yang besarannya adalah Rp.2.000 untuk kendaraan roda dua, serta Rp.10.000 untuk kendaraan roda empat.
JAM BUKA OPERASIONAL
tempat wisata alam yang ada di kota bogor ini buka 24 jam, bagi anda yang memang suka dengan tempat ini dan bagi anda yang mau bermalam atau menghabiskan waktu seharian di sini tidak akan ada yang melarang.


LOKASI SITU GEDE BOGOR:
Jalan Cifor, Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat Jawa Barat Indonesia.
RUTE JALAN:
 Seperti yang gue lakukan saat menuju Situ gede, setelah turun dari Kereta, Anda tinggal naik angkot nomer 15, 02 atau 03 dengan rute Bubulak Cifor. Tinggal bilang saja turun di Situ Gede. Nyampe deh.
 Kalau Anda naik mobil, lebih mudah lagi. Kalo malas buka google map atau WAZE, Anda tinggal ikuti jalan menuju Kedung. Dipertigaan Kedung Anda lanjut kea rah terminal Bubulak Bogor. Setelah itu cari arah jalan menuju CIFOR Situ Gede. Ya, nggak nyampe 3 km kok dari situ.

Kalau Naik bis Antar kota, ambil tujuan ke Baranang Siang. Sampe sono tinggal nanya deh. pasti diarahkan kejalan yang benar. (hehehehhe)

Mudah kan???

So, enjoy your Journey!!




Comments

  1. salah satu tempat paling teduh di bogor.. hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

SETEGAR HATI SUCI .....

The LODGE-MARIBAYA, Menikmati Sky Tree, Mountain Swing & Zip Bike....